24 Macam Sayuran yang Dilarang untuk Penderita Asam Lambung

Macam Sayuran yang Dilarang untuk Penderita Asam Lambung

Bagi anda yang menderita asam lambung, tentunya kondisi naiknya asam lambung kerap menjadi permasalahan yang tidak kunjung menemukan jawaban. Bahkan anda mungkin sudah sering keluar masuk IGD dan berobat ke dokter. Namun, tak kunjung menemukan kesembuhan karena gejala-gejala asam lambung terus menyiksa. Gejala-gejala naiknya asam lambung biasanya ditandai dengan mual, rasa asam pada mulut, sensasi mengganjal di kerongkongan, rasa panas di perut, bahkan hingga sensasi sesak nafas. Tahukah anda, bahwa gejala-gejala tersebut dapat diredakan atau bahkan dihilangkan hanya dengan menghindari konsumsi sayuran yang dilarang untuk penderita asam lambung. Anda juga disarankan untuk menghindari beberapa makanan yang menjadi penyebab naiknya asam  lambung.

Sayuran yang dilarang untuk penderita asam lambung

Tahukah anda bahwa dengan tidak mengonsumsi sayuran yang dilarang untuk penderita asam lambung, anda dapat terhindar dari naiknya asam lambung. Sebagai seseorang yang sering mengalami asam lambung, anda sangat perlu memperhatikan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Sebab jika anda asal memasukkan makanan atau sayuran ke dalam tubuh, maka anda akan kembali merasakan asam lambung yang naik dan sangat mengganggu. Dilansir dari Orami.co.id, gejala-gejala naiknya asam lambung disebabkan karena makanan yang kita konsumsi naik hingga ke kerongkongan. Hal tersebut disebabkan oleh katup atau sfingter yang ada di esofagus bawah rileks sehingga asam lambung akan mudah naik ke kerongkongan. Berikut beberapa Sayuran yang dilarang untuk penderita asam lambung:

  • Tomat
  • Kol
  • Peppermint
  • Cabai
  • Sawi
  • Seledri
  • Paprika hijau
  • Kulbis
  • Daun bawang

Sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung

Sayuran ternyata memiliki andil sebagai penyebab naiknya asam lambung. Apabila kita mengonsumsi sayuran tersebut, maka asam lambung akan menghasilkan gas dalam jumlah besar selain itu juga produksi asam lambung dapat meningkat. Hal tersebutlah yang sering memunculkan sensai-sensasi tidak nyaman pada tubuh. Bahkan tak jarang yang berpikiran tengah menderita penyakit berbahaya. Berikut adalah sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung:

  • Kol

Kol menjadi salah satu sayuran yang sulit dicerna oleh tubuh karena memiliki kandungan gula yang kompleks. Jika anda mengonsumsi kubis, akan memicu meningkatnya produksi gas. Sehingga ada baiknya anda menghindari mengonsumsi kol.

  • Kubis

Kubis adalah jenis sayuran kedua yang sebaiknya anda hindari saat asam lambung sedang kumat. Kubis memicu gas pada lambung naik sehingga membuat asam lambung anda kambut. Saat anda mengonsumsi kubis saat asam lambung kumat, anda akan sering buang angin atau kentut. Bahkan merasa mulas sesaat setelah konsumsi kubis.

  • Brokoli

Sayuran selanjutnya yang sebaiknya dihindari adalah brokoli. Pasalnya brokoli dipercaya memiliki kandungan gas yang cukup tinggi. Sehingga saat mengonsumsi brokoli, akan memicu naiknya asam lambung.

Jus sayur untuk asam lambung

Tahukah anda bahwa mengonsumsi jus sayur untuk asam lambung dapat menjadi jalan keluar permasalahan asam lambung anda. Mungkin kita sering mendengar mengonsumsi jus buah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun anda pasti jarang mendengar bahwa jus sayur juga memiliki banyak manfaat terutama bagi anda penderita asam lambung. Berikut adalah jus-jus sayur yang memiliki manfaat bagi tubuh:

  • Jus pepaya

Pepaya merupakan salah satu jus yang cocok bagi penderita asam lambung. Kandungan vitamin, kalium, asam folat, mineral dan asam amino pada pepaya memiliki manfaat bagi penderita asam lambung. Enzim yang terdapat pada pepaya membantu kita mencerna makanan menjadi lebih mudah. Enzim papain yang terdapat dalam pepaya terbukti dapat mengendalikan asam lambung di tubuh kita.

