Perbedaan Flu dan Batuk Pilek yang Sering Salah

Keluarga Sehat, tahukah apa perbedaan flu dan batuk pilek? Keduanya adalah jenis penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat, apalagi di musim pancaroba. Kedua jenis penyakit ini merupakan 2 penyakit berbeda lho, sekalipun sama-sama menimbulkan gejala tertentu. Misalnya bersin-bersin dan sakit tenggorokan, juga mengalami batuk dengan hidung tersumbat, kemudian hidung berair juga.

Adapun perbedaan flu dan batuk pilek rupanya tidak hanya terletak pada virus penyebabnya saja lho, akan tetapi juga tingkat keparahannya juga.

Adapun flu atau influenza merupakan sebuah infeksi saluran pernapasan atas, umumnya disebabkan oleh virus influenza tipe A, atau tipe B, dan tipe C. Tentu saja virus ini berbeda mayoritas virus lainnya yang sama-sama sebabkan infeksi saluran pernapasan atas, utamanya pada kasus batuk pilek. Jadi batuk pilek ini bisa saja disebabkan oleh lebih dari 200 macam virus lho. Walau begitu, virus yang paling sering menjadi penyebab batuk pilek adalah rhinovirus dan menyusul jenis virus lainnya.

Perbedaan Gejala Flu dan Batuk Pilek

Memang pada dasarnya gejala dari kedua penyakit ini tak jauh berbeda, namun untuk flu memiliki gejala yang lebih serius. Berikut adalah beberapa gejala pada flu :

Bersin-bersin dan hidung tersumbat, juga berair
Sakit tenggorokan dan demam
Mengalami batuk dan nyeri dada, tubuh juga menggigil
Kepala terasa sakit dan otot nyeri
Merasa sangat lelah dan lemah sampai tak bisa beraktivitas

Pada batuk pilek pun gejalanya sama, hanya saja gejala nyeri dada, demam, sakit kepala dan merasa lelah lebih ringan, bahkan hampir tidak muncul sama sekali.

Bagaimana Cara Mengobati Flu dan Batuk Pilek

Walau ada perbedaan flu dan batuk pilek, namun pengobatannya ada kesamaan yakni tidak membutuhkan antibiotik karena keduanya tidak disebabkan oleh infeksi bakteri sama sekali. Sebab kedua penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus, sakit ini bisa sembuh sendiri jika daya tahan tubuh bagus.

Adapun obat antibiotik akan diberikan jika tak hanya infeksi virus yang terjadi, namun juga infeksi bakteri. Umumnya penderita flu dan batuk hanya akan diminta istirahat yang cukup dan banyak minum air putih supaya tetap terhidrasi. Adapun flu yang serius biasanya diberi obat antivirus, dengan resep dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.