Tips dan Cara Mengatasi Insomnia

Anggota keluarga sehat sekalipun memiliki keluhan kesehatan, salah satunya insomnia. Cara mengatasi insomnia adalah salah satu topik yang dicari oleh generasi millennials, terutama bagi yang memiliki tuntutan pekerjaan yang tinggi, menyebabkan stres dan efek sampingnya adalah sulit tidur alias insomnia.

Penderita insomnia biasanya mengalami sulit untuk tidur cepat, dan bisa tidur setelah lewat tengah malam, atau bahkan menjelang dini hari. Untuk yang bekerja, tentu hal ini sangat merepotkan karena bisa terlambat bangun keesokan hari.

Cara Mengatasi Insomnia

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini :

Harus Rutin Bangun Pagi

Memang sulit jika malamnya mengalami insomnia, lalu harus bangun pagi sesuai dengan jadwal. Namun kita harus membiasakan diri untuk bangun pada jadwal yang sudah ditentukan, bisa dengan menyetel alarm atau dengan menitip pesan pada orang rumah supaya dibangunkan.

Hal ini bermaksud supaya kita bisa melatih tubuh dengan alarm tidur yang diinginkan, jadi terbiasa bangun pagi dalam kisaran jam tertentu dan pada malam hari bisa lebih cepat tidur.

Biasakan untuk Olahraga

Dengan rutin berolahraga maka metabolisme tubuh menjadi lebih baik lagi, hal itu bisa memberikan perubahan pada pola tidur dan membuatnya jadi lebih berkualitas.

Jika ingin berolahraga di malam hari (di gym atau olahraga indoor lainnya), maka lakukan setidaknya tiga jam sebelum waktu tidur supaya bisa mengistirahatkan tubuh terlebih dahulu.

Otak Harus Beristirahat

Sebelum tidur, jangan main HP! baik itu hanya untuk melihat-lihat medsos, atau pun menonton Youtube. Semua itu bisa membuat otak terus bekerja dan akhirnya sulit untuk tidur.

Jauh lebih baik jika mendengarkan musik yang tenang, atau bahkan matikan saja ponselnya dan kita pasti bisa mengantuk lebih cepat.

Jangan Makan atau Minum

Jika ingin cepat tidur, jangan makan makanan berat atau minum apapun yang mengandung kafein sebelum tidur. Lebih baik stop makan setelah pukul enam sore dan hanya minum air putih saja.

Selain bisa mempercepat tidur, juga aman untuk yang ingin diet menurunkan berat badan. Sangat dianjurkan jika membiasakan diri untuk tidak makan malam, keluarga sehat bisa terwujud lho dengan banyak minum air putih!

Hal lain yang tak kalah penting adalah dengan membuat ruangan tidur senyaman mungkin, baik itu dengan menyalakan lilin aromaterapi, atau dengan menggunakan lampu tidur yang temaram.

Boleh juga dengan menggunakan sprei dan bed cover yang lembut, dengan warna kesukaan, tidur dengan boneka atau guling yang empuk dan berbagai cara lainnya supaya kamar tidur lebih nyaman untuk ditempati.

Demikian adalah cara mengatasi insomnia, semoga bisa bermanfaat dan stay positive thinking, ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.