  • Jus wortel

Wortel merupakan sayuran yang dipercaya mengandung vitamin A tinggi sehingga bagus untuk kesehatan mata. Namun anda harus tahu bahwa wortel juga memiliki manfaat untuk mengatasi asa, lambung. Wortel mengandung senyawa alkali yang bermanfaat untuk menetralkan asam lambung.

  • Jus timun

Timun sebagai sayuran sudah sangat terkenal dapat mengatasi asam lambung yang naik. Kandungan lemak yang rendah pada timun, dan serat baik yang ada pada timun memiliki manfaat yang baik bagi pencernaan manusia. Selain itu, rasa nyeri yang terjadi karena asam lambung dapat diredakan setelah mengonsumsi jus timun.

  • Jus bayam

Bayam ternyata tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai sayuran saja. Bayam dipercaya baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Hal tersebut dikarenakan bayam tidak mengandung gas. Justru mengandung folat, serat, protein, kalsium, vitamin A, vitamin K, mangan dan magnesium.

  • Jus kentan

Ilmuwan di Manchester University melakukan sebuah penelitian dan menghasilkan pernyataan bahwa kentang memiliki kandungan antibakteri yang bermanfaat untuk mengobati tukak lambung, maag kronis dan radang usus.

Sayuran yang dilarang untuk asam lambung

Seseorang yang menderita asam lambung berlebih disarankan untuk lebih selektif dalam memilih makanan, tak terkecuali sayuran. Karena apabila penderita asam lambung mengonsumsi sayuran yang dapat memicu naiknya asam lambung, maka sudah dipastikan akan merasakan gejala-gejala yang mengganggu. Sehingga ada baiknya tidak mengonsumsi sayuran yang dilarang untuk asam lambung seperti berikut:

  • Seledri

Seledri merupakan salah satu sayuran yang dipercaya bisa menghasilkan jumlah gas yang tinggi. Hal tersebut menyebabkan meningkatnya gas di lambung apabila anda mengonsumsinya.

  • Cabai

Cabai sering dianggap sebagai musuh besar bagi penderita asam lambung. Jika mengonsumsi cabai ditakutkan akan memperparah asam lambung. Rasa pedas yang ada pada cabai dapat memperparah radang yang terjadi di lambung.

  • Bawang putih

Tidak ada yang menyangka jika bawang putih yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ternyata mengandung jumlah gas dalam jumlah banyak. Sehingga, bawang putih dapat memicu asam lambung atau bahkan memperparah kondisinya.

Sayur yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung

Sayur yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung mayoritas adalah sayuran yang mengandung gas yang tinggi. Selain itu, sayuran yang dapat membuat peradangan semakin parah seperti cabai ada baiknya dihindari. Anda juga disarankan untuk menghindari sayuran-sayuran berikut:

  • Tomat

Kandungan asam yang sangat tinggi pada tomat dapat membuat penderita asam lambung merasa mulas. Meski bagus untuk kesehatan jantung, namun penderita asam lambung tidak disarankan untuk mengonsumsinya.

  • Paprika hijau

Paprika hijau mengandung senyawa kimia yang membuat seseorang bisa merasa sakit perut karena kandungan gas yang tinggi.

  • Daun bawang

Sayuran jenis ini memiliki kandungan fruktan yang cukup tinggi. Senyawa tersebut merupakan sejenis serat yang terbuat dari molekul fruktosa. Pada seseorang yang kekurangan enzim, tubuhnya tidak akan bisa mencerna senyawa tersebut dengan baik.

Sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung

Sayuran yang dilarang untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah lobak. Lobak masuk ke dalam sayuran umbi-umbian yang sebenarnya kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Namun, lobak yang juga memiliki serat larut membuatnya tidak dapat mudah dicerna oleh tubuh bahkan tidak terurai hingga usus kecil. Sehingga dapat memunculkan gas yang dapat membuat asam lambung naik. Dengan demikian lobak menjadi salah satu sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung.

