Sering Sakit Kepala? Ini dia 4 Jenis Obat Sakit Kepala yang Ampuh dan Cara Alaminya

Sering Sakit Kepala? Ini dia 4 Jenis Obat Sakit Kepala yang Ampuh dan Cara Alaminya

infokeluargasehat.com – Sering Sakit Kepala? Ini dia 4 Jenis Obat Sakit Kepala yang Ampuh dan Cara Alaminya. Sakit kepala sering muncul tiba-tiba dan mengganggu aktivitas. Untuk meredakannya, Anda bisa mengonsumsi obat sakit kepala yang mudah ditemukan di apotek atau menerapkan beberapa pengobatan rumahan alami.

Khasiat obat sakit kepala akan berbeda-beda tergantung dari jenis sakit kepala yang dialami. Ada 2 jenis sakit kepala, yaitu sakit kepala primer dan sekunder.

Sakit kepala cluster, migrain, sakit kepala tegang, dan sakit kepala persisten harian adalah contoh sakit kepala primer. Sedangkan sakit kepala sekunder biasanya disebabkan oleh cedera kepala, tekanan darah tinggi, dan sinusitis.

Aneka Obat Sakit Kepala Ampuh

Ada 3 jenis obat yang biasanya digunakan untuk mengobati sakit kepala, antara lain:

  • Pereda nyeri, untuk meredakan nyeri dan gejala sakit kepala lainnya
  • Terapi abortif, untuk menghentikan proses sakit kepala
  • Terapi pencegahan, untuk mengurangi frekuensi dan keparahan sakit kepala

Jika nyeri Anda ringan, ada beberapa pilihan obat sakit kepala ampuh yang bisa dengan mudah ditemukan di apotek, di antaranya:

1. Parasetamol

Parasetamol adalah salah satu obat sakit kepala yang paling efektif dan banyak digunakan. Dosis umum konsumsi parasetamol untuk orang dewasa adalah 1-2 tablet 500 mg, setiap 4-6 jam. Anda bisa minum parasetamol sebelum atau sesudah makan.

2. Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat anti inflamasi non steroid (NSAID) yang biasa digunakan sebagai obat sakit kepala. Ibuprofen bekerja dengan cara menghambat produksi senyawa penyebab peradangan dan nyeri, sehingga sakit kepala bisa berkurang. Obat ini terbukti ampuh mengatasi sakit kepala tegang dan migrain.

Untuk sakit kepala ringan sampai sedang, dosis ibuprofen dewasa yang biasa adalah 1-2 tablet 200 mg, setiap 4-6 jam. Sebelum mengonsumsi ibuprofen, pastikan Anda sudah makan terlebih dahulu.

3. Aspirin

Obat anti inflamasi non steroid (NSAID) lain yang biasa digunakan sebagai obat sakit kepala yang ampuh adalah aspirin. Biasanya aspirin tersedia dalam bentuk tablet 300 mg.

Dosis biasa untuk orang dewasa (di atas 16 tahun) adalah 1-2 tablet diminum setiap 4-6 jam. Sebelum mengonsumsi aspirin, pastikan Anda sudah makan untuk mencegah sakit perut.

4. Naproxen

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) diketahui dapat mengurangi gejala sakit kepala tegang dan meredakan migrain. Dosis maksimum naproxen adalah 660 miligram per hari, dan diminum setiap 8-12 jam.

Meskipun obat-obatan di atas dapat mengatasi sakit kepala yang Anda alami, hindari menggunakannya terlalu sering karena dapat meningkatkan frekuensi atau memperburuk gejala sakit kepala.

Pastikan juga membaca label kemasan pada kemasan obat sakit kepala untuk mengetahui dosis obat yang tepat untuk kondisi Anda.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

Selain mengonsumsi obat sakit kepala yang ampuh, Anda juga bisa menerapkan beberapa cara alami ini untuk mempercepat proses penyembuhan sakit kepala:

Kebutuhan cairan yang cukup

Dehidrasi atau kekurangan cairan adalah salah satu penyebab paling umum dari sakit kepala tegang dan migrain. Untuk mengobati dan mencegah sakit kepala, pastikan Anda mendapatkan cairan tubuh yang cukup setiap hari.

Konsumsi minuman jahe

Kandungan antioksidan dan anti inflamasi pada jahe dipercaya cukup efektif meredakan sakit kepala. Selain itu, jahe juga diduga dapat membantu mengurangi beberapa gejala yang biasanya menyertai sakit kepala, seperti mual dan muntah.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bubuk jahe memiliki khasiat yang sebanding dengan sumatriptan, sejenis obat sakit kepala yang sering digunakan untuk mengurangi rasa sakit migrain.

Gunakan kompres dingin

Kompres dingin dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan nyeri dan berdenyut pada sakit kepala. Yang harus Anda lakukan adalah membungkus beberapa es batu dengan handuk atau kain bersih yang lembut, lalu oleskan ke bagian belakang leher atau pelipis Anda.

Istirahat dan olahraga yang cukup

Anda juga harus cukup istirahat dan berolahraga secara teratur agar sakit kepala yang Anda alami segera mereda. Kurang tidur sering dikaitkan dengan sakit kepala parah, sementara olahraga dapat mengurangi stres yang merupakan salah satu pemicu sakit kepala.

Olahraga tidak harus berintensitas tinggi dan melelahkan, yang penting dilakukan secara rutin. Pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan antara lain jalan kaki, jogging, atau yoga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.