13 Sayuran yang dilarang untuk penderita darah tinggi

Sayuran yang dilarang untuk penderita darah tinggi
Sayuran yang dilarang untuk penderita darah tinggi

Sayuran yang dilarang untuk penderita darah tinggi sebaiknya anda hindari agar tekanan darah tetap terkontrol. World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa salah satu faktor terbesar yang menjadi penyebab tekanan darah seseorang tinggi yakni karena pola makan yang salah. Dewasa ini lidah masyarakat sering dimanjakan dengan makanan junkfood yang ternyata dampak yang kurang sehat bagi tubuh. Menu makanan tersebut di antaranya yakni burger, kentang goreng, ayam krispi, dan goreng-gorengan yang tinggi natrium. Penderita darah tinggi seharusnya menjauhi makanan yang terlalu asin. Ada baiknya penderita darah tinggi beralih mengonsumsi buah dan sayuran yang aman oleh penderita hipertensi. Sebab, mengonsumsi junkfood terlalu sering tak hanya dapat menaikkan tekanan darah namun juga kolesterol.

 

Sayuran yang dilarang untuk penderita darah tinggi

Sayuran yang dilarang untuk penderita darah tinggi dapat anda temui pada pemaparan berikut ini:

  • Sayuran yang diberi tambahan garam berlebih

Sayuran merupakan makanan yang dianjurkan bagi seseorang yang menderita darah tinggi. Namun, untuk sayur yang diberi tambahan garam dalam jumlah yang banyak justru tidak disarankan untuk penderita darah tinggi. Garam memiliki kandungan natrium yang menjadi penyebab utama penyakit jantung dan darah tinggi. Natrium mempengaruhi keseimbangan cairan yang ada di dalam darah. Garam memiliki kandunga 40% natrium di dalamnya. Padahal setiap orang hanya direkomendasikan mengonsumsi natrium tidak lebih dari satu sendok teh per harinya. Garam menjadi musuh utama bagi penderita hipertensi. Kandungan sodium di dalam garam juga dapat membuat meningkatnya cairan di dalam darah dan meningkatkan tekanan darah. Hindari menambahkan garam secara berlebihan pada sayuran yang anda konsumsi agar tidak memicu tekanan darah tinggi.

  • Tomat kalengan

Tomat menjadi salah satu sayuran yang anda konsumsi. Namun dalam memilih tomat hendaknya pilihlah tomat yang masih segar. Karena tomat segar memiliki kandungan lycopene yang memiliki manfaat antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol anda. Selain itu juga dapat merawat kesehatan jantung anda. Namun, berbeda dengan tomat kalengan yang justru dilarang untuk dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Kandungan yang ada di dalam tomat kaleng atau saus pasta biasanya terdapat natrium dalam kadar tinggi. Kandungan natrium yang tinggi tersebut dapat memicu peningkatan tekanan darah.

  • Sayuran yang diolah menjadi acar

Sayuran yang telah diolah menjadi acar dengan kandungan garam, air dan cuka di dalamnya sebaiknya tidak dikonsumsi penderita hipertensi. Biasanya dalam melakukan pengawetan makanan akan memakai garam di dalamnya. Hal tersebut bertujuan agar makanan tidak mudah membusuk dan aman dimakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Semakin jangka waktu sayuran dalam kaleng tersebut, maka semakin banyak pula kandungan natrium di dalamnya. Kandungan tersebut sangat berbahaya apabila dikonsumsi penderita darah tinggi.

Sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita darah tinggi

Sayuran yang dilarang untuk penderita darah tinggi sebainya anda jauhi. Hal tersebut untuk mencegah naiknya tekanan darah anda yang dapat memicu komplikasi penyakit lainnya. Sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita darah tinggi yakni:

  • Sayur yang dikemas dalam kaleng

Sayurang yang di kemas di dalam kaleng juga sebaiknya tidak dikonsumsi bagi seseorang yang menderita tekanan darah tinggi. Sayuran di dalam kaleng tersebut telah diawetkan menggunakan kandungan garam dan natrium yang tinggi. Atau anda direkomendasikan memilih sayuran yang memiliki keterangan rendah natrium dan garam.

