Puting Sakit Saat Menyusui, Apa yang Harus Ibu Lakukan?

Keluarga Sehat, pernah mengalami puting sakit saat menyusui? Semua ibu pasti pernah mengalami hal yang wajar ini. Memang ini merupakan salah satu kendala yang sering ibu keluhkan. Jika ingin aktivitas menyusui anak nyaman dan tak terganggu, maka penting sekali edukasi untuk para ibu, sebab menyusui pun membutuhkan ilmu khusus.

Pada umumnya, akan terasa sakit puting sakit saat menyusui pada minggu awal menyusui, setelah beberapa hari akan hilang karena sudah terbiasa. Walau begitu, tetap ada ibu yang mengalami rasa sakit ini lebih dari dua minggu. Bahkan sampai beberapa minggu serta membuat proses menyusui bayi menjadi tidak optimal akibat sakit.

Bagaimana Atasi Puting Sakit Saat Menyusui?

Rasa nyeri pada puting dan payudara bukan hanya terjadi karena luka lecet saja, namun bisa jadi karena abses payudara. Ibu yang sedang menyusui dan mengalami rasa sakit saat menyusui, jangan sampai berhenti mengASIhi. Sebab berhenti memberikan ASI pada si kecil bukan solusi, sebab si kecil sangat membutuhkan ASI.

Supaya bisa meneruskan proses menyusui si kecil, maka pastikan kita mengetahui cara mengatasi puting sakit saat menyusui. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, yakni :

Posisi Bayi Saat Menyusu Sudah Benar

Yang menyebabkan puting terasa sakit bisa saja karena mulut bayi tidak melekat ke payudara dengan tepat. Jadi pada saat menyusui, posisi seharusnya bayi mengisap puting dengan seluruh areola atau lingkaran hitam sekitar puting ibu. Apabila tidak. maka si kecil hanya akan menggigit puting susu ibu, dan membuatnya jadi lecet serta kesakitan. SUpaya bisa lebih nyaman, bisa menggunakan bantal menyusui.

Oleskan ASI yang Baru Ibu Perah Sembuhkan Nyeri Puting Saat Menyusui

Cobalah untuk mengoleskan sekitar 2 tetes ASI yang baru perah ke puting ibu, bisa meredakan rasa nyeri. Hal itu karena ASI memiliki efek antibakterii, sehingga bisa mencegah adanya infeksi serta mempercepat penyembuhan luka lecet. Namun pastikan tangan ibu bersih untuk mengaplikasikannya, supaya terhindar dari infeksi. Apabila ada infeksi jamur, jangan gunakan metode ini, sebab bisa memperburuk kondisi infeksi dan konsultasikan dengan dokter saja. Sebab jika ada infeksi jamur dan ibu mengoleskan ASi, malah akan membuat kondisinya lembap, serta membuat jamur makin berkembang.

Kompres Dengan air Hangat atau Dingin

Ibu juga bisa mengompres hangat atau dingin pada bagian yang sakit. Ini adalah salah satu cara yang mudah dan sangat sederhana untuk mengatasi nyeri. Apalagi pada bagian puting sakit saat ibu menyusui. Walau memang tidak memiliki sifat antibakteri, namun penggunaan kompres pada puting setelah menyusui bayi ternyata dapat meredakan nyeri, karena mengurangi pembengkakan.

Jaga Kebersihan Payudara dan Bra

Pastikan ibu selalu menjaga kebersihan payudara dan juga bra. Bila keduanya terjaga dengan baik, maka kecil kemungkinan puting kotor dan infeksi sehingga bisa mengatasi sekaligus juga mencegah puting sakit saat menyusui bayi. Pastikan ibu selalu menjaga kebersihan bra setiap hari, ganti setiap kali kotor atau basah, sehingga bisa menghndari tumbuhnya bakteri dan jamur.

Demikian adalah beberapa cara mengatasi nyeri payudara saat menyusui, semoga bisa bermanfaat untuk para ibu. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi, sehingga kualitas ASI tetap terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.