15 Universitas yang Ada Jurusan Kesehatan Masyarakat

Universitas yang Ada Jurusan Kesehatan Masyarakat

Universitas yang ada jurusan kesehatan masyarakat di Indonesia terdapat di berbagai daerah. Jurusan kesehatan masyarakat mengkaji ilmu yang berhubungan dengan pencegahan, perawatan dan inovasi untuk meningkatkan kesehatan di dalam masyarakat itu sendiri. Ilmu kesehatan masyarakat juga dianggap sebagai jurusan yang mempelajari berbagai disiplin ilmu. Contohnya saja seperti administrasi kesehatan masyarakat, keselamatan kerja, gizi, reproduksi, sistem informasi penyakit yang menular ataupun tidak menular, epidemiologi dan biostatistika. Pembangunan dunia ketiga akan memfokuskan diri pada pencegahan berbagai penyakit seperti menyembuhkan HIV/AIDS, merawat kesehatan ibu hamil, menekan jumlah bayi yang meninggal, malaria atau penyakit lainnya. Bagi anda yang tengah bingung untuk memilih jurusan ini, tidak perlu khawatir karena prospek kerjanya cukup luas. Anda bisa memulai karir sebagai karyawan di puskesmas, rumah sakit, dinas kesehatan ataupun kementerian kesehatan. Selain itu, anda pun bisa memilih untuk meniti karir di perusahaan swasta contohnya yakni perusahaan air minum bahkan sampai perusahaan pertambangan.

1 Universitas yang ada jurusan kesehatan masyarakat

Universitas yang ada jurusan kesehatan masyarakat

Universitas yang ada jurusan kesehatan masyarakat cukup banyak, yakni sebagai berikut:

  • Universitas Indonesia

Anda pasti sudah sangat familiar dengan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Bagi anda yang berdomisili di jakarta dan sekitarnya bisa mencoba untuk berkuliah di kampus bergengsi ini. Sebab, universitas Indonesia memiliki jurusan kesehatan masyarakat. Jurusan kesehatan masyarakat di FKM UI menjad salah satu jurusan terbaik. Anda bisa mencoba jalur seleksi SBMPTN, SNMPTN hingga SIMAK UI untuk masuk ke jurusan kesehatan masyarakat. Jurusan kesehatan masyarakat UI memiliki berbagai bidang peminatan, di antaranya yakni promosi kesehatan, biostatistika, bidan komunitas, mutu layanan kesehatan, manajemen informasi kesehatan, epidemiologi, kesehatan reproduksi, manajemen asuransi kesehatan, manajemen rumah sakit hingga manajemen pelayanan kesehatan.

  • Universitas Airlangga

Jurusan kesehatan masyarakat di universitas airlangga awalnya hanya menerima lulusan D3 jurusan kesehatan masyarakat saja. Selain itu, lulusan D3 KM tersebut juga wajib memiliki pengalaman bekerja yakni minimal 3 tahun. Namun, kini universitas airlangga mulai menerima mahasiswa jurusan kesehatan masyarakat dari lulusan SMA dan sederajat. FKM Universitas Airlangga pun kini juga membawahi jurusan ilmu gizi. Pada jenjang jurusan D3 Kesehatan masyarakat baru hanya memiliki jurusan kesehatan dan keselamatan kerja saja.

  • Universitas sumatera utara

Jurusan kesehatan masyarakat di Universitas Sumatera Utara menjadi satu-satunya jurusan di FKM USU. Jurusan kesehatan masyarakat di universitas ini juga merupakan salah satu jurusan tertua di Indonesia bersamaan dengan universitas lain di Indonesia seperti undip, unair, UI, dan unhas. Awalnya jurusan kesehatan masyarakat USU berdiri pada tahun 1985 dan di bawah naungan fakultas kedokteran. Namun, pada tahun 1993, Fakultas Kesehatan Mayarakat didirikan dan membawahi jurusan kesehatan masyarakat.

