12 Ragam Masker Alami dan Manfaatnya untuk Kulit

Macam Masker Alami dan Manfaatnya untuk Kulit
Macam Masker Alami dan Manfaatnya untuk Kulit

Apakah anda menjadi salah satu orang yang sering merasa bingung untuk memilih produk kecantikan yang cocok untuk diri anda? Anda dapat menjadikan masker alami sebagai alternatif kebingungan yang anda alami. Anda dapat membuat beragam masker alami dari bahan-bahan yang ada di sekitar anda. Beragam bahan alami tersebut pun memiliki berjuta manfaat bagi kesehatan kulit anda. Manfaatnya terdiri dari masker alami yang dapat memutihkan kulit, mengecilkan pori-pori wajah, dan menghilangkan bruntusan pada wajah anda.

Masker alami untuk mengecilkan pori pori

Masker alami merupakan pilihan masker yang banyak dicari oleh berbagai kalangan. Penyebab kulit wajah memiliki pori-pori yang besar yakni faktor genetik, kebiasaan merokok, sinar UV dan hormon yang tidak menentu. Bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar anda dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah. Terutama buah-buahan dan madu, kedua bahan tersebut sering kali dijadikan bahan dasar masker.

  • Putih telur dan madu

Bahan alami pertama yang dapat dijadikan masker alami untuk mengecilkan pori-pori yakni berasal dari campuran madu, air lemon dan putih telur. Pertama-tama pisahkan putih telur dari kuning telur dan kocok putih telur hingga muncul buih. Masukkan putih telur dan madu dengan takaran yang sama. Kemudian peras lemon dan campurkan dengan kedua bahan lalu aduk hingga kental. Aplikasikan pada kulit wajah dengan kuas. Diamkan hingga 20 menit lalu bilas.

  • Tanah liat

Masker alami untuk mengecilkan pori-pori selanjutnya terbuat dari tanah liat. Masker alami tersebut dapat berfungsi menghilangkan sel kulit mati dan menghindarkan kulit dari minyak berlebih. Gunakan sekali hingga dua kali seminggu. Namun, jangan terlalu sering karena dapat membuat iritasi pada kulit.

  • Ektrak apel/cuka apel

Masker alami yang lain tebuat dari cuka apel yang dicampur dengan tomat. Masker alami untuk mengecilkan pori-pori dari tomat dan cuka apel dipercaya dapat mengecilkan pori-pori. Namun, untuk anda yang memiliki kulit yang sensitif tidak direkomendasikan untuk menggunakan masker ini karena dapat mengiritasi kulit anda. Campur irisan tomat dengan cuka apel lalu aplikasikan pada wajah dan diamkan 15 menit.

  • Timun dan lidah buaya

Masker alami yang terakhir terbuat dari lidah buaya dan timun. Masker alami untuk mengecilkan pori-pori yang satu ini dapat digunakan pada kulit wajah yang sensitif. Sehingga anda tidak perlu khawatir. Ambil lendir lidah buaya dan campurkan dengan timun yang telah dihancurkan. Lalu oleskan pada kulit wajah anda dan pijat-pijat dengan perlahan. Tunggu hingga 25 menit dan bilas menggunakan air.

Selain menggunakan masker alami untuk mengecilkan pori-pori, anda juga dapat membersihkan kulit wajah dua kali sehari dengan cara yang mudah. Membersihkan kulit wajah dengan air hangat dapat mengecilkan pori-pori. Anda juga dapat menggunakan pembersih yang nonkomedogenik sehingga tidak akan menyumbat pori-pori anda. Terakhir, gunakan tabir surya atau suncsreen untuk menjaga kulit dari sinar matahari berlebih.

Masker alami untuk menghilangkan bruntusan

Masker alami yang kedua direkomendasikan untuk menghilangkan kulit wajah yang bruntusan. Masker alami untuk menghilangkan bruntusan yang pertama terbuat dari cuka apel yang memiliki kandungan antibakteri yang mampu menumpas bruntusan pada kulit wajah anda. Kulit wajah anda mampu menyeimbangkan pH kulit dan membuat kulit tidak kering. Selanjutnya, anda dapat menggunakan gel dari lendir lidah buaya yang sudah terkenal dapat dimanfaatkan sebagai masker yang dapat menghilangkan bruntusan pada kulit wajah anda. Penggunaannya pun sangat mudah, anda hanya tinggal mengaplikasikan gel lidah buaya pada kulit dan memijitnya secara perlahan.

