Sakit Tipes Disebabkan Oleh Makanan dan Makanan Apa Saja yang Aman Pada Penderita Tipes Pada Anak

Keluarga Sehat, sakit tipes disebabkan oleh bakteri yakni Salmonella tiphy atau Salmonella paratyphi. Biasanya terkenal juga sebagai demam tifoid dan penyebabnya adalah makanan yang terkontaminasi. Jadi saat anak mengonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri, maka anak bisa sakit tipes. Umumnya gejala berupa demam sampai 40 derajat Celcius dan sakit kepala. Kemudian terasa lelah dan pegal-pegal, serta diare.

Langkah awal menangani anak yang sakit tipes adalah dengan perawatan medis RS. Setelah itu lakukan perawatan dalam rumah pun sudah cukup. Untuk mempercepat penyembuhannya, anak harus bedrest total dan konsumsi makanan bagi penderita tipes pada anak.

Sakit Tipes Disebabkan Oleh Bakteri dan Obati Dengan ini

Tidak hanya mengobatinya saja, dokter menyarankan supaya anak mengonsumsi 5 daftar makanan sehat yang utama. Beberapa makanan anak sukai, sehingga sakit tipe yang penyebabnya oleh bakteri, akan kalah oleh imun yang menguat karena anak doyan melahap aneka makanan ini.

Buah-buahan yang Berenergi

Buah alpukat dan buah pisang adalah superfood dan harus selalu anak konsumsi. Pastikan kulit buahnya bersih sebelum anak memegang buahnya. Selain itu buah jeruk juga harus selalu ada untuk proses penyembuhan. Dalam superfood terkandung asam lemak tak jenuh, mineral dan karbohidrat, serta kalorinya tinggi. Anak pun mendapatkan energi yang cukup untuk aktivitasnya.

Bubur untuk Sistem Pencernaan Anak

Bubur ternyata menjadi makanan untuk pasien tipes, khususnya anak-anak. Apalagi jika buatan rumah, yang notabene lebih bersih dan bisa menambahkan bahan sehat lainnya sesuka hati. Anak yang sedang sakit tipes tak boleh makan makanan mentah atau setengah mentah, maka pastikan makanan yang akan ia santap sudah matang.

Bubur memiliki tekstur yang lunak, juga kandungan kalori serta karbo dalamnya akan membantu sistem pencernaan. Jadi usus lebih mudah mencerna makanan, dan anak lebih cepat sembuh.

Kentang untuk Mempercepat Penyembuhan Sakit Tipes Disebabkan Oleh Bakteri

Ternyata kentang akan membantu optimalkan penyembuhan, lho. Umumnya saat tipes, anak akan kehilangan nafsu makannya. Tapi anak harus tetap makan sering, walau dalam porsi kecil. Maksudnya supaya energi tubuh tetap tercukupi kebutuhannya. Menurut jurnal medis, anak harus meningkatkan asupan karbo dan contohnya adalah kentang. Bisa mengonsumsi mashed potato dengan teksturnya yang lunak, atau kentang rebus.

Sayuran si Makanan Terbaik

Anak yang terkena tipes, butuh asupan sayuran untuk mempercepat proses penyembuhannya. Misalnya bayam, wortel, kacang panjang dan buncis menjadi makanan yang tepat, apalagi mereka rendah serat. Makanan rendah serat cepat diproses tubuh, sehingga anak bisa lebih cepat lapar dan makan lebih banyak makanan sehat untuk penyembuhannya. Ada kandungan asam folat, vitamin C dan zat besi dalam bayam. Semuanya bagus untuk mempercepat penyembuhan anak yang sakit tipes.

Ikan untuk Atasi Radang

Penuhi kebutuhan gizi anak saat ia terkena tipes, sebab demam tifoid akan sebabkan kekurangan gizi pada anak. Berikan makanan yang tepat dan ada diet makanan yang harus ibu perhatikan. Sebab ada ketidaknyamanan gastrointestinal yang umum terjadi pada tifoid. Ikan menjadi makanan tinggi protein yang cocok. Sebab protein yang ada dalam ikan akan memasok energi untuk tubuh anak, saat ia sakit. Bahkan ikan juga mengandung asam lemak omega 3, bagus untuk atasi peradangan juga.

Demikian adalah makanan untuk pasien sakit tipes karena oleh bakteri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.