Universitas yang ada jurusan kesehatan lingkungan

Universitas yang ada jurusan kesehatan lingkungan di Indonesia adalah:

  • Universitas Dian Nuswantoro

Universitas ini memiliki jurusan S1 kesehatan lingkungan di bawah naungan fakultas kesehatan. Jurusan ini memfokuskan diri untuk mencetak lulusan yang berkompeten dan mampu menerapkan teknologi di bidang informasi kesehatan lingkungan. UDINUS juga memberikan ruang untuk mengembangkan softskill yang berhubungan dengan ilmu kesehatan lingkungan. Udinus memberikan fasilitas kegiatan kunjungan lapangan, unit kegiatan mahasiswa, kelompok studi, dan berbagai studi kasus tentang proyek AMDAL.

  • Universitas Sriwijaya

Universitas sriwijaya memiliki jurusan kesehatan lingkungan. Anda bisa memulai karir di kementerian kesehatan dan dinas kesehatan, rumah sakit, BPJS, BUMN, dosen, bahkan WHO. Jurusan ini memfokuskan diri untuk memberikan inovasi dalam mencegah terjadinya pencemaran lingkungan dan menanggulanginya agar tidak semakin parah. Sebab, kualitas kesehatan lingkungan yang buruk akan berdampak pada kesehatan di masyarakat. Selain itu, anda juga bisa bekerja di perusahaan konsultan lingkungan dan manufaktur. Jurusan kesehatan lingkungan mempelajari mata kuliah fisika lingkungan, entomologi kesehatan, ekologi kesehatan, kimia kesehatan, mikrobiologi lingkungan, penyehatan air dan pengelolaan limbah cair, pengawasan pencemaran lingkungan secara fisik, ekotoksikologi, etika profesi sanitarian, keselamatan dan kesehatan kerja, pemberdayaan masyarakat, ilmu budaya sehat, penyehatan air, sanitasi pemukiman, statistik kesehatan, sanitasi rumah sakit, dan lain sebagainya.

 

Universitas yang ada jurusan kesehatan masyarakat di bandung

Universitas yang ada jurusan kesehatan masyarakat di bandung yakni sebagai berikut:

  • STIK Immanuel Bandung

STIK Immanuel adalah salah satu sekolah tinggi ilmu kesehatan yang memiliki lokasi di Jl. Wahid Hasyim kota Bandung. Perguruan tinggi ini memiliki berbagai program studi di bidang kesehatan. Contohnya seperti ilmu gizi, kesehatan masyarakat, keperawatan, kebidanan bahkan hingga administrasi rumah sakit. Anda yang berdomisili di daerah bandung bisa memilih untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi ini di jurusan kesehatan masyarakat.

  • STIKES Dharma Husada

Perguruan tinggi ini memfokuskan diri dalam mengkaji ilmu kesehatan. STIKES Dharma Husada memiliki berbagai jurusan yakni seperti kesehatan masyarakat, refraksi optisi, profesi Ners, ilmu keperawatan dan S2 terapan kebidanan. Anda yang berdomisili di daerah bandung bisa memilih untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi ini di jurusan kesehatan masyarakat.

  • STIKES Bhakti Kencana Bandung

Perguruan tinggi ini terletak di Panyileukan Bandung. STIKES Bhakti Kencana Bandung memiliki beberapa jurusan di bidang kesehatan. Contohnya seperti kesehatan masyarakat, profesi ners, keperawatan dan kebidanan. Anda yang berdomisili di daerah bandung bisa memilih untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi ini di jurusan kesehatan masyarakat.

Kampus yang ada jurusan kesehatan masyarakat

Kampus yang ada jurusan kesehatan masyarakat yakni sebagai berikut:

  • Universitas Ahmad Dahlan

Jurusan kesehatan masyarakat merupakan salah satu jurusan yang memfokuskan diri untuk mencetak lulusan-lulusan yang ahli di bidang kesehatan masyarakat. Dengan demikian, akan tercipta lulusan-lulusan unggul yang bisa turut berperan di dalam kehidupan bermasyarakat bersamaan dengan pemahaman mengenai aspek-aspek dalam kesehatan masyarakat. Di universitas ahmad dahlan memiliki 6 kategori peminatan yakni meliputi epidemiologi, kesehatan reproduksi, manajemen rumah sakit, promosi kesehatan, keselamatan dan kesehatan kerja serta kesehatan lingkungan. Lulusan-lulusannya akan diberi gelar sarjana kesehatan masyarakat (S.Km)

  • Universitas Respati Yogyakarta

Universitas ini memiliki jurusan kesehatan masyarakat yang bervisi menjadi jurusan yang unggul dalam mencetak sarjana kesehatan masyarakat yang memiliki jiwa wirausaha serta dapat memberi peran secara aktif untuk berkontribusi dalam mengatasi sebuah masalah di bidang kesehatan masyarakat terkhusus di dalam bidang kebencanaan di tahun 2038.

