Tips Sehat Pakai High Heels

high heels

Keluarga Sehat, banyak yang menyebut jika high heels tidak aman untuk digunakan, padahal itu menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri seorang wanita. Sebab tak semua wanita memiliki kaki yang jenjang dan tubuh semampai, mengenakan high heels mampu menambah penampilannya lebih maksimal.

Ada banyak sekali jenis high heels seperti wedges shoes, stiletto dan lain sebagainya. Mereka yang mengenakan high heels biasanya merasa lebih cantik dan percaya diri.

Nyaman dan Aman dengan Sepatu High Heels

Walau high heels berikan tampilan cantik dan menawan, namun penggunaan sepatu high heels nyatanya mengandung beragam risiko kesehatan lho. Tak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman saat dikenakan terlalu lama dan terlalu sering, bisa juga meningkatkan risiko cedera kaki, sampai bisa menyebabkan nyeri otot pada tungkai dan kaki kita.

Supaya sehat pakai high heels, ikuti tips di bawah ini :

Ukuran sepatu yang sesuai

Yang pertama, pastikan ukuran sepatu sesuai dengan ukuran kaki. Tak hanya panjangnya saja, namun juga lebar kaki pun diperhatikan dengan baik. Untuk melakukan pengukuran, lakukan sambil berdiri di malam hari.

Gunakan heels yang tebal

Kenapa harus memilih heel atau hak yang tebal? Untuk mencegah terjadinya tumpuan terfokus hanya pada ujung atau pada bantalan depan telapak kaki kita saja. Selain itu kaki juga akan lebih stabil sebab beban tubuh akan tersangga lebih merata lagi. Selain itu peregangan jaringan dan juga otot kaki tentunya terlalu besar apabila dibandingkan stileto yang memiliki hak yang notabene tajam dan kecil.

Pilih ujung sepatu yang lebar

Cobalah menghindari heels yang ujungnya lancip, dan disarankan mengenakan sepatu yang yang memiliki ruang di ujung jari kakinya. Perhatikan, supaya jangan gunakan sepatu yang menimbulkan rasa nyeri tak hanya di bagian ujung namun juga pinggiran jari kaki kita.

Bahan sepatu yang lembut

Jangan memilih sepatu high heels yang dibuat dari bahan kaku, misalnya kulit, sebab bisa melukai kaki. Cobalah bahan yang lembut supaya lebih nyaman ketika digunakan.

Bantalan alas kaki jika dibutuhkan

Ada banyak sekali bantalan untuk sepatu yang bisa dipilih di pasaran, contohnya yang berbahan silikon sehingga sangat empuk dan nyaman walau digunakan berjalan jauh. Bantalan itu akan diselipkan pada bagian depan kaki kita, supaya tekanan yang terjadi tak terlalu besar.

Kenakan high heels yang terbuka ujungnya

Dengan mengenakan high heels jenis ini maka dapat membantu mengurangi tekanan pada jari kaki lho. Tentu saja hal ini bisa sangat membantu bagi kita dengan kondisi penonjolan di pangkal ibu jari atau kelingking ibu jari

Apabila karena sering menggunakan sepatu high heels, kemudian mengalami keluhan pada kaki kita, contohnya seperti nyeri pada sendi kaki, atau sampai bentuk kaki berubah, bisa juga kesulitan berjalan, maka sebaiknya segera konsultasi dengan dokter supaya bisa melakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.