Tips Mengencangkan Perut Setelah Melahirkan

Hamil dan melahirkan merupakan kodrat seorang perempuan. Banyak hal yang dikorbankan ketika proses melahirkan tak terkecuali bentuk tubuh anda. Tak jarang seseorang yang tadinya kurus langsing menjadi gemuk setelah melahirkan. Meski banyak yang tak mempermasalahkan, namun banyak pula yang tetap mengidamkan tubuh yang langsing seperti gadis dulu.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan tubuh seperti dulu, dengan olahraga ataupun berdiet. Namun ingat, tetap perhatikan asupan nutrisi tubuh anda karena tubuh yang sehat jauh lebih penting. Setelah hamil dan melahirkan, bagian tubuh yang lebih menonjol perubahannya adalah bagian perut. Hal itu karena perut mengalami pembesaran berkali kali lipat akibat rahim yang membesar seiring bertumbuhnya janin. Namun jangan kuatir, ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengembalikan perut langsing anda seperti dahulu:

Menyusui

Ternyata cara diet alami dan sangat mudah dilakukan adalah menyusui . Terlebih jika anda memberikan ASI eksklusif kepada bayi, proses menyusui bisa menjadi proses diet alami yang menyenangkan. Dengan aktif menyusui sang buah hati, anda bisa membakar 500 kalori perhari yang membuat berat badan menjadi lebih cepat turun. Jika proses menyusui efektif, perut yang melar pun perlahan akan mengecil dengan sendirinya.

Olahraga

Pasca melahirkan, anda tetap bisa berolahraga namun perhatikan jenis olahraganya jangan sampai membahayakan fisik anda. Pilihlah olahraga yang ringan dan bisa dilakukan di rumah seperti yoga, berenang atau aerobik. Dengan rutin berolahraga, tubuh yang melar bisa kembali langsing namun tidak instan. Nikmati prosesnya, tubuh akan menjadi lebih bugar dan langsing adalah bonusnya.

Perhatikan Asupan Makanan

Banyak ibu hamil yang gemar makan ketika mengandung. Terlebih ketika menyusui dimana nutrisi yang masuk dibagi dua dengan bayi. Itulah mengapa banyak ibu yang makan porsi besar. Tanpa disadari hal itu juga membuat tubuh anda semakin gemuk . Nah, untuk menjaga berat badan tetap ideal maka perhatikanlah makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Hindari makanan berlemak dan gula berlebih yang bisa menimbun lemak. Perbanyak serat sehingga tubuh akan semakin langsing seiring berjalannya waktu.

Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu hal yang wajib dilakukan adalah meminum air putih. Meminum air putih dapat menetralisisr racun dalam tubuh serta menghidrasi kulit anda. Namun tahukah anda bahwa meminum air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan? Terkadang anda merasakan lapar, namun ternyata bukanlah lapar. Maka cukuplah minum air putih lalu makanlah hanya di jadwal makan yang biasanya anda lakukan. Selain itu, dengan rutin meminum air putih metabolisme tubuh anda menjadi seimbang dan sangat baik bagi proses diet anda.

Menggunakan Korset

Hal yang sangat penting bagi ibu yang baru melahirkan adalah rutin menggunakan korset setiap hari. Korset dibutuhkan untuk membentuk perut dan pinggang. Selain itu, anda juga cepat kenyang jika menggunakan korset. Pilihlah korset yang aman dan nyaman. Biasanya korset digunakan sampai 3 bulan pasca melahirkan namun ke depannya anda tetap bisa menggunakan korset sesuai anjuran dari dokter.

Itulah beberapa tips mengencangkan perut bagi ibu pasca melahirkan. Jika anda konsisten maka bentuk tubuh ideal akan bisa kembali seperti dahulu kala. Jangan berharap proses yang instan karena dampaknya tidak baik bagi tubuh maka lakukanlah perlahan secara konsisten. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya !

Leave A Reply

Your email address will not be published.