Universitas negeri yang ada jurusan kesehatan masyarakat

Universitas negeri yang ada jurusan kesehatan masyarakat yakni sebagai berikut:

  • Universitas Airlangga

Universitas yang menjadi universitas favorit di Surabaya ini memiliki jurusan kesehatan masyarakat. Jurusan kesehatan masyarakat di unair pun sudah memiliki akreditasi A yang tentunya lulusan-lulusannya mempunyai kemampuan yang mumpuni di bidang kesehatan masyarakat. Seperti halnya lulusan universitas negeri lainnya, lulusan kesehatan masyarakat unair banyak dilirik oleh perusahaan dan instansi sehingga anda tidak perlu khawatir untuk prospek kerja setelah lulus.

  • Universitas Hasanuddin

Universitas yang satu ini memiliki fakultas kesehatan masyarakat yang membawahi jurusan ilmu kesehatan masyarakat. Sebagai sarjana kesehatan masyarakat anda akan dibekali kemampuan dalam bidang kesehatan lingkungan dan lingkungan masyarakat, serta dibekali keterampilan untuk mengedukasi masyarakat tentang kesehatan.

  • Universitas Sumatera Utara

Universitas negeri ini memiliki jurusan kesehatan masyarakat di tingkat sarjana dan juga tingkat S2. Banyak perusahaan dan instansi yang menantikan lulusan-lulusan jurusan kesehatan masyarakat universitas yang satu ini. Terdapat banyak program pertukaran mahasiswa yang dapat kamu gunakan untuk menambah wawasan di bidang kesehatan masyarakat. Hal tersebut bertujuan agar anda memiliki banyak pengalaman di bidang kesehatan masyarakat yang tentunya akan menambah nilai anda sebagai lulusan kesehatan masyarakat.

Universitas yang ada jurusan kesehatan masyarakat di Jogja

Universitas yang ada jurusan kesehatan masyarakat di jogja yakni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global. Jurusan kesehatan masyarakat di perguruan tinggi ini ditujukan untuk menjadi jurusan yang mencetak tenaga kesehatan masyarakat  yang memiliki kepribadian yang agamis, humanis serta berkompeten di bidang pemberdayaan masyarakat yakni melalui Tri Dharma Perguruan tinggi pada tahun 2021.

Universitas swasta yang ada jurusan kesehatan masyarakat di Surabaya

Universitas swasta yang ada jurusan kesehatan masyarakat di surabaya yakni Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Perguruan tinggi tersebut merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan kesehatan masyarakat di Surabaya. Jurusan kesehatan masyarakat di perguruan tinggi ini memiliki visi yakni mencetak lulusan-lulusan kesehatan masyarakat yang unggul, profesional serta dapat bersaing di pasar global khususnya di dalam ilmu pengetahuan serta teknologi di kesehatan masyarakat dengan tidak melupakan jati diri yang islami. Perguruan tinggi ini berharap bahwa lulusan-lulusannya dapat menjadi pribadi yang berkompeten untuk mengembangkan bidang kesehatan masyarakat dengan mandiri yang juga didukung dengan etika serta moral keilmuan untuk memecahkan berbagai masalah di bidang kesehatan masyarakat.

Universitas swasta yang ada jurusan kesehatan masyarakat di Jakarta

Universitas swasta yang ada jurusan kesehatan masyarakat di jakarta universitas respati indonesia. Perguruan tinggi tersebut memiliki jurusan di bidang kesehatan masyarakat yang menjadi bagian dari fakultas kesehatan masyarakat universitas respati indonesia. Jurusan kesehatan masyarakat di universitas ini memiliki akreditasi B. Banyak mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di luar dan dalam pulau jawa yang menempuh pendidikan di universitas ini. Jurusan kesehatan masyarakat di perguruan tinggi ini memiliki 5 peminatan di antaranya yakni keselamatan dan kesehatan kerja, kesehatan lingkungan, epidemiologi, administrasi kebijakan kesehatan serta pendidikan dan ilmu perilaku. Berbagai kerja sama telah dijalin dengan berbagai instansi yang bertujuan untuk menambah kualitas dalam pembelajaran dan juga untuk mencapai kompetensi. Perguruan tinggi ini selalu berusaha untuk menambah kualitas setiap lulusannya untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang memiliki standar internasional ataupun nasional.

