10 Cara Menyembuhkan Sakit Akibat Lidah Tergigit

Sakit Akibat Lidah Tergigit

Sakit akibat lidah tergigit dapat diobati dengan berbagai bahan alami. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya lidah melepuh atau sariawan. Lidah yang tergigit bisa menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang bisa mengganggu anda dalam mengunyah makanan. Apalagi ketika lidah yang terluka tersentuh dengan makanan yang bisa membuat lidah semakin perih. Lidah bisa tergigit secara tidak sengaja ketika sedang berbicara ataupun saat sedang makan. Lidah yang tergigit bisa sembuh dengan sendirinya, namun adapula yang membutuhkan bantuan bahan alami. Lidah anda yang tergigit bisa menjadi penyebab munculnya sariawan. Sariawan terbentuk karena ulkus yang ada pada mukosa. Ulkus tersebut akan bertahan saat terjadi infeksi dan peradangan.

 Penyebab lidah tergigit saat makan

Penyebab lidah tergigit saat makan dapat disebabkan oleh berbagai hal diantaranya yakni:

  • Makan terburu-buru

Saat sedang makan dan mengunyah sebaiknya hindari mengunyah makanan secara tergesa-gesa. Saat anda makan dengan kondisi emosi yang berlebihan. Contohnya saja saat tengah marah ataupun merasa kesal bisa memicu anda mengunyah makanan dengan terburu-buru. Tak hanya itu, saat anda tengan bahagia atau bersemangat pun juga bisa memperngaruhi anda saat mengunyah. Saat anda terlalu bersemangat juga bisa membuat makan atau mengunyah terburu-buru sehingga memicu lidah tergigit bahkan tanpa anda sadari. Sehingga, saat makan dan mengunyah hendaknya fokus dan konsentrasi sehingga anda bisa mengontrol gerakan mulut saat mengunyah. Makanlah dengan suasana yang tenang dan mengunyah sebanyak 12 kali untuk menghaluskan makanan agar membantu kesehatan pencernaan anda.

  • Berbicara saat makan

Saat anda makan atau tengah mengunyah makanan ada baiknya jangan berbicara. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah lidah tergigit saat makan. Selain itu, berbicara saat  makan pun juga dianggap kurang sopan. Sehingga saat sedang makan sebaiknya anda fokus dan diam.

  • Sering mengonsumsi makanan yang keras, asam dan panas

Bagi anda yang suka mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, keras, asam dan panas harus lebih berhati-hati. Sebab mengonsumsi makan-makanan tersebut bisa memicu lidah spontan merasa kaget dan tergigit. Terlebih bagi anda yang tidak terbiasa mengonsumsi makanan jenis tersebut. Mengonsumsi makanan yang panas bisa mengiritasi dan membuat lidah anda makin melepuh.

Cara menyembuhkan lidah yang tergigit

Cara menyembuhkan lidah yang tergigit dapat anda lakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • Membersihkan lidah

Saat lidah anda tergigit yang pertama kali anda lakukan adalah jangan menyentuh tangan dengan tangan langsung. Hal tersebut dikarenakan takutnya tangan tidak steril dan mengandung bakteri yang bisa memperparah infeksi. Terlebih dahulu cucilah tangan anda hingga bersih, cuci menggunakan sabun serta air mengalir. Selanjutnya, bersihkan lidah anda menggunakan kasa steril dengan perlahan-lahan. Saat keluar darah pada lidah yang tergigit, anda bisa menaruh kainkasa tersebut guna menghentikan darah agar tidak terus keluar. Lakukan secara rutin agar luka pada lidah agar segera sembuh.

  • Berkumur-kumurlah menggunakan air garam

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi lidah yang tergigit adalah dengan berkumur-kumur menggunakan air garam guna membersihkan darah yang keluar dari lidah. Selain itu, hal tersebut perlu dilakukan untuk mengurangi nyeri yang muncul akibat lidah yang tergigit. Lakukan secara rutin agar luka pada lidah segera sembuh.

  • Mengompresnya dengan es batu atau air dingin

Saat lidah anda terluka karena tidak sengaja tergigit, anda bia menghentikan darah yang keluar dengan cara mengompresnya menggunakan es batu. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi pembengkakan. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menaruh es batu pada kain yang tipis. Kemudian anda bisa menempelkannya pada bagian lidah yang tergigit. Hindari menempelkan es batu secara langsung pada bagian lidah yang tergigit karena bisa memicu infeksi atau munculnya radang. Lakukan langkah ini secara rutin agar luka pada lidah agar segera sembuh.

  • Hindari mengonsumsi makanan asin dan pedas

Saat lidah anda sedang iritasi jangan mengonsumsi makanan yang asin dan pedas. Hal tersebut bisa memicu munculnya rasa nyeri dan perih pada bekas area yang luka. Saat anda mengonsumsi makanan yang asin dan pedas sebaiknya anda berkumur-kumur agar tidak memicu rasa perih atau nyeri. Namun, lebih baik anda menghindari terlebih dahulu mengonsumsi makanan yang pedas dan asin karena bisa memperlambat kesembuhan.

