Tanda-Tanda Melahirkan Sudah Dekat

tanda-tanda melahirkan

Keluarga Sehat, tentunya banyak ibu hamil yang bingung seperti apa tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Apalagi jika ia adalah ibu yang baru hamil. sehingga tidak ada pengalaman apapun mengenai melahirkan. Jadi sebelum tiba waktu bersalin, maka para ibu akan mengalami tanda-tanda menjelang persalinan. Perlu kita ketahui bahwa melahirkan ini adalah proses yang melelahkan sekali. Hanya saja, antara wanita satu dengan yang lain tak akan mengalami tanda-tanda yang sama persis.

Bagaimana Tanda-Tanda Melahirkan?

Pada umumnya, tanda-tanda seorang ibu yang akan melahirkan nampak jelas. Hanya saja sebagian lagi bahkan tak nampak akan melahirkan, mereka bahkan tak rasakan apapun. Hanya saja, sebagai gambaran supaya bisa lebih waspada dan berhati-hati, berikut adalah beberapa gambaran tanda seseorang siap untuk melahirkan. Silahkan simak :

Kontraksi Palsu Tanda-Tanda Melahirkan

Biasanya ibu hamil akan rasakan kontraksi palsu, yakni pengencangan perut yang datang dan pergi dengan cepat. Hanya saja, kontraksi palsu ini sedikit lemah, tidak sekuat kontraksi asli sebelum melahirkan. Untuk kontraksi palsu, maka dengan mengganti posisi duduk atau berbaring pun bisa jadi lebih baik. Yang membedakan dengan yang asli adalah kontraksi palsu hanya pada bagian panggul dan perut. Sementara kontraksi yang asli rasanya pada bagian bawah punggung lalu akan berpindah ke bagian depan perut ibu.

Terasa Nyeri

Umumnya akan rasakan nyeri pada punggung layaknya saat pramenstruasi atau PMS. Rasa ini juga akan mirip dengan mulas saat hamil. Sehingga ibu harus hati-hati membedakannya.

Pecah Air Ketuban

Hal lainnya yang jadi tanda-tanda melahirkan adalah pecah air ketuban. Biasanya akan mengalami kontraksi terlebih dahulu, kemudian ketuban pecah. Namun tentu saja ada juga yang pecah ketuban dulu, baru kontraksi. Jika hal ini terjadi, maka akan segera terjadi persalinan sehingga harus segera mendapatkan bantuan bidan atau dokter.

Gelisah dan Susah Tidur

Hal lainnya yang menjadi ciri bahwa seorang ibu akan segera melahirkan adalah gelisah, juga sulit untuk tidur. Cobalah untuk beristirahat saat siang hari, supaya bisa memulihkan tenaga yang habis karena kurang tidur.

Sering BAK

Karena saat ibu menjelang melahirkan, posisi bayi akan turun ke dalam rongga panggul. Dengan aadanya hal ini, maka rahim pun akan menekan kandung kemih ibu. Hal itu akan membuat ibu menjadi lebih sering BAK ketimbang sebelumnya.

Lendir Kental Bercampur Darah

Saat sedang hamil, lendir yang kental akan menutupi serviks. Kemudian setelah dekat dengan persalinan, maka serviks pun membesar dan lendir tersebut akan keluar lewat kemaluan. Ada yang warnanya bening, ada juga yang merah muda dan membawa sedikit darah. Umumnya menjadi ciri bahwa ibu akan melahirkan, namun jika ibu berhubungan badan saat hamil pun bisa terjadi hal ini.

Serviks yang Berubah Tanda-Tanda Melahirkan

Saat hamil, jaringan yang ada dalam serviks menjadi elastis dan lunak. Apalagi setelah pernah melahirkan, maka serviks menjadi lebih mudah terbuka hingga dua centi sebelum melahirkan.

Demikian adalah tanda-tanda melahirkan yang harus kita ketahui. jangan sampai ibu hamil melewatkannya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.