Universitas yang ada jurusan kesehatan masyarakat di Jakarta

Universitas yang ada jurusan kesehatan masyarakat di jakarta selanjutnya yakni universitas muhammadiyah jakarta. Universitas tersebut memiliki fakultas kesehatan masyarakat. Fakultas kesehatan masyarakat universitas muhammadiyah jakarta memiliki 2 jurusan yakni S1 kesehatan masyarakat dan juga S2    kesehatan masyarakat. Tenaga pendidik atau dosen di perguruan tinggi ini merupakan lulusan-lulusan terbaik dari dalam ataupun lulusan luar negeri. Sehingga dalam mengajar pun tenaga pendidik tersebut berorientasi pada mahasiswanya. Bahkan, beberapa mata kuliah di jurusan kesehatan masyarakat ini menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar. Selain itu, dalam proses pembelajarannya juga berbasis problem based learning. Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan komitmen fakultas kesehatan masyarakat universitas muhammadiyah jakarta untuk mencetak sarjana yang dapat bersaing di pasar global.

Univ yang ada jurusan kesehatan masyarakat

Univ yang ada jurusan kesehatan masyarakat  yakni Universitas Diponegoro. Universitas negeri yang berlokasi di Semarang ini memiliki jurusan kesehatan masyarakat. Jurusan kesehatan masyarakat menjadi salah satu jurusan yang disukai oleh banyak peserta yang mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Bagi anda lulusan sarjana kesehatan masyarakat universitas diponegoro tidak perlu khawatir untuk prospek kerja setelah lulus. Sebab banyak instansi dan perusahaan yang memberikan kepercayaan besar pada lulusan sarjana kesehatan masyarakat universitas diponegoro.

 

Universitas di Jogja yang ada jurusan kesehatan masyarakat

Universitas di jogja yang ada jurusan kesehatan masyarakat yakni sekolah tinggi ilmu kesehatan surya global. Jurusan kesehatan masyarakat di perguruan tinggi ini dididik untuk bisa merawat, melindungi serta meningkatkan kesehatan masyarakat dengan langkah melakukan edukasi mengenai pencegahan suatu penyakit, meningkatkan kesehatan, edukasi mengenai terapi kesehatan, serta pemulihan dari sebuah penyakit yang diderita. Selain itu, mahasiswa di jurusan kesehatan masyarakat di perguruan tinggi ini juga dibekali dengan cara pengorganisasian masyarakat, menghitung kuantitatif kesehatan di masyarakat, menganalisis dampak lingkungan, menghitung distribusi sebuah penyakit di suatu daerah, ilmu gizi, keselamatan kerja, penyuluhan kesehatan serta administrasi dan manajemen kebijakan kesehatan. Untuk lulusan jurusan kesehatan masyarakat bisa memulai karir di perusahaan tambang atau di puskesmas dan rumah sakit. Anda bisa memulai karir dari tingkat pegawai teknis di lapangan sampai di tingkat manajerial. Jenjang karir profesional yang bisa anda tekuni yakni ahli kesehatan dan keselamatan kerja, ahli biologi, epidemiologi, dosen, manajer data klinis, ahli gizi, koordinator riset klinis, manajer layanan medis, peneliti medis, pengendali mutu produk serta penyuluh kesehatan masyarakat.

Universitas negeri yang ada jurusan kesehatan masyarakat di Jogja

Universitas negeri yang ada jurusan kesehatan masyarakat di jogja yakni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta.

