9 Tindakan preventif apakah yang perlu dilakukan untuk penderita hipertensi

 

Tindakan preventif apakah yang perlu dilakukan untuk penderita hipertensi? Anda dapat melakukan tindakan preventif atau pencegahan dengan cara yang paling mudah. Hipertensi terjadi karena adanya kenaikan pada tekanan darah anda. Kasus hipertensi pun selalu memiliki kenaikan setiap tahunnya. Dengan demikian, upaya pencegahn hipertensi pada masyarakat sangat perlu dilakukan. Hipertensi yang terus menerus dan tidak tertanganu bisa memunculkan komplikasi seperti jantung dan penyakit kronis lainnya. Untuk melakukan berbagai upaya pencegahan, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu beberapa penyebab munculnya hipertensi. Hipertensi yang pertama yakni hipertensi primer, yakni berasal dari faktor kelainan genetik yang bersumber dari keluarga, bertambah usia, perubahan berat badan dan gaya hidup yang tidak sehat. Selanjutnya adalah hipertensi sekunder yang disebabkan oleh penyakit penyerta lainnya seperti pada penderita ginjal, sleep apnea, efek samping mengonsumsi obat dan seseorang yang mengonsumsi alkohol. Anda dapat memerhatikan beberapa gejala dari hipertensi:

  • Nyeri pada dada dan sesak napas
  • Denyut jantung cepat
  • Sakit kepala
  • Mudah lelah
  • Berdebar-debar di leher, dada atau telinga.

Tindakan preventif apakah yang perlu dilakukan untuk penderita hipertensi

Tindakan preventif apakah yang perlu dilakukan untuk penderita hipertensi? Simak beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah hipertensi:

  • Tindakan preventif apakah yang perlu dilakukan untuk penderita hipertensi dengan

    Menghindari konsumsi garam berlebih

Makanan yang tinggi natrium dapat memicu naiknya tekanan darah tinggi. Anda harus mulai merubah pola makan, hindari makanan dalam kaleng, makanan olahan, makanan dalam kemasan, makanan yang mengandung pengawet, makanan ringan, makanan cepat saji dan makanan yang dibekukan. Ketika hendak membeli suatu produk, anda perlu melihat label kemasan untuk memastikan bahwa makanan yang akan anda konsumsi tersebut memiliki kandungan natrium yang rendah. Cara yang lebih aman, anda bisa memasak makanan yang hendak anda konsumsi dengan memasukkan sedikit garam sehingga tidak akan memicu tekanan darah. Anda hanya disarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari satu sendok garam per harinya.

  • Mengonsumsi makanan yang sehat

Mengonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi merupakan jawaban dari pencegahan yang bisa anda lakukan dengan mudah. Memberikan asupan makanan yang diperlukan oleh tubuh sangatlah penting. Sebab, semakin bertambahnya usia seseorang semakin rentan pula mengalami kenaikan tensi darah meskipun tidak memiliki riwayat hipertensi. Anda harus mulai beralih dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat, rendah lemak, tinggi vitamin dan mineral yang sangat diperlukan tubuh. Kalium sangat diperlukan oleh tubuh manusia untuk mengontrol kadar natrium yang ada dalam tubuh. Kalium memiliki kegunaan untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, nutrisi seperti magnesium dan kalsium juga dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan tekanan darah. Anda hanya perlu mengonsumsi jenis makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian utuh. Jangan lupa mencukupi kebutuhan harian air putih anda untuk mengurangi jumlah garam dalam tubuh anda.

  • Tindakan preventif apakah yang perlu dilakukan untuk penderita hipertensi dengan Lakukan olahraga

Olahraga tak hanya mampu mencegah naiknya tekanan darah namun juga bisa menjaga kesehatan tubuh. Bagi anda yang rajin olahraga bisa mengurangi terjadinya hipertensi dan bisa membuat jantung kuat sehingga lebih mudah dalam memompa darah pada tubuh. Anda bisa olahraga minimal 30 menit sebanyak 5x dalam seminggu untuk mengurangi resiko hipertensi. Anda bisa melakukan olahraga simple seperti jogging dan renang sebagai olahraga yang mudah dilakukan.

  • Tindakan preventif apakah yang perlu dilakukan untuk penderita hipertensi dengan Menjaga berat badan yang ideal

Orang yang mengalami obesitas memiliki resiko hipertensi yang lebih tinggi. Sehingga anda harus menjaga berat badan ideal supaya bisa menghindari tingginya tekanan darah. Kondisi obesitas membuat jantung bekerja lebih keras sehingga membuat tekanan darah pun melonjak naik. Hindari makanan yang tinggi lemak agar tidak menyebabkan obesitas.

