16 Jenis Susu yang Cocok untuk Penderita Asam Lambung

Susu yang Cocok untuk Penderita Asam Lambung

 

Susu yang cocok untuk penderita asam lambung hendaknya memiliki kandungan lemak yang rendah. Susu dengan kandungan lemak yang tinggi akan memperburuk kondisi anda. Asam lambung akan naik karena kandungan lemak yang tinggi pada susu tersebut. Asam lambung merupakan suatu kondisi dimana naiknya asam lambung ke kerongkongan. Beberapa makanan dan minuman dapat menjadi pemicu asam lambung naik. Namun, bagi anda penderita asam lambung tidak perlu khawatir. Sebab sudah banyak susu yang diproduksi untuk aman dikonsumsi penderita asam lambung. Anda harus selalu jeli dalam memilih makanan dan minuman yang anda konsumsi jika tidak ingin asam lambung anda kambuh.

 

Susu yang cocok untuk penderita asam lambung

Susu yang cocok untuk penderita asam lambung biasanya memiliki kadar lemak yang rendah. Hindari susu yang memiliki rasa coklat. Susu coklat biasanya memiliki kandungan lemak yang tinggi dan justru membuat asam lambung anda menjadi kambuh. Simak beberapa rekomendasi susu yang aman bagi penderita asam lambung:

  • Susu dengan kandungan lemak yang rendah

Susu yang rendah lemak contohnya saja seperti whole milk. Susu tersebut memiliki kandungan lemak utuh dan rendah lemak. Selain itu ada juga susu skim, yakni susu bebas lemak. Kedua susu tersebut bisa menjadi buffer yang membuat lambung tidak mudah terpengaruh perubahan pH asam lambung. Dengan demikian lambung tidak makin asam.

  • Susu almond

Susu dari kacang almond memiliki sifat basa yang akan baik apabila dikonsumsi oleh penderita asam lambung. pH atau tingkat keasaman yang dimiliki susu almond dinilai lebih rendah daripada pH yang dimiliki susu sapi. pH yang dimiliki susu almond dianggap dapat membuat asam lambung menjadi lebih netral.

  • Susu kedelai

Susu kedelai menjadi salah satu yang dapat anda pilih sebagai susu rendah lemak selanjutnya. Susu jenis ini bahkan memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dari susu whole milk.

 

Susu yang aman untuk penderita asam lambung

Susu yang aman untuk penderita asam lambung tidak hanya 3 jenis seperti di atas. Ada banyak jenis susu lainnya yang dapat anda konsumsi. Tak perlu khawatir, susu tersebut tentunya aman untuk penderita asam lambung. Berikut adalah beberapa susu yang juga direkonmendasikan untuk penderita asam lambung:

  • Susu UHT

Susu UHT yang sering kita temui di swalayan menjadi salah satu susu yang dapat anda konsumsi. Susu UHT yang diolah menggunakan suhu yang sangat tinggi dan dalam waktu yang singkat dapat membunuh bakteri jahat. Dengan metode tersebut susu akan lebih aman dan dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama. Namun, susu UHT bubuk memiliki waktu penyimpanan yang lebih lama dibandingkan susu UHT cair. Susu UHT cair hanya mampu bertahan selama 4 hari di dalam kulkas setelah dibuka.

  • Susu formula rendak lemak

Susu formula yang berbentuk bubuk memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Susu bubuk tersebut dibuat dengan cara dikeringkan untuk menghilangkan sebagian lemak dan air. Akan tetapi, kandungan laktosa di dalam susu tidak hilang. Selain itu, kandungan mineral, protein, dan vitamin dalam susu tersebut masih terjaga. Susu formula bubuk ini dapat bertahan selama sebulan setelah dibuka asalkan di simpan dalam kulkas. Susu ini emmang dinilai kurang praktis dibawa kemanaa-mana karena memang harus menyeduhnya terlebih dahulu. Anda juga harus segera menghabiskan susu yang telah diseduh tersebut karena setelah 2 jam kualitas susu akan berubah.

  • Susu skim

Susu ini merupakan susu yang kandungan sebagian air dan lemaknya telah dihilangkan. Sehingga dapat dikatakan susu ini diklaim bebas kandungan lemak. Namun, dalam proses pengolahannya tersebut membuat vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan vitamin A juga ikut hilang. Sehingga, saat anda memilih susu skim ini hendaknya tatap mengonsumsi asupan gizi dari makanan lain agar asupan nutrisi tetap seimbang. Susu skim menjadi pilihan yang tepat bagi seseorang yang memiliki berat badan berlebih dan ingin tetap mengonsumsi susu tanpa lemak. Akan tetapi susu ini tidak dianjurkan pada anak di bawah usia lima tahun. Sebab, anak di bawah usia lima tahun masih membutuhkan kalori dan lemak untuk mendukung perkembangan otak.

  • Susu bebas tambahan gula

Untuk penderita diabetes dan asam lambung sebaiknya memilih susu yang mengandung gula, kolesterol dan lemak jenuh. Anda disarankan mengonsumsi susu yang rendah lemak dan memiliki protein yang tinggi. Protein yang tinggi pada susu bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam tubuh anda tetap stabil. anda juga bisa mencari susu dengan kandungan vitamin D dan kalsium yang tinggi namun tetap rendah lemak. Hal ini disebabkan karena penderita diabetes mempunyai struktur tulang yang mudah keropos. Sehingga vitamin D dan kalsium membuat tulang anda menjadi kuat dan padat.