Obat untuk lidah tergigit

Sakit akibat lidah tergigit dapat anda atasi dengan beberapa Obat untuk lidah tergigit. Simak beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan:

  • Menggunakan air garam

Saat lidah anda terluka karena tidak sengaja tergigit, anda bisa berkumur-kumur menggunakan air garam. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mencampurkan air hangat dengan garam. Garam sudah terbukti memiliki kandungan antiseptik alami yang bisa melindungi anda dari infeksi bakteri yang bisa memperparah luka pada lidah anda. Lakukan secara rutin agar luka pada lidah segera sembuh.

  • Menggunakan baking soda

Bahan yang bisa anda gunakan selanjutnya adalah baking soda. Anda bisa mengombinasikannya menggunakan air hangat. Lalu anda bisa mengaplikasikannya pada luka lidah anda. Gunakan cotton bud untuk mengaplikasikannya pada bagian lidah yang terluka. Saat mengaplikasikannya akan terasa sakit, namun luka tersebut akan mudah tertutup menggunakan baking soda. Baking soda dipercaya dapat menyembuhkan inflamasi pada lidah anda. Selain itu baking soda juga bisa mencegah terjadinya bengkak pada lidah. Anda hanya perlu  memasukkan baking soda dengan air hangat. Lalu kumur-kumur beberapa menit kemudian keluarkan. Lakukan dengan rutin agar luka pada lidah segera sembuh.

  • Mengonsumsi madu

Saat lidah anda tergigit, anda bisa mengonsumsi madu untuk mempercepat mengeringkan luka. Hal tersebut karena madu memiliki kandungan yang bisa mencegah terjadinya infeksi. Anda hany perlu mengompres madu pada bagian lidah yang luka. Madu memiliki manfaat untuk menutup bagian lidah yang luka. Selain itu, madu bisa menghilangkan rasa nyeri yang timbul dari luka pada lidah anda serta menambah nafsu makan. Konsumsi secara rutin untuk membantu kesembuhan luka pada lidah anda.

Obat lidah tergigit

Obat lidah tergigit dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa anda temukan di rumah:

  • Kunyit

Siapa yang tidak tahu kandungan antiinflamasi yang terdapat di dalam kunyit. Kandungan tersebut dapat membantu anda mengurangi rasa nyeri dan bengkak pada bagian lidah yang lecet. Anda hanya perlu mencampurkan bubuk kunyit bersamaan dengan madu. Kemudian, anda bisa mengaplikasikannya pada bagian lidah yang terluka. Lakukan dengan rutin agar luka pada lidah segera mengering dan sembuh.

  • Lidah buaya

Manfaat lidah buaya tak hanya untuk kesehatan kulit anda. Lidah buaya dapat anda manfaatkan untuk menyembuhkan luka pada lidah. Lidah buaya diperkaya dengan kandungan yang bersifat antibakteri. Anda hanya perlu memotong bagian daging lidah buaya. Kemudian aplikasikan gel tersebut pada bagian lidah yang terluka. Diamkan selama 10 menit, kemudian anda bisa berkumur menggunakan air hangat. Lakukan langkah ini secara rutin setiap hari agar luka pada lidah segera sembuh.

  • Yoghurt

Tahukah anda jika manfaat yoghurt ternyata bisa menyembuhkan luka karena lidah tergigit. Yoghurt memiliki kandungan antiinflamasi dan probiotik yang bisa mempercepat kesembuhan luka pada lidah anda. Kandungan antioksidan pada yoghurt juga bisa membantu memperbaiki luka secara cepat. Konsumsi yoghurt secara rutin agar luka pada lidah bisa segera sembuh.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa terbukti memiliki kandungan antijamur yang bisa membantu memcpercepat kesembuhan luka di lidah anda. Bahkan minyak kelapa juga memiliki kandungan antivirus dan antibakteri yang bisa membantu anda menyembuhkan sakit lidah akibat tidak sengaja tergigit. Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak kelapa pada lidah yang terluka. Mungkin saat anda tekan secara perlahan akan muncul rasa perih pada bagian yang luka. Kemudian, anda bisa membilas atau berkumur-kumur dan membuangnya agar tidak ada minyak kelapa yang masuk ke dalam tubuh. Ikuti tips yang satu ini dan terapkan setiap hari dan rutin agar luka segera sembuh.

Menyembuhkan lidah tergigit

Menyembuhkan lidah tergigit yang terakhir yakni kumur-kumur menggunakan obat kumur. Pilihlah obat kumur-kumur yang di dalamnya memiliki kandungan zat antijamur, zat kortikosteroid, zat antiseptik, dan zat antihistamin. Anda juga disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin c. Contohnya saja buah-buahan dan sayuran yang bisa mempercepat kesembuhan. Konsumsi buah-buahan seperti jeruk, tomat, dan apel. Lakukan tips ini secara rutin agar luka pada lidah anda segera sembuh.

Sakit akibat lidah tergigit dapat anda atasi menggunakan berbagai bahan alami. Hendaknya anda mencoba berbagai langkah dan bahan alami di atas untuk mengobati sakit pada lidah anda karena tergigit. Jika dalam seminggu tidak kunjung sembuh, ada baiknya anda mengonsultasikannya pada dokter agar mendapat perawatan dan obat yang tepat. Sehingga sakit akibat lidah tergigit bisa segera disembuhkan. Jangan tunda untuk mengonsumsi obat dan berkonsultasi pada dokter jika luka bertambah parah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.