Tips Tidur Nyaman untuk yang Susah Tidur

tips tidur nyaman

Keluarga Sehat, tips tidur nyaman sangat berkualitas untuk hidup yang lebih baik, lho. Sebab bukan hanya makan dan minum saja yang tubuh butuhkan, istirahat yang cukup juga penting. Saat tubuh beristirahat, maka sel-sel dalam tubuh akan memperbaiki sel-sel dan metabolisme tubuh menjadi lancar. Apabila metabolisme tubuh lancar, maka secara otomatis penyerapan nutrisi dari makanan pun lebih baik, efeknya tubuh menjadi segar dan bugar.

Tips Tidur Nyaman yang Pasti Ampuh

Ada beberapa tips tidur nyaman yang harus Anda coba, tidak memerlukan biaya besar atau konsultasi ke dokter. Jadi Anda bisa melakukannya tiap malam dengan membiasakan untuk melakukan kebiasaan ini :

Tips Tidur Nyaman Bangun Pada Waktu yang Tetap

Hal pertama adalah selalu bangun pagi saatwaktu yang tetap, atau sama setiap harinya. Hal ini membantu untuk menentukan jam biologis tubuh, lho. Biasakan untuk menyetel alarm dengan waktu yang sama setiap hari, bahkan pada hari Minggu atau hari libur. Jangan memperpanjang waktu tidur sebab akan membuat tubuh jadi lemas dan tak bertenaga.

Sunbathing dan Olahraga Ringan

Daripada bangun siang, lebih baik bangun pagi dan mandi sinar matahari. Lakukan sambil berolahraga ringan, atau bahkan hanya duduk menikmati hangat matahari pun tak apa. Dengan sunbathing, maka otak akan menghentikan hormon melatonin yang membuat tubuh ngantuk, dengan adrenalin yang membuat kita semangat aktivitas.

Jangan Minum Kafein

Memang kafein tidak membuat Anda tetap melek sampai pagi, namun hal itu mempengaruhi kualitas tidur. Jadi, hindari minum minuman yang berkafein 8 jam sebelum jam tidur. Karena tubuh akan memproses kafein dan saat waktu tidur tiba, Anda malah tidak bisa memejamkan mata. Bukan hanya kopi dan teh saja, tapi minuman berenergi dan soda pun baiknya hindari sebelum tidur.

Tidur Siang 30 Menit

Ketahuilah bahwa tubuh mengalami puncak kelelahan dua kali dalam satu hari. Yakni tengah hari dan tengah malam. Maka karena itu memberikan tubuh waktu tidur siang sangat baik. Jangan terlalu lama, cukup sekitar 25 sampai 30 menit saja dan atur alarm supaya tidak kebablasan. Tidur siang yang terlalu lama bisa mengganggu jam biologis tubuh. Juga membuat tubuh jadi terasa lemas dan malas beraktivitas.

Tips Tidur Nyaman Jangan Makan Sebelum Tidur

Kenapa hal ini tidak kurang bagus? Karena mengonsumsi makanan apapun sebelum tidur akan mengganggu jam tidur kita. Sebab tubuh membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mencerna makanan. Bayangkan jika Anda langsung tidur setelah memakan sesuatu, tubuh jadi tak bisa menyerap makanan dengan sempurna juga. Selain itu, langsung tidur setelah memakan sesuatu juga tak baik untuk perut Anda. Sebab setelah makan, lalu tidur, bisa memicu asam lambung naik dan akhirnya jadi sakit maag. Setelah makan langsung tidur juga bisa membuat kita muntah.

Apabila ingin meminum minuman berkafein, sebaiknya lakukan jauh dari jam tidur Anda. Misalnya saat pagi atau tengah hari, bisa juga pada jam-jam lainnya yang jauh dari jam tidur. Supaya kelak jam tidur tidak akan terganggu dengantubuh yang sedang menyerap kafein. Kemudian, jika ingin malam malam lakukan setidaknya 2 jam sebelum jam tidur. Sehingga tubuh memproses makanan yang dicerna dengan baik, dan tubuh pun mengistirahatkan organnya dengan total saat waktu tidur.

Demikian adalah beberapa macam tips tidur nyaman yang bisa Anda lakukan, khususnya bagi yang susah tidur. Walaupun bukan tipe orang yang susah tidur, dengan melakukan tips tidur nyaman malah sangat bagus. Bisa meningkatkan kualitas tidur, yang memberikan efek otak lebih cepat tanggap, badan sehat, dan imun tubuh pun kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.