12 Manfaat Sirih untuk kesehatan gigi

Sirih untuk kesehatan gigi

Sirih untuk kesehatan gigi sudah sering digunakan sejak jaman dahulu. Daun sirih sangat terkenal dengan berbagai kandungannya yang bisa mencegah penyakit gigi, penyakit diabetes dan melawan radikal bebas penyebab penyakit kanker pada tubuh manusia. Di dalam 100gr sirih terdapat nutrisi sangat penting di antaranya yodium, kalium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat. Selain itu, daun sirih sering dipilih menjadi obat untuk menyegarkan area mulut dan untuk merawat kesehatan mulut anda. Daun sirih dipercaya bisa melawan kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut. Sehingga, area mulut anda bisa terhindar dari berbagai ancaman infeksi atau penyakit di area mulut. Daun sirih pun dipercaya bisa mencegah terciptanya karies pada gigi yakni dengan cara mengurangi asam yang diproduksi oleh air liur pada bakteri.

Daun sirih untuk gigi

Daun sirih untuk gigi harus diproses dengan benar, simak langkah berikut:

  • Langkah menggunakan daun sirih

Dalam mengolah daun sirih sebelum digunakan untuk kesehatan mulut hendaknya diolah dengan cara yang benar. Anda bisa mengombinasikannya menggunakan biji pinang. Sebelumnya anda perlu menumbuk biji pinang hingga hancur. Kemudian anda bisa membungkus biji pinang tersebut dengan daun sirih. Anda bisa mencampurkannya dengan perasan jeruk untuk menguatkan rasanya. Kemudian kunyah secara perlahan-lahan. Anda bisa melakukannya secara rutin hingga sakit gigi sembuh.

  • Sirih bisa menyembuhkan sakit gigi

Sudah sejak jaman dahulu sirih digunakan oleh nenek moyang untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, ternyata daun sirih juga bisa merawat sistem pencernaan manusia. Amda hanya perlu mengunyah daun sirih serta biji oinang secara perlahan-lahan. Secara otomatis mulut anda akan memberikan respon untuk menghasilkan air liur yang di dalamnya terdapat kandungan mineral serta protein yang dibutuhkan oleh tubuh terutama dalam hal kesehatan gigi anda. Selain itu, daun sirih bisa menjauhkan anda dari berbagai kuman yang bisa menginfeksi gusi dan juga bisa membuat gigi dan gusi anda bersih dari berbagai sisa makanan yang ada di mulut.

  • Daun sirih membantu sistem pencernaan

Daun sirih yang anda konsumsi bisa membantu air liur untuk mengikat makanan yang nantinya bisa dilembutkan agar makanan tersebut mudah masuk ke dalam sistem pencernaan. Dengan begitu proses untuk menelan juga memasukkan makanan ke kerongkongan, usus hingga sistem pencernaan yang terakhir bisa berjalan lancar. Sehingga hal tersebut bisa membantu memudahkan kinerja organ pada sistem pencernaan anda.

Manfaat sirih untuk gigi

Manfaat sirih untuk gigi adalah sebagai berikut:

  • Bisa mencegah bau pada mulut

Sebuah penelitian mengatakan bahwa minyak atsiri terdapat di dalam daun sirih. Minyak atsiri tersebut memiliki kandungan zat allylpyrocatechol. Zat tersebutlah yang bisa mengikat bakteri yang bernama anaerob yang menjadi penyebab utama masalah bau pada mulut. Anda bisa mencuci terlebih dahulu daun sirih hingga bersih. Kemudian taruh di dalam gelas, masukkan air panas. Anda bisa menutupnya terlebih dahulu hingga hangat. Anda lalu disarankan untuk berkumur-kumur dengan air daun sirih yang masih hangat tersebut. Lakukan dengan rutin setiap hari hingga sakit gigi anda sembuh.

  • Mencegah munculnya karies pada gigi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terbukti ada perubahan pada tingkat keasaman air liur sesaat sebelum dan sesudah seseorang menggosok giginya memakai pasta gigi yang di dalamnya terdapat kandungan ekstrak daun sirih. Setelah menggunakan pasta gigi dengan ekstrak daun sirih, seseorang tersebut memiliki tingkat keasaman air liur yang lebih basa dari sebelumnya.  Situasi tersebut menandakan bahwa air liur lebih basa, sehingga bakteri penyebab karies pada gigi tidak akan bisa hidup dan berkembang pada area mulut atau gigi anda. Sehingga menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan ekstrak daun sirih bisa menghindarkan anda dari gigi yang berlubang. Sehingga anda disarankan untuk menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang ada ekstrak daun sirihnya secara rutin.

  • Mencegah bau mulut untuk perokok

Seseorang yang selalu merokok akan mempunyai bau mulut yang kurang sedap, meskipun sudah menggosok gigi. Bagi anda perokok aktif bisa menggunakan pasta gigi yang di dalamnya mengandung ekstrak daun sirih yang dipercaya bisa menghilangkan bau pada mulut anda.

  • Membantu mengobati luka di mulut

Anda bisa memilih pasta gigi yang memiliki kandungan daun sirih untuk mengobati luka akibat infeksi bakteri pada mulut. Bahkan ekstrak daun sirih tersebut bisa mengobati abses dan juga bisul yang terdapat di dalam mulut.

