Tips Memilih Snack Bar Sehat, Yang Perlu Kamu Ketahui

Tips Memilih Snack Bar Sehat, Yang Perlu Kamu Ketahui

infokeluargasehat.com – Tips Memilih Snack Bar Sehat, Yang Perlu Kamu Ketahui. Snack bar menjadi salah satu pilihan snack enak yang paling banyak diminati akhir-akhir ini, terutama oleh para pelaku diet. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih snack bar yang baik, agar snack tersebut tidak sekedar mengenyangkan, tapi juga sehat.

Snack bar umumnya dibuat dari bahan-bahan organik, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau biji-bijian. Cemilan pencegah lapar yang hadir dalam berbagai rasa ini mudah disantap dan mudah ditemukan.

kamu harus selektif dalam memilih snack bar yang sehat. Hal ini dikarenakan kandungan pada setiap merek produk snack bar bisa berbeda-beda dan tidak sedikit juga yang mengandung tambahan gula sehingga lebih mirip candy bar yang membuat kamu lebih gemuk daripada snack yang bergizi.

Tips Memilih Snack Bar Sehat

Pada dasarnya snack bar yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah snack bar yang bebas pemanis buatan, tambahan gula, dan terbuat dari bahan organik utuh (bukan rekayasa genetika). Selain itu, snack bar yang sehat juga perlu mengandung berbagai nutrisi, seperti serat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Dengan begitu, camilan ini tak hanya bermanfaat untuk menunda lapar saat waktu senggang, tapi juga bisa menunjang kesehatan secara keseluruhan, termasuk mencegah gula darah rendah saat tidak sempat makan.

Berikut beberapa tips memilih snack bar yang sehat untuk dikonsumsi:

1. Perhatikan jumlah kalori

Sebelum membeli snack bar, pastikan kamu mengecek tabel nutrisi dan memilih snack bar yang mengandung kalori kurang dari 250 kkal. Cara ini bisa digunakan untuk memastikan konsumsi snack bar tidak menyebabkan kamu mengonsumsi kalori berlebih yang bisa memicu kenaikan berat badan.

2. Perhatikan informasi gizi

Dari tabel informasi nilai gizi, kamu bisa melihat jumlah nutrisi yang terkandung di dalam snack bar. Sebaiknya pilih snack bar yang tinggi protein dan serat. Kedua nutrisi ini dapat membantu kamu untuk tetap kenyang lebih lama. Kandungan protein yang dianjurkan minimal 5 gram dan serat minimal 3 gram.

Selain itu, snack bar yang dikonsumsi juga harus mengandung gula kurang dari 10 gram dan karbohidrat kurang dari 30 gram. Hindari juga snack bar yang mencantumkan gula atau pemanis buatan, seperti aspartam, sukralosa, dan sakralin, sesuai urutan 3 bahan pertama.

Hal ini penting untuk mencegah lonjakan drastis kadar gula darah dan membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

3. Pilih bahan dasar yang cocok

Snack bar dibuat dari berbagai bahan dasar, seperti granola, oat, atau kacang-kacangan. Pilihlah bahan dasar snack bar yang bisa kamu terima dengan baik.

Jika kamu memiliki alergi kacang, intoleransi susu sapi, atau intoleransi gluten, hindari snack bar yang mengandung bahan-bahan tersebut. Sebagai gantinya, cari snack bar yang terbuat dari gandum, kedelai, atau yang berlabel bebas gluten.

Informasi mengenai komposisi snack bar akan tertera pada kemasannya. Jadi pastikan kamu membacanya dengan cermat. Jika kamu seorang vegetarian, kamu juga dapat menggunakan informasi ini untuk menghindari bahan-bahan yang berasal dari hewan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *