Perbedaan Breakout dan Purging yang Sering Salah Arti

Keluarga Sehat, tahukah apa perbedaan breakout dan purging? Bukan rahasia jika banyak orang yang beranggapan bahwa breakout dan purging merupakan dua kondisi yang sama. Itu bisa terjadi karena keduanya bisa disebabkan oleh efek samping skincare.

Yang dimaksud dengan purging adalah reaksi alami kulit membuang lapisan kulit mati, lalu menggantinya dengan lapisan kulit muda. Adapun purging dapat dikatakan sebagai proses regenerasi kulit alami. Biasanya selama dua sampai empat minggu saja. Cirinya adalah muncul bintik kecil pada muka, komedo dan jerawat yang tumbuh, mengelupas dan terasa kering. Adapun bahan seperti tretinoin, asam retinoat, BHA, dan AHA bisa menyebabkan purging.

Sementara itu, breakout adalah kondisi saat kulit menjadi kemerahan karena mengalami radang hebat, jerawat juga bermunculan. Hal ini bisa terjadi karena salah menggunakan kosmetik, bisa juga karena hormon yang mengalami perubahan. Selain itu, breakout juga bisa terjadi karena :

Gonta-ganti skincare, dan bahkan makeup

Terlalu banyak konsumsi gula dan makanan berminyak

Jarang bersihkan wajah

Terlalu sering gunakan scrub dan terlalu sering mencuci muka

Selalu menyentuh wajah walau tangan kotor

Menggosok wajah dengan keras pakai handuk

Stres

Bagaimana Cara Mengatasi Breakout pada Wajah

Setelah mengetahui perbedaan breakout dan purging, sekarang ketahui apa saja cara yang bisa digunakan untuk mengurangi efek breakout pada wajah. Yakni sebagai berikut ini :

Gunakan produk skincare secara bertahap, ya! Supaya bisa mengurangi efek breakout, kulit bisa menyesuaikan diri secara bertahap. Misalnya di minggu pertama tiga hari sekali penggunaan, kemudian setelah minggu kedua jadi dua hari sekali penggunaan dan seterusnya. Maka karena itu, kulit wajah pun akan terbiasa dengan zat-zat aktif yang ada dalam skincare yang digunakan.

Saat kulit sedang breakout, hindari produk yang bisa menimbulkan iritasi. Baiknya gunakan pelembap supaya kulit tetap terhidrasi, ya!

Segera hentikan pemakaian produk yang bisa menyebabkan jerawat yang membandel, supaya bisa menghentikan kulit breakout

Jangan sentuh jerawat yang muncul karena breakout atau karena purging, juga jangan memecahkannya karena bisa menyebabkan kulit terluka dan akhirnya timbul bekas luka yang membuat minder.

Demikian adalah perbedaan breakout dan purging, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.