Sayuran Sebagai Pewarna Alami Makanan yang Sehat

sayuran sebagai pewarna alami

Begitu banyak pilihan pewarna makanan yang ada di pasaran, gunanya untuk mempercantik tampilan makanan kita. Namun keluarga sehat, ternyata menggunakan sayuran sebagai pewarna alami makanan lebih direkomendasikan lho, itu karena pewarna alami cenderung lebih aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Apalagi pewarna alami makanan dapat ditemui dengan mudah di rumah setiap hari. Kita boleh memanfaatkan berbagai jenis sayuran yang ada dan juga aneka bumbu dapur. Semua itu sebagai pewarna makanan yang juga penambah rasa alami supaya makanan makin lezat.

Aneka Bumbu Dapur dan Sayur Pewarna Alami

Sebenarnya ada beragam alasan dalam penggunaan pewarna makanan. Salah satunya tentu supaya bisa membuat tampilan makanan jauh lebih cantik, bisa mempertajam warna makanan, akan memperbaiki tampilan makanan, sampapi dengan memberikan variasi warna pada makanan yang akan disajikan.

Cuma di balik warnanya yang menarik itu, rupanya pewarna makanan buatan juga akan memengaruhi kondisi kesehatan lho. Khususnya jika pewarna tersebut tidak lulus uji kesehatan pangan oleh departemen terkait. Sebuah studi yang telah dilakukan pada ratusan anak pun hasilnya menunjukkan jika penggunaan pewarna dan aneka pengawet makanan (jenis sodium benzoate) bisa menambah perilaku hiperaktif menjadi lebih parah lagi.

Supaya bisa mengurangi risiko tersebut, bumbu dapur dan sayuran pewarna alami dapat menjadi pilihan ya. Di dapur ada berbagai macam sayur dan bumbu harian yang bisa dimanfaatkan, contohnya adalah :

Kunyit

Di India, kunyit digunakan sebagai pewarna alami untuk kari dan di Indonesia sendiri seringkali digunakan sebagai pewarna untuk nasi kuning. Kita tak hanya menggunakannya untuk makanan asin saja, untuk berbagai kue pun bisa memanfaatkan kunyit sebagai zat pewarnanya.

Kulit Bawang Bombay

Ternyata kulit bawang bombay bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan warna oranye lho. Contohnya jika ingin mewarnai telur rebus, tinggal merendam telur rebus selama beberapa saat dalam air rebusan kulit bawang bombay. Bumbu dapur dan sayuran sebagai pewarna makanan ini akan membuatnya jadi berwarna oranye yang cantik.

Paprika

Sayuran sebagai pewarna makanan lainnya adalah paprika, yang bis amemberikan warna merah. Jasi ekstrak paprika bisa digunakan sebagai pewarna alami sebab ada kandungan capsanthin dan juga capsorubin di dalamnya. Bukan hanya paprika, sebab juga bisa memanfaatkan raspberry dan bisa juga buah bit untuk memberikan warna merah pada makanan yang akan kita santap.

Ubi Ungu dan Blueberry

Keduanya bisa memberikan warna ungu pada makanan yang sedang kita buat. Ubi ungu memberikan warna ungu dalam aneka makanan berkat adanya kandungan pigmen alami antosianin. Seperti yang disebutkan di awal, buah lain yang juga memiliki pigmen ini salah satunya adalah blueberry. Walau kandungan antosianinnya hanya sekitar sepertiga kandungan antosianin yang ada dalam ubi ungu, namun blueberry juga bisa digunakan sebagai warna ungu alami pada makanan. Cara untuk mendapatkan warnanya dengan mencampur secangkir blueberry dengan 2 sendok air, haluskan, lalu disaring. Nah hasil saringan itu masukkan dalam adonan makanan yang ingin diwarnai dengan warna ungu.

Supaya bisa menjaga kesehatan dengan baik. harus menggunakan sayuran sebagai pewarna makanan yang alami. Walau tak akan secerah pewarna makanan sintetis, namun tentu saja lebih aman dan mengandung nutrisi di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.