Tips Menyusui Nyaman Saat Anak Tumbuh Gigi

tips menyusui nyaman

Keluarga Sehat, saat anak mulai tumbuh gigi, ia pasti merasa tak nyaman dan ibu pun bisa ikut merasa tidak nyaman juga. Sebab bayi yang baru tumbuh gigi umumnya menggigit puting ibunya saat menyusu, dan bisa membuat puting sakit atau lecet. Butuh tips menyusui nyaman saat anak tumbuh gigi.

Biasanya, di usia 6 sampai 12 bulan gigi pertama bayi muncul. Nah, beberapa tanda bayi akan tumbuh gigi misalnya ngeces, rewel dan demam ringan. Selain itu juga suka menggigit macam-macam barang, tak hanya puting ibunya saat menyusu juga menggigit mainan. Tips menyusui nyaman saat anak tumbuh gigi bisa dicek di bawah ini.

Tips Menyusui dengan Nyaman Saat Bayi Tumbuh Gigi

Supaya bisa tetap nyaman menyusui Si Kecil, cobalah beberapa tips menyusui nyaman di bawah ini :

Berikan Teether

Sebelum menyusui, berikan teether supaya anak menggigiti teether terlebih dahulu dan mengurangi rasa gatal atau tak nyaman pada gusinya. Jadi saat menyusu, anak tidak akan menggigit puting ibu dan tidak membuat puting lecet.

Memijat Gusi dengan Lembut

Tak hanya mengandalkan teether, cobalah untuk memberikan pijatan lembut pada gusi yang akan tumbuh giginya. Hal ini bisa membantu meredakan nyeri dan gatal, sehingga bisa mengurangi risiko bayi menggigit puting ibu. Biasanya yang pertama muncul adalah gigi bagian depan.

Posisi Menyusui yang Diubah

Ada kalanya bayi menggigit puting ibu karena merasa kurang nyaman saat menyusui, jadi kesusahan dalam mengisap ASI. Apabila terjadi hal demikian, cobalah untuk mengubah posisi menyusui supaya ditemukan posisi yang paling nyaman untuk ibu dan juga bayi.

Selipkan Jari

Kita bisa merasakan saat bayi menyusu, lidahnya akan menempel pada puting karena posisi itu akan membantunya mengisap ASI dengan lebih baik. Saat si kecil menarik lidahnya ke belakang, maka ibu harus waspada karena bisa jadi si kecil akan menggigit puting. Segera selipkan jari kelingking ibu pada mulut bayi, sehingga saat ia menggigit tak akan melukai puting.

Memang menyusui saat bayi tumbuh gigi bisa membuat kesakitan dan agak malas untuk menyusuinya. Akan tetapi, jangan sampai menyerah dulu, apalagi kalau sampai marah ya. Sebab menyusui itu penting sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Selain itu juga bisa mempererat hubungan emosional antara ibu dan anak.

Supaya bisa meringankan nyeri dan lecet di puting, maka ibu bisa mengoleskan ASI ke puting. Selain itu bisa juga mengoleskan pelembap khusus puting payudara saat sedang tidak menyusui. Tetapi jika puting tak kunjung membaik, atau muncul gejala infeksi maka segera konsultasi ke dokter. Demikian tips menyusui nyaman, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.