Perbedaan Pneumonia dan Bronkitis

Keluarga sehat terhindar dari berbagai jenis penyakit, salah satunya penyakit pasa saluran pernapasan. Belakangan ini pneumonia menjadi jenis penyakit yang sering disebut. Karena adanya penularan virus Corona. Apakah pneumonia sama dengan bronkitis? jika beda, apa perbedaan pneumonia dan bronkitis?

Ada beberapa hal yang membedakan keduanya, yang pertama adalah dari letak peradangannya. Yang kedua adalah gejalanya, dan yang terakhir adalah cara pengobatannya.

Perbedaan Pneumonia dan Bronkitis Dari Letak Peradangannya

Untuk kasus bronkitis, bronkus menjadi tempat terjadinya peradangan. Hasilnya dinding bronkus jadi menghasilkan banyak cairan. efeknya para penderita menjadi batuk, sesak dan juga susah napas.

Sementara itu untuk pneumonia, alveolus menjadi tempat terjadinya radang. Jadi harusnya kantong alveolus berisi udara, malah terisi nanah maupun cairan. Itulah yang membuat pasien jadi batuk dan sesak napas juga.

Perbedaan Pneumonia dan Bronkitis Dari Gejala

Dibandingkan bronkitis, pneumonia memiliki gejala yang lebih berat. Adapun gejala dari bronkitis adalah :

Demam ringan, sakit tenggorokan, sakit kepala, rasa penuh di dada atau sesak napas, lemas dan letih, hidung tersumbat, berair, batuk berdahak dari jernih, agak kuning bahkan sampai agak hijau.

Sementara itu, pneumonia sering menimbulkan gejala yang lebih serius. Hal ini karena terisinya alveolus oleh cairan atau nanah dapat mempersulit pertukaran oksigen dari udara ke darah. Akibatnya, jaringan dan organ-organ tubuh akan kekurangan oksigen. Bila didiamkan, kondisi tersebut bisa menyebabkan kematian.

Kemudian gejala dari pneumonia adalah sebagai berikut :

Demam tinggi hingga 40 derajat lebih, frekuensi napas menjadi lebih cepat, dada terasa sakit saat batuk atau menarik napas dalam, batuk berdahak kehijauan dan kekuningan, bahkan disertai dengan darah juga, keringat dingin, muntah, mual, bagi para lansia jadi muncul kebingungan,

Karena bronkitis bisa muncul tiba-tiba, dan bisa jadi buruk dalam waktu cepat. Namun kondisi ini bisa sembuh setelah satu hingga dua minggu sendirinya.

Kemudian pneumonia bisa berlangsung lebih lama lagi. Jika seseorang merasa bronkitis, namun lebih lama dari 3 minggu maka segera periksakan. Khawatir jika itu adalah pneumonia.

Perbedaan Pneumonia dan Bronkitis Dari Pengobatan

Akan dilakukan penyesuaian dilihat dari penyebab infeksi, apakah bakteri atau virus? Jika bakteri akan menggunakan antibiotik. sementara virus menggunakan penanganan khusus dan banyak istirahat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.