Resep Kue Kering untuk Penderita Diabetes

resep kue kering untuk penderita diabetes

Keluarga Sehat, resep kue kering untuk penderita diabetes ternyata sangat mudah, lho. Para penderita gula darah tinggi wajib tahu, nih! Kita tahu jika penderita gula darah tinggi harus membatas asupan makanan dengan lemak jenuh dan gula. Sebab tak hanya mengandung banyak gula saja, namun juga kue kering mengandung lemak tak jenuh dalam susu, mentega dan krim. Itulah mengapa butuh sekali resep khusus bagi para penderita gula darah tinggi.

Resep Kue Kering untuk Penderita Diabetes yang Simple

Kue kering umumnya akan menjadi suguhan istimewa saat hari raya, saat ada tamu dan saudara yang bertandang ke rumah. Namun tak menutup kemungkinan juga jika sehari-hari pun membutuhkan keberadaannya. Kue kering memiliki banyak jenis dan variasi rasa yang unik, hal itu juga yang membuat kue kering jadi idola. Bukan hanya untuk suguhan camilan saat santai, namun juga jadi buah tangan saat berkunjung ke keluarga. Karena kandungan bahannya yang beragam, maka penderita gula darah tinggi memang harus sangat selektif saat memilihnya. Salah makan, bisa-bisa gula darah tinggi dan jadi masalah. Apabila ingin sekali mengonsumsi cemilan yang satu ini, ternyata ada beberapa trik untuk mengakali kue kering jadi lebih friendly. Contohnya adalah sebagai berikut, silahkan simak dengan saksama :

Campurkan Tepung

Yang pertama adalah mencampurkan terigu dengan tepung bekatul, atau dengan tepung gandum. Ini akan membuat kue kering menjadi lebih sehat bagi penderita gula darah tinggi.

Ganti Gula dengan Pemanis Aman

Karena kue kering untuk penderita gulka darah tinggi tak boleh pakai gula biasa, maka pastikan pakai pemanis yang aman. Misalnya saja pemanis dari ekstrak tanaman stevia yang ramah bagi kadar gula darah. Bisa juga pemanis dari bahanlo han kuo, yang manis tapi tak mengandung kalori. Hingga baik untuk penderita gula darah tinggi.

Ganti Mentega

Hal lain yang bisa kita lakukan untuk membuat resep kue kering untuk penderita diabetes lainnya dengan mengganti mentega. Kita bisa mengganti butter atau mentega dengan versi yang lebih sehat lainnya.Cara mendapatkannya adalah dengan mencampurkan margarin rendah lemak (bisa juga minyak canola) dalam adonannya.

Tambahlah Buah

Serat adalah asupan yang penting bagi penderita gula darah tinggi. Maka untuk memasukkan asupan serat dalam kue, maka cobalah tambahkan buah ke dalamnya. Misalnya masukkan buah beri, parutan kelapa ataupun buah kering.

Sekalipun sudah membuat kue kering yang aman untuk penderita gula darah tinggi, tak berarti bisa konsumsi seenaknya dalam satu kali makan. Sebab kita tetap harus mengonsumsinya sesuai batas aman. Walaupun rendah kalori, namun jika kita konsumsi dalam waktu singkat dengan jumlah banyak, maka tetap menaikkan kadar gula darah kita.

Setelah mengonsumsi kue kering, kita tak boleh lupa untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh kita. Caranya dengan mengonsumsi makanan sehat, contoh seperti sayuran dan aneka buah-buahan segar. Lakukan juga olahraga secara teratur, selalu minum obat khusus untuk mengontrol gula darah, dan juga harus rutin memeriksa kadar gula darah kita ke dokter.

Setelah melihat panduan membuat resep kue kering untuk diabetes tersebut, tentu bukan hal yang mustahil bagi penderita gula darah tinggi untuk makan kue. Tetapi pastikan juga selalu menjaga kadar gula darah dalam tubuh kita, jadi jangan sampai terlalu banyak atau makan kebablasan saat menikmatinya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.