Penyebab Sariawan yang Terus Terjadi

Keluarga sehat pasti pernah sariawan, tahukah apa penyebab sariawan? Ini adalah sebuah luka di mulut, bisa sembuh sendiri dalam waktu seminggu sampai dua minggu. Walau memang bisa sembuh sendiri, namun rsa sakit dari sariawan terasa sangat menyiksa.

Sariawan bisa terjadi di mulut dan gusi, bisa juga lidah. Untuk istilah medisnya dikenal dengan nama SAR atau Stomatis Aftosa Rekuren. Biasanya orang akan mengalami sariawan tiga bulan sekali, namun bagaimana dengan yang sering mengalami sariawan?

Sariawan Sering Kambuh? Apa Penyebab Sariawan?

Memang sariawan lebih sering terjadi pada wanita, sebab wanita lebih sering mengalami perubahan hormon jika dibandingkan pria. Memang hingga saat ini belum diketahui apa penyebab sariawan muncul. Namun ada beberapa faktor yang jadi pemicu, yaitu :

Cedera

Orang yang cedera seperti terjatuh dan melukai bibir, tergigit, penggunaan kawat gigi dan sebagainya bisa menyebabkan sariawan.

Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat yang jika dikonsumsi dengan rutin bisa menyebabkan sariawan, misalnya Piroxicam, Diclofenac, Phenobarbital dan Captopril.

Pasta Gigi dengan Sodium Lauryl Sulfate

Jika kita biasa menggunakan pasta gigi dengan kandungan sodium lauryl sulfate (SLS) bisa menjadi penyebab sariawan. Sebab zat ini mengikis lapisan mulut kita.

Makanan dan Minuman

Ada berbagai jenis makanan dan juga minuman diduga menimbulkan reaksi dengan lapisan mulut dan jadi penyebab sariawan. Misalnya saja kacang almond, kacang tanah, stroberi, sereal, tomat, keju dan terigu. Selain itu, makanan dan minuman yang mengandung pengawet serta pemanis buatan juga bisa jadi penyebabnya.

Tak hanya disebabkan oleh yang disebutkan di atas, sariawan juga bisa terjadi karena faktor keturunan dan perubahan hormon. Demikian adalah penyebab sariawan yang terus berulang. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.