Bahan lainnya yang dapat dibuat masker alami untuk menghilangkan bruntusan, anda bisa memilih lemon sebagai bahan masker alami untuk menghilangkan bruntusan dari wajah anda. Namun, sebaiknya anda menggunakan masker alami dari lemon ini pada malam hari agar terhindar dari sinar matahari. Terakhir, anda dapat menggunakan tea tree oil untuk menumpas bruntusan di wajak anda. Tea tree oil mengandung antibakteri yang dapat menghindarkan wajah anda dari infeksi bakteri yang menjadi penyebab bruntusan.

Masker alami untuk kulit kering

 Masker alami yang ini memiliki fungsi untuk membuat kulit wajah anda lebih lembab dan tidak kering. Aktivitas di luar rumah seringkali membuat kulit anda menjadi kering dan pecah-pecah. Paparan sinar matahari yang terik membuat kulit anda kering dan mudah terkelupas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, anda dapat membuat masker alami dari berbagai bahan sederhana di rumah. Masker alami untuk kulit kering yakni:

  1. Alpukat dan Minyak zaitun

Masker alami untuk kulit kering yang pertama berasal dari minyak zaitun. Minyak zaitun dipadukan dengan timun untuk membuat kulit anda lebih lembab. Keduanya dipadukan dan diaplikasikan pada wajah dan gunakan secara rutin. Selain itu, anda dapat menggunakan buah alpukat untuk menjadi masker alami. Campuran alpukat dan minyak zaitun membuat kulit kenyal dan lembab.

  1. Susu

Masker alami untuk kulit kering yang kedua, anda dapat menggunakan susu karena mempunyai sifat anti inflamasi. Susu memiliki kandungan asam laktat yang dapat membuat kulit terhidrasi dan cocok untuk kulit yang sedang gatal atau iritasi.

  1. Semangka

Masker alami untuk kulit kering yang selanjutnya yakni berasal dari buah semangka. Buah semangka juga terpercaya mengandung air yang banyak dan memiliki banyak vitamin yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan kulit.

  1. Nanas

Masker alami untuk kulit kering yang keempat, anda dapat memilih buah nanas yang mengandung bromelain, yakni enzim yang mampu meremajakan kulit wajah anda. Jus nanas mampu menghilangkan kulit mati yang membuat wajah kusam dan membuat anda terlihat lebih tua.

  1. Strawbery

Masker alami untuk kulit kering yang kelima adalah buah strawberry. Buah strawberry memiliki kandungan polifenol juga vitamin yang menghindarkan kulit anda rusak karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Strawberry yang dicampur dengan yoghurt akan membuat wajah anda menjadi lembab dan kenyal.

  1. Kacang Almond

Masker alami untuk kulit kering yang terakhir yakni memanfaatkan kacang almond anda dapat memperoleh khasiat luar biasa karena kacang almond dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Hal tersebut dikarenakan kacang almond memiliki sifat emolien yang dapat menyembuhkan eksim dan psiorosis.

 Masker alami untuk memutihkan wajah

Memiliki kulit wajah yang putih menjadi dambaan bagi setiap orang. Orang yang beraktivitas di dalam rumah mungkin bisa dengan mudah memperoleh kulit yang putih. Namun bagi banyak orang yang bekerja di luar rumah dan sering terpapar terik sinar matahari secara langsung sering merasa khawatir karena kulit mereka menjadi hitam atau kusam. Namun kini anda tak perlu khawatir karena terdapat beberapa bahan yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi masker.

  1. Kulit jeruk

Masker alami untuk memutihkan wajah yang pertama terbuat dari kulit jeruk. Kulit jeruk seringkali dianggap tidak memiliki manfaat dan selalu dibuang. Namun tahukah anda jika julit jeruk ternyata mengandung vitamin c tinggi. Anda dapat mengeringkan kulit jeruk dan menumbuknya secara halus. Kemudian anda bisa mencampurnya dengan air lalu aduk hingga menyerupai pasta. Kulit jeruk memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapt memperbaiki kulit yang rusak.

  1. Pepaya

Masker alami untuk memutihkan wajah selanjutnya adalah pepaya. Pepaya memiliki kandungan enzim yang bermanfaat untuk mengurangi jerawat pada wajah anda. Anda hanya perlu menumbuk halus pepaya dan mengoleskannya pada wajah secara rutin.

Tip-tips di atas sangatlah mudah dilakukan dan bahannya sangat mudah didapatkan di sekitar anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda tentu perlu merawat kulit wajah menggunakan masker alami secara berkelanjutan. Namun, yang perlu anda perhatikan adalah kecocokan bahan-bahan tersebut dengan kriteria kulit anda. Anda perlu memilih bahan-bahan yang aman digunakan untuk kulit wajah anda. Namun, apabila kulit wajah tak kunjung membaik ada baiknya anda mengkonsultasikannya pada dokter atau pada ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.