Perbedaan Air Putih dan Air Mineral

Banyak minum air putih menjadi salah satu cara membentuk keluarga sehat, karena air bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh. Air putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lalu bagaimana dengan air mineral? Apa perbedaan air putih dan air mineral?

Air Mineral Bukan Air Putih Biasa

Mungkin banyak yang mengira jika air putih adalah air mineral, alias tidak ada bedanya. Namun pada kenyataannya, walau sama-sama bisa menghilangkan dahaga, ada perbedaan yang besar dalam keduanya.

Air putih adalah air biasa yang siap minum, sementara air mineral mengandung banyak mineral. Misalnya seperti Natrium, Kalsium, dan Magnesium. Semuanya memiliki peranan penting bagi tubuh, di antaranya adalah :

Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat pertama dari air mineral adalah meningkatkan kesehatan tulang kita. Terlebih kalsium yang ada di dalam air mineral setara dengan susu, sehingga baik untuk tulang.

Untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Kita tahu jika jantung adalah pompa darah ke seluruh tubuh dan harus dijaga kondisinya supaya tetap maksimal. Dengan jantung yang sehat, maka kita bisa menikmati hidup dengan bebas.

Kandungan magnesium yang ada di dalam air mineral, baik sekali untuk kesehatan jantung. Sebab terbukti bisa menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga bisa mencegah terjadi jantung koroner.

Untuk Sistem Pencernaan yang Sehat

Air mineral dengan Magnesium dan Natrium sangat baik untuk mencegah selulit. Jadi cara kerjanya adalah bisa menarik air ke dalam usus, sehingga feses menjadi lunak dan tidak sembelit.

Kemudian Magnesium juga bisa membuat pergerakan usus menjadi lebih maksimal.

Untuk Tingkatkan Sistem Imun

Karena di dalam air mineral mengandung Selenium, akhirnya bisa meningkatkan kerja sistem imun kita. Adapun Selenium ini bisa menjaga keutuhan sel imun, sehingga tetap maksimal kinerjanya dalam tubuh.

Biasanya air mineral juga diambil dari sumber mata air khusus, dari mata air pegunungan vulkanik. Biasanya mengandung mineral alami yang melimpah.

Kemudian air pun diolah, tanpa ditambah zat apapun. Sehingga kemurnian air pun tetap terjaga. Biasanya pH air mineral ada di 6 hingga 8,5. Sementara air putih pH adalah 5 hingga 7,5.

Beda dengan air mineral, air putih biasa didapatkan dari sungai dan sumur. Dimasak sampai mendidih dan melewati banyak proses penyaringan, jadi mineralnya berkurang.

Selain itu, air putih biasa bisa saja mengandung bakteri atau bahkan parasit dari kotoran manusia atau hewan. Maka karena itu, jika tidak benar memasaknya, maka bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Apalagi jika di lingkungan tempat mengambil air terdapat pabrik, maka bisa jadi sumber air minum tercemar. Sehingga air yang diminum pun bisa berbahaya. Maka karena itu harus berhati-hati memilih air minum, supaya keluarga sehat selalu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.