  • Sayuran beku

Sayuran beku memang sedang menjadi pilihan banyak orang karena dinilai lebih  praktis serta dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya anda dapat menemukannya di supermarket atau swalayan terdekat. Namun apabila anda merupakan penderita hipertensi, sebaiknya jangan membeli sayuran beku tersebut. Karena sayuran beku menjadi salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi. Bahkan bisa mencapa 1.800 mg natrium. Hal tersebut sangat melebihi batas asupan garam per hari yang telah ditentukan badan kesehatan dunia.

Makanan apa saja yang dilarang untuk penderita darah tinggi

Makanan apa saja yang dilarang untuk penderita darah tinggi? Makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi umumnya yang mengandung natrium yang tinggi. Makanan-makanan yang memicu darah tinggi seharusnya anda hindari karena dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung. Simak beberapa jenis makanan berikut yang harus anda hindari agar tekanan darah anda tetap stabil:

  • Makanan yang memiliki kandungan natrium yang tinggi

Contohnya makanan seperti keripik, biskuit, snack asin dan cracker. Makanan-makanan tersebut tidak hanya menyebabkan darah tinggi namun juga menyebabkan munculnya sel abnormal atau sel kanker pada tubuh.

  • Makanan yang memiliki lemak tinggi

Karena dapat menyebabkan penyakit jantung dan hipertensi yang tidak terkontrol.

  • Minuman dan minuman di dalam kaleng

Seperti kornet, sosis, sarden, minuman ringan, sayur dan buah dalam kaleng. Biasanya jenis makanan tersebut memiliki kadar gula dan natrium yang tinggi. Sehingga tak hanya memicu hipertensi namun juga memicu obesitas dan penyakit jantung.

  • Makanan yang telah diawetkan

Contohnya seperti ikan asin, pindang, udang kering, selai kacang, telur asin, abon, dan dendeng.

  • Susu full cream

Susu full cream. Keju, mayonaise, mentega dan daging merah seperti daging kambing dan sapi memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Kandungan minyak jenuh yang tinggi tersebut dapat membuat kondisi penderita hipertensi semakin parah.

  • Penyedap rasa

Menggunakan bumbu atau penyedap rasa yang berlebihan dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Contohnya seperti saus tomat, saus sambal, terasi, MSG, dan tauco. Penyedap rasa tersebut memiliki kandungan natrium dan garam yang cukup banyak. Makanan-makanan yang memiliki kandungan garam tinggi tersebut dapat memicu kerusakan pembuluh darah juga arteri pada jantung. Bahkan bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke jika anda masih nekat untuk mengonsumsinya.

  • Makanan mengandung Alkohol

Makanan yang selanjutnya sebaiknya anda hindari adalah jenis makanan yang memiliki kandungan alkohol seperti tape dan juga buah durian. Kedua jenis makanan tersebut memang menjadi primadona dalam kehidupan sehari-hari. Namun jika anda telah menderita hipertensi lebih baik menjauhinya jika tidak ingin muncul komplikasi penyakit lainnya.

 Sayuran yang tidak boleh untuk darah tinggi

Sayuran yang tidak boleh untuk darah tinggi selanjutnya adalah sayuran yang  dimasak menggunakan campuran santan. Apabila anda menderita darah tinggi sebaiknya menjauhi makanan yang dicampur dengan santan seperti rendang dan lodeh. Karena penggunaan santan dapat memicu kenaikan tekanan pada darah anda. Selanjutnya, makanan yang sebaiknya anda hindari adalah sayuran yang telah diolah menjadi keripik. Sayuran memang menjadi jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi penderita hipertensi. Namun, apabila sayuran tersebut telah diolah menjadi keripik, justru harus anda hindari. Contohnya kentang yang telah diolah menjadi cemilan seperti keripik. Keripik kentang biasanya ditambahkan dengan natrium yang tinggi untuk memunculkan cita rasa yang enak. Lemak yang ada pada keripik kentang juga dapat menambah berat badan anda sehingga juga dapat memperburuk kesehatan jantung anda.

Sayuran yang dilarang untuk penderita darah tinggi seperti pemaparan di atas hendaknya tidak anda konsumsi. Karena saat memakannya, anda tidak hanya berpotensi memicu kenaikan tekanan darah. Namun juga komplikasi penyakit berbahaya lainnya. Ubahlah pola makan dengan beralih mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayuran segar. Selain itu anda juga tetap disarankan untuk melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.