9 Pilihan Susu yang Baik untuk Penderita TBC

Susu yang baik untuk penderita tbc masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Sebab selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, penderita tbc disarankan untuk mengonsumsi susu. Penderita tbc harus merubah gaya hidup dan pola makan agar lebih sehat. Susu untuk penderita tbc dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi harian pasien tbc. Susu terbukti memiliki beragam manfaat yang dapat membantu tubuh anda menjadi sehat. Hal tersebut dikarenakan susu mengandung vitamin D, lemak dan kalsium serta protein hewani. Kandungan dalam susu tersebut menambah energi, membangun sel-sel baik pada tubuh dan membantu menjaga tulang agar tetap sehat. Kandungan gizi yang melimpah pada susu tersebut harus dimanfaatkan oleh penderita tbc. Namun hendaknya memilih susu yang sesuai untuk pasien tbc.

Susu yang baik untuk penderita tbc sebaiknya anda konsumsi secara rutin agar mempercepat pemulihan anda. Memilih susu yang rendah lemak menjadi pilihan yang pas. Selain itu, anda harus memperhatikan beberapa hal yang menjadi faktor mempercepat pemulihan penderita bronkitis:

  • Menjaga badan ideal

Penderita bronkitis sangat perlu memperhatikan berat badan idealnya. Segelas susu memiliki 8gram protein yang dapat memenuhi tiap 10kg kebutuhan asupan harian. Anda dapat mengonsumsinya kapan saja tanpa harus menunggu anda merasa lapar.

  • Menaikkan berat badan jika diperlukan

Saat berat badan penderita bronkitis dirasa kurang, anda sebaiknya mempertimbangkan untuk menaikkan berat badan agar ideal. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara  mengonsumsi susu. Sebab selain dapat menaikkan berat badan, susu memiliki banyak nutrisi. Nutrisi tersebut mengandung banyak vitamin D dan kalium yang memiliki fungsi untuk membantu kekuatan tulang dalam masa pertumbuhan.

  • Membuat tidur nyenyak

Susu dapat membantu anda tertidur lebih nyenyak. Saat anda mengonsumsi susu sesaat sebelum tidur, zat triptofan dalam susu akan berubah menjadi hormon melatonin. Hormon tersebut dapat membuat anda tidur lebih nyenyak.

 

Susu yang baik untuk penderita TBC

Susu yang baik untuk penderita tbc adalah susu yang memiliki kandungan rendah lemak. Anda dapat menyimak beberapa rekomendasi susu yang dianjurkan untuk penderita tbc sebagai berikut:

  • Susu dipasteurisasi

Susu yang disarankan untuk dikonsumsi adalah susu yang dipasteurisasi, bukan dari hasil perahan susu sapi. Metode pasteurisasi merupakan metode yang digunakan untuk membuat susu steril dari bakteri yang terkandung di dalam susu tersebut. Metode pasteurisasi dilaukan dengan cara memanaskan susu menggunakan suhu dengan durasi yang telah ditentukan. Dengan memanaskan susu tersebut, bakteri jahat akan mati sehingga tidak akan menginfeksi anda jika meminumnya.

  • Susu UHT

Metode Ultra High Temperature (UHT) merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan untuk mematikan bakteri yang ada di dalam susu. Saat memanaskan susu, metode ini menggunakan suhu yang lebih tinggi dari metode pasteurisasi. Sehingga saat hendak membeli susu pilihlah kemasan susu yang mengandung keterangan pasteurisasi atau UHT.

  • Susu sesuai kondisi penderita TBC

Susu yang direkomendasikan selanjutnya yakni susu yang dalam pemilihannya disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien tbc. Sebab ada beberapa penderita tbc juga menderita masalah kesehatan lainnya seperti hipertensi. Orang dengan riwayat hipertensi sebaiknya mengonsumsi susu yang memiliki kandungan lemak rendah. Sebab, penderita hipertensi rentant memiliki resiko penyakit jantung. Sehingga asupan lemak hariannya harus dibatasi. Sama halnya dengan penderita tbc yang sedang dalam masa kehamilan. Ada baiknya anda mengonsumsi susu untuk ibu yang sedang hamil. Susu khusus ibu hamil memiliki kandungan zat besi, asam folat, dan mineral yang dapat mendukung tumbuh kembang janin.