  • Membantu menghasilkan air liur

Air liur memiliki fungsi yang sangat penting bagi sistem pencernaan anda. Jika mengalami gangguan pada fungsi kelenjar air liur anda bisa menderita xerostomia atau sering dikenal dengan mulut kering. Anda bisa menggunakan daun sirih untuk merangsang munculnya produksi air liur dan membantu mengaktifkan otot-otot yang bekerja untuk mengunyah.

  • Membantu mengobati sakit gigi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun sirih memiliki manfaat untuk menghambat rasa sakit pada gigi. Anda bisa menggunakan daun sirih sebagai pertolongan pertama yang bisa anda gunakan untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi.

Sirih untuk sakit gigi

Sirih untuk sakit gigi dapat anda pilih sebagai pengobatan alami yang mudah dilakukan di rumah. Daun sirih bisa mengurangi rasa nyeri akibat gigi yang berlubang. Anda bisa mencucinya terlebih dahilu agar daun sirih menjadi bersih. Kemudian anda bisa mengunyah daun sirih secara perlahan-lahan untuk mengurangi rasa sakit. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi daun sirih untuk menghambat timbulnya karang pada gigi anda. Selain itu anda juga bisa mengobati gusi yang bengkak menggunakan air rebusan daun sirih. Anda hanya perlu merebus daun sirih dengan air hangat, kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur. Air daun sirih mencegah plak muncul pada area gigi yang bisa menyebabkan karang pada gigi anda. Anda bisa melakukan langkah tersebut secara rutin namun jangan berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping buruk. daun sirih memiliki antibakteri untuk memusnahkan bakteri penyebab gusi bengkak.

Daun sirih untuk gigi berlubang

Sirih untuk kesehatan gigi memiliki banyak khasiat. Daun sirih untuk gigi berlubang dapat dimanfaatkan sebagai berikut:

  • Mencegah gigi berlubang

Sakit gigi diawali dengan gigi yang berlubang. Gigi yang berlubang dimasuki oleh bakteri jahat yang akhirnya menginfeksi gusi serta akar pada gigi. Bahkan bisa menyebar ke berbagai organ tubuh dan bisa menyebabkan penyakit lain.

  • Melawan infeksi bakteri

Anda bisa melawan infeksi bakteri karena tubuh anda memiliki sel-sel yang bisa melawan bakteri jahat tersebut. Akan tetapi jika daya tahan tubuh anda lemah, bakteri pun bisa dengan mudah menginfeksi anda. Awalnya emmang infeksi bakteri masih berada di akar gigi yang sedang berlubang. Namun, jika dibiarkan akan mengganggu anda terutama saat mengunyah dan menelan makanan. Anda bisa mengatasinya dengan cara merawat akar gigi dan menggunakan antibiotik untuk gigi yang berlubang tersebut.

  • Merebus air daun sirih

Anda bisa merebusnya terlebih dahulu sebelum berkumur-kumur. Jika sudah hangat anda bisa menggunakannya dengan berkumur-kumur secara perlahan agar tidak terasa nyeri. Anda juga bisa memeras daun sirih dan menaburinya dengan garam. Kemudian seduh menggunakan air hangat, aduk sampai garam larut dengan air. Anda bisa menggunakannya untuk berkumur-kumur.

Sirih untuk gigi

Sirih untuk gigi akan lebih baik jika dikombinasikan dengan biji pinang untuk kesehatan gigi. Mengonsumsi sirih ternyata bisa membantu anda memproduksi energi tambahan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. biji pinang yang dikombinasikan dengan daun sirih tersebut mengandung psikoaktif yang fungsinya sama dengan nikotin, kafein dan juga alkohol. Saat anda mengonsumsi sirih maka hormon adrenalin yang ada di dalam tubuh akan bereaksi, sehingga anda akan merasa lebih berenergi dan juga segar.

Sirih merah untuk sakit gigi

Sirih merah untuk sakit gigi dapat anda gunakan dengan cara berkumur. Mengobati sakit gigi yang berlubang bisa dengan langkah berkumur-kumur menggunakan air rebusan daun sirih merah. Senyawa yang terkandung dalam daun sirih merah bisa membantu anda untuk membasmi kuman dan bakteri. Daun sirih merah sangat mudah dan murah untuk anda cari. Anda pun bisa mulai menanamnya sendiri di sekitar area rumah.

Air sirih untuk sakit gigi

Air sirih untuk sakit gigi dapat dimanfaatkan juga untuk mencegah adanya plak pada gigi. Plak pada gigi membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Menggunakan daun sirih untuk merawat kesehatan gigi anda dipercaya dapat menghindarkan anda dari plak pada gigi. Bakteri dan kuman tidak akan bisa berkembang di dalam area mulut yang basa. Dengan demikian, menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak daun sirih bisa menjauhkan gigi anda dari plak. Lakukan gosok gigi tersebut secara rutin.

Sirih untuk kesehatan gigi seperti pemaparan-pemaparan di atas dapat anda manfaatkan untuk merawat kesehatan gigi dan gusi. Anda tidak perlu langsung berobat ke dokter saat mengalami sakit gigi ataupun sakit gusi. Lakukan langkah-langkah di atas secara rutin untuk mengobati sakit gigi dan gusi. Namun jika dalam jangka waktu lama sakit gigi dan gusi tidak kunjung sembuh anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang sesuai.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.