  • Tindakan preventif apakah yang perlu dilakukan untuk penderita hipertensi dengan Hindari konsumsi alkohol

Alkohol merupakan jenis minuman yang di dalamnya mengandung kalori yang tinggi. Mengonsumsi alkohol secara sering bisa mengakibatkan naiknya berat badan bahkan hipertensi. Sehingga, ada baiknya anda tidak mengonsumsi alkohol untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh anda.

  • Tindakan preventif apakah yang perlu dilakukan untuk penderita hipertensi dengan Kurangi merokok

Jika ingin menjaga tekanan darah tetap terjaga ada baiknya anda menghindari rokok. Merokok juga dapat memperburuk kondisi paru-paru. Selain itu, merokok juga bisa memicu penyakit jantung dan naiknya tekanan darah atau hipertensi. Nikotin yang ada pada rokok bisa menaikkan denyut jantung dan menyempitkan pembuluh ateri pada tubuh anda. Jika kondisi ini terjadi dalam waktu yang lama bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Nikotin yang ada pada rokok juga bisa mengancam kesehatan organ lain yang ada pada tubuh anda.

  • Tindakan preventif apakah yang perlu dilakukan untuk penderita hipertensi dengan Jangan stres

Naiknya tekanan darah seseorang seringkali dikaitkan dengan tingkat stres yang berlebihan. Saat anda stres tubuh akan menghasilkan hormon yang bisa memperburuk kondisi jantung. Dengan demikian, tekanan darah pun akan melonjak naik. Kelola stres dengan melakukan hobi yang anda sukai di tengah-tengah kesibukan rutinitas kerja anda. Anda juga bisa melakukan latihan meditasi, mendengarkan musik dan yoga untuk mengelola stres. Menghindari stres bisa mencegah terjadinya hipertensi dan penyakit berbahaya lainnya.

  • Tindakan preventif apakah yang perlu dilakukan untuk penderita hipertensi dengan Istirahat cukup

Sering begadang dan kurang tidur bisa menyebabkan tekanan darah anda naik. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup bisa menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung anda. Orang dewasa sebaiknya tidur selama 6-8 jam sehari. Hal tersebut untuk mencegah penyakit stroke, hipertensi dan jantung. Sering begadang bisa membuat tekanan darah pada tubuh anda melonjak naik dan menyebabkan komplikasi penyakit lainnya.

  • Tindakan preventif apakah yang perlu dilakukan untuk penderita hipertensi dengan Mengobati penyakit penyerta

Sebaiknya anda menjaga kesehatan tubuh anda dengan mengobati penyakit yang anda alami. Contohnya saja seperti diabetes, sleep apnea, dan lainnya.  Hal itu untuk mencegah terjadinya hipertensi. Mengonsumsi obat atau pil KB juga bisa menyebabkan naiknya tekanan darah pada seseorang. Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk menentukan pengobatan dan perawatan yang tepat untuk mengobati penyakit tersebut.

  • Tindakan preventif apakah yang perlu dilakukan untuk penderita hipertensi dengan Melakukan pengecekan secara rutin

Anda perlu memantau tekanan darah dengan melakukan pengecekan secara rutin. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya lonjakan tekanan darah pada tubuh anda. Sebab seringnya tekanan darah dapat naik tanpa diikuti gejala yang menyertai. Anda bisa mengetahui tekanan darah dengan mengeceknya. Tekanan darah dikatakan normal jika berada pada rentang 120/80 mmHg, dan mengalami prehipertensi pada tekanan 120-139/80-89 mmHg. Jika anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit hipertensi maka resiko anda mengalami hipertensi pun tinggi. Sehingga anda perlu melakukan pengecekan secara rutin untuk mencegah hipertensi.

 

 

Terdapat beragam tindakan pencegahan yang bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Sebab, hipertensi yang terjadi dalam kurun waktu yang lama bisa memicu timbulnya komplikasi. Dinding pada pembuluh darah bisa menyempit dan membuat jantung bekerja lebih keras dalam mengedarkan darah dan bisa memicu serangan jantung. Hipertensi juga bisa memicu penyakit lainnya seperti stroke dan gagal ginjal. Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk menentukan target tekanan darah yang harus anda penuhi agar terjadi hipertensi. Sebab hipertensi yang terjadi terus menerus bisa menyebabkan komplikasi berbagai penyakit terutama penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.