  • Sesuai usia

Dalam memilih susu yang tepat untuk penderita tbc sebaiknya perlu diperhatikan juga faktor usianya. Penyakit tbc menyerang berbagai usia, dari bayi hingga orang tua. Sehingga perlu memilih susu yang tepat sesuai usia menjadi pilihan yang tepat. Kandungan yang terdapat dalam susu anak-anak dengan orang dewasa tentunya berbeda.

 

Susu yang boleh dikonsumsi penderita TBC

Susu yang boleh dikonsumsi penderita tbc salah satunya adalah susu kambing. Dilansir dari Republika.co.id, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan adanya manfaat pada susu kambing untuk penderita tbc. Mahasiswa tersebut menemukan bahwa terdapat kandungan kalsiu, kalium, magnesium, klorin, fosfor, mineral, mangan dan flourine dalam susu kambing. Flourine yang ada dalam susu kambing sebanyak 10 sampai 100 kali lebih banyak daripada susu sapi. Kandungan flourine yang ada dalam susu kambing memiliki manfaat untuk menjadi antiseptik yang dapat menekan perkembangbiakan bakteri di tubuh anda. Selain itu, susu kambing yang dipadukan dengan tepung kacang merah dan youghurt akan menambah jumlah probiotik dan prebiotik dalam tubuh. Formulasi tersebut dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab tbc yakni mycobacterium tuberculosis. Dengan demikian sistem imun dalam tubuh pasien akan meningkat dan mempercepat pemulihan.

 

Merk susu untuk penderita TBC

Susu yang baik untuk penderita tbc adalah susu yang dapat membantu pemulihan penyakit tbc. Susu yang beredar luas di masyarakat dapat berbentuk cair, bubuk dan kaleng. Akan tetapi, berdasarkan gizi yang terdapat dalam susu bisa dibagi dalam 3 jenis yakni susu rendah lemak, susu bebas lemak dan susu murni. Susu yang boleh dikonsumsi penderita tbc yakni:

  • Susu beruang

Susu beruang atau bear brand yang tersebar luas di masyarakat ini dapat anda konsumsi. Susu beruang merupakan susu murni yang telah melalui proses pengolahan dengan menggunakan suhu panas yang tinggi. Dengan metode demikian, bakteri dan kuman di dalam susu akan mati. Pengolahan menggunakan teknologi yang cagih dan kemasan yang steril membuat susu ini layak direkomendasikan untuk penderita tbc.

  • Susu dancow

Susu dancow ternyata dapat direkomendasikan untuk penderita tbc. Dalam segelas susu dancow memiliki kandungan 6gram protein yang dapat memenuhi asupan 7,5 kg dari berat badan anda.

  • Susu cair

Susu cair memiliki kandungan protein sebanyak 1 gram. Namun susu ini tidak direkomendasikan untuk penderita tbc dengan riwayat diabetes. Sebab kandungan gula, lemak jenuh, dan natriumnya sangat tinggi.

 

Susu yang baik untuk penderita TB paru

Susu yang baik untuk penderita tb paru selanjutnya adalah susu kuda. Tak banyak yang tahu bahwa susu kuda memiliki manfaat yang baik untuk penderita tbc. Susu kuda dipercaya memiliki kandungan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, susu kuda diklaim memiliki nutrisi yang sebanding dengan air susu ibu. Sehingga susu kuda juga dianggap lebih baik daripada susu sapi.

Susu yang baik untuk penderita tbc di atas ada baiknya anda pertimbangkan dan pilih sesuai dengan kebutuhan tiap pasien. Sebab tiap pasien memiliki kondisi dan riwayat kesehatan yang berbeda-beda. Jika anda masih ragu dan merasa bingung, ada baiknya anda berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter. Memberikan susu yang tepat dapat membantu pemulihan dan tetap menjaga tubuh agar tetap sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.