Susu apa yang cocok untuk penderita asam lambung

Susu yang cocok untuk penderita asam lambung kini muncul dengan beragam pilihan. Dari yang kemasan botolan hingga bubuk dalam kaleng. Apapun pilihannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas anda sehari-hari. Berikut beberapa contoh susu yang dapat anda konsumsi:

  • Susu tropicana slin low fat

Tropicana slim dikenal dengan beragam pilihan produknya yang rendah gula. Brand ini juga memiliki susu yang low fat dan tidak memiliki kandungan gula juga pemanis buatan. Serat pada susu ini berasal dari tanaman chicory. Anda tak perlu khawatir karena susu ini tersedia di swalayan ataupun di marketplace online.

  • Susu ultra milk low fat Hi-calcium

Susu yang mengklaim mengandung lemak yang rendah serta aman untuk lambung adalah Susu ultra milk low fat Hi-calcium. Susu sapi yang satu ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan rendah lemak. Selain itu, susu ini juga memiliki kandungan vitamin B6, B2, B1, D3, B12 dan fosfor yang pastinya memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Kalori dalam susu ini sangat rendah sehingga sangat direkomendasikan bagi penderita asam lambung.

  • Susu diamond low fat milk

Susu dengan merk diamond low fat milk ini mengklaim bahwa memiliki kandungan mineral dan vitamin serta kalori yang hanya sebesar 70 kalori per kemasannya. Bagi anda yang menginginkan tubuh ideal, susu ini dapat dipilih sebagai teman diet anda.

 

Susu yang baik untuk penderita asam lambung

Susu yang baik untuk penderita asam lambung hendaknya tetap memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap.  Anda dapat mencoba beberapa susu seperti berikut:

  • Susu greenfields low fat milk

Susu greenfields low fat milk ini sangat praktis karena tidak perlu menyeduhnya saat ingin mengonsumsi. Terdapat kemasan instan yang dapat anda konsumsi di mana saja dan kapan saja. Susu ini melalui pengolahan yang higienis karena tidak tersentuh tangan manusia. Kabar baiknya anda bahkan bisa mencampurkan susu ini dengan jus buah yang membuat rasanya makin enak.

  • Susu entrasol active

Susu yang aman bagi lambung yang satu ini ternyata sangat terkenal dengan keunggulannya yakni power bone dan hytolive. Hal tersebut menandakan susu ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan berfungsi untuk menguatkan tulang. Untuk kandungan hytolive merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, dengan mengonsumsi susu ini anda dapat mencegah penyakit jantung koroner, osteoporosis dan rematik.

  • Susu frisian flag low fat

Siapa yang tidak mengenal merk susu yang satu ini. Susu ini hadir dengan kandungan lemak dan kalori yang rendah. Susu ini pun dikenal memiliki varian rasa yang beragam seperti belgian chocolate, californian strawberry, dan vanilla.

Susu yang bagus untuk penderita asam lambung

Susu yang bagus untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah susu etawa. Penderita asam lambung umumnya memiliki kondisi lower esophageal sphincter yang membuat asam lambung naik ke esofagus. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa susu dari kambing etawa mengandung antasida alami serta alkaloid yang dapat memperkuat otot kerongkongan. Selain itu, kedua zat tersebut juga berfungsi menurunkan asam lambung dengan sangat baik. Merk susu kambing etawa Supergoat merupakan susu kambing etawa yang dicampur dengan gula aren. Selain membuat rasanya menjadi lebih nikmat. Gula aren juga memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk mengobati peradangan dan meningkatkan imun tubuh. Gula aren yang memiliki pemrosesan yang membuatnya lebih mudah dicerna sehingga dapat membantu menetralkan asam lambung. Sehingga susu ini aman dikonsumsi penderita asam lambung berlebih. Anda dapat mengonsumsinya secara rutin agar asam lambung yang anda miliki tidak kambuh lagi.

 

Susu apa yang baik untuk penderita asam lambung

Ketika muncul pertanyaan di benak anda susu apa yang baik untuk penderita asam lambung. Jawabannya pasti adalah susu yang memiliki kandungan lemak yang rendah. Sebab kandungan lemak yang tinggi akan memicu naiknya asam lambung. Anda tetap bisa mengonsumsi susu namun dengan mempertimbangkan gizi yang ada di dalamnya. Simak beberapa pilihan susu yang aman untuk penderita asam lambung seperti berikut:

  • Susu nestle omega plus

Susu nestle omega plus merupakan susu bubuk yang dapat anda konsumsi sesuai selera anda. Susu ini mengklaim menjadi susu satu-satunya yang memiliki kandungan acticol yakni sebanyak 1,2 gram sterol tumbuhan. Kandungan tersebut mampu membantu anda untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Susu ini sangat direkomendasikan bagi penderita asam lambung.

  • Susu Hilo active

Susu ini aman anda konsumsi karena memiliki kandungan lemak yang rendah. Susu ini memiliki kandungan glucosamine, chondroitine dan mineral organik yang bersumber dari alga merah. Kandung-kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh. Jadi tidak ada salahnya untuk anda mencoba mengonsumsinya secara rutin.

Susu yang cocok untuk penderita asam lambung seperti contoh-contoh di atas sudah terbukti aman anda konsumsi. Meski menderita asam lambung yang sering kambuh, anda tak perlu lagi khawatir. Anda tetap dapat mengonsumsi susu seperti contoh di atas. Sebab tubuh anda sangat memerlukan asupan vitamin D dan kalsium untuk mendukung pertumbuhan tulang yang sehat.

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.