Sayuran yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam lambung

Sayuran yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam lambung selanjutnya adalah sayur-sayuran yang sering digunakan dalam masakan. Orang-orang merasa belum lengkap jika masakan yang mereka masak tidak mengandung sayuran seperti berikut:

  • Sawi

Sawi menjadi salah satu jenis sayuran yang sangat digemari oleh orang indonesia. Sawi sering dijadikan sebagai sayuran pelengkap yang harus ada dalam sebuah masakan. Namun bagi anda yang menderita asam lambung, lebih baik menghindari mengonsumsi sayur yang satu ini jika tidak ingin lambung memproduksi gas yang berlebihan.

  • Asparagus

Asparagus dipercaya dapat menjadi pilihan sayuran saat anda tengah melakukan program diet. Namun, yang harus anda ketahui bahwa bagi para penderita asam lambung, mengonsumsi asparagus dapat membuat asam lambung naik. Asparagus telah terbukti mengandung gas yang tinggi. Sehingga sebaiknya bagi penderita asam lambung yang sedang menjalankan program diet menggantinya dengan sayuran yang lain.

 Sayuran yang tidak boleh untuk penderita asam lambung

Pemaparan-pemaparan di atas telah banyak menjelaskan sayuran yang tidak boleh untuk penderita asam lambung. Namun tahukah anda ada beberapa makanan atau minuman lain yang harus dihindari saat asam lambung kambuh. Pertama, anda disarankan untuk menghindari makanan yang berlemak, karena sulit dicerna. Selain itu juga makanan berlemak membuat pelepasan hormon kolesistokinin yang menjadi penyebab mengendurnya katub di kerongkongan. Selanjutnya adalah makanan yang pedas dan coklat. Lalu anda juga disarankan untuk menghindari minuman berkafein , bersoda dan yang mengandung alkohol.

 Sayuran yang dilarang penderita asam lambung

Mungkin anda sering mendengar bahwa tomat menjadi salah satu sayuran yang dilarang penderita asam lambung. Hal tersebut dikarenakan tomat memiliki kandungan asam malat dan asam sitrat yang dapat menjadi penyebab utama naiknya asam lambung pada tubuh. Saat asam lambung anda kambuh, hindarilah mengonsumsi tomat apalagi dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut akan sangat merugikan pencernaan anda. Anda akan merasa tersiksa bila setelahnya mengalami sensasi-sensasi yang dapat menggangu aktivitas sehari-hari anda.

Sayuran yang dilarang untuk penderita maag

Sayuran yang dilarang untuk penderita maag selain yang dipaparkan di atas adalah sebagai berikut:

  • Nangka

Nangka merupakan jenis sayur yang mempunyai kandungan gas yang tinggi. Tentu saja hal tersebut dapat menjadi penyebab naiknya asam lambung. Apalagi jika anda mengonsumsinya saat bulan puasa.

  • Lembayung

Daun lembayung dipercaya mengandung banyak Vitamin A. Namun, daun lembayung tidak boleh dikonsumsi penderita maag. Karena akan menderita sakit pada bagian perut bahkan hingga berhari-hari.

  • Acar

Sayuran selanjutnya yakni timun yang dibuat menjadi acar. Asam pada cuka membuat penderita maag dilarang mengonsumsinya. Asam pada cuka membuat timbulnya rasa nyeri pada lambung. Sehingga lebih baik menghindarinya.

  • Daun kangkung

Siapa yang tidak menyukai sayuran yang satu ini. Kangkung yang dimasak dengan cara ditumis menjadi makanan kesukaan banyak orang. Namun kelezatan kangkung hendaknya dihindari oleh penderita maag. Karena dapat menimbulkan rasa melilit pada perut dan kejang usus apabila dikonsumsi pada jangka waktu yang lama.

  • Kacang panjang

Kacang panjang memiliki tekstur yang kasar. Sedangkan penderita maag disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bertekstur halus. Apabila anda memakan kacang panjang, maka dapat membuat perut menjadi begah dan perut terasa penuh setiap harinya.

Sayuran yang dilarang untuk penderita asam lambung di atas hendaknya dijadikan sebagai pengingat. Meskipun sayuran memiliki banyak manfaat pada tubuh, namun dengan kondisi tertentu harus menghindari beberapa jenis sayuran. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari produksi gas berlebih yang mengakibatkan naiknya asam lambung. Namun, apabila asam lambung yang anda derita tidak kunjung ada perubahan, ada baiknya anda mendatangi dokter terdekat agar mendapat pengobatan yang tepat. Karena beberapa kondisi yang tidak memungkinkan justru memerlukan pengobatan untuk menyembuhkan gejala asam lambung tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.