  • Visi misi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta

Perguruan tinggi ini memiliki visi yakni menghasilkan tenaga kesehatan yang berkompeten dengan bidang ilmu kesehatan masyarakat. Hal tersebut sesuai dengan program-program yang disusun untuk melayani kesehatan masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan mandiri. Selain itu, perguruan tinggi ini juga memiliki misi yakni menaikkan mutu intitusi pendidikan pada tenaga kesehatan dan mutu lulusan, meningkatkan kerja sama dan kemandirian institusi, pemerintah, masyarakat dalam melaksanakan perintah diknakes. Menyediakan tenaga kesehatan memerlukan proyeksi kebutuhan tenaga yang beriringan dengan tuntutan dan keinginan pasar. Selain itu, sejalan pula dengan perkembangan epidemiologi penyakit dan perkembangan demografi. Perubahan epidemiologi penyakit memberikan perubahan pada gaya hidup dan perilaku di masyarakat. Dengan demikian, perubahan tersebut bisa membantu mendorong berkembangnya teknologi kesehatan di bidang terapi, instrumentasi diagnostik serta rehabilitasi medik. Beriringan dengan hal itu, keberadaan tenaga kesehatan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat.

  • Sarana prasarana penunjang

Perguruan tinggi ini memiliki beberapa fasilitas seperti asrama, ruang perkuliahan, perpustakaan, ruang praktikum, hingga pondok pesantren. Untuk mencapai visi dan misi dari tiga pilar perguruan tinggi ini yang meliputi humanis, agamis dan berkomepeten maka akan diciptakan program yang bisa menunjang ketiga pilar tersebut. Visi humanis ditunjang dengan berbagai kegiatan yang ada pada kepanduan pramuka surga. Lalu untuk visi agamis ditunjang dengan berbagai program yang terdapat pada pondok pesantren mahasiswa stikes surga melalui lemabaga keagamaan tiap agama. Yang terakhir, visi berkompeten dapat ditunjang dengan kegiatan tri dharma perguruan tinggi di stikes surga.

Universitas yang ada jurusan ilmu kesehatan masyarakat

Universitas yang ada jurusan ilmu kesehatan masyarakat selanjutnya yakni universitas hasanuddin. Jurusan kesehatan masyarakat menjadi satu-satunya jurusan di fakultas kesehatan masyarakat saat universitas ini baru saja didirikan. Jurusan kesehatan masyarakat di universitas ini terus berkembang dan memiliki banyak mahasiswa. Beberapa peminatan yang dapat diambil yakni biostatistika dan KKB, epidemiologi, kesehatan lingkungan, promosi kesehatan, ilmu perilaku, manajemen rumah sakit, administrasi dan kebijakan kesehatan, dan kesehatan reproduksi serta keluarga. Tak hanya jurusan kesehatan masyarakat, kini unhas juga memiliki jurusan ilmu gizi di bawah naungan fakultas kesehatan masyarakat.

Universitas yang ada jurusan kesehatan

Universitas yang ada jurusan kesehatan selanjutnya adalah universitas negeri semarang. Jurusan kesehatan masyarakat berada di bawah naungan fakultas ilmu keolahragaan. Selain itu, terdapat pula jurusan keolahragaan dan juga ilmu gizi. Bidang kesehatan masyarakat memiliki peminatan gizi kesehatan masyarakat, kesehatan kerja, kesehatan reproduksi, biostatistika dan informatika kesehatan, promosi kesehatan, epidemiologi serta administrasi dan kebijakan kesehatan.

Universitas swasta yang ada jurusan kesehatan masyarakat

Universitas swasta yang ada jurusan kesehatan masyarakat yang terakhir adalah sekolah tinggi ilmu kesehatan wira husada. Perguruan tinggi ini memiliki sarana dan prasarana di bidang praktikum laboratorium yang cukup memadai. Lalu untuk pembelajaran di lapangan, perguruan tinggi ini juga bekerja sama dengan berbagai instansi dan perusahaan. Sarjana kesehatan masyarakat dididik untuk dapat mengkaji dan menganalisis, menguasai dasar-dasar ilmu kesehatan masyarakat, merencanakan dan mengembangkan kebijakan, merencanakan dan mengelola suber dana dan memberdayakan masyarakat.

Universitas yang ada jurusan kesehatan masyarakat seperti pemaparan-pemaparan di atas dapat memberikan gambaran pada anda mengenai jurusan kesehatan masyarakat. Anda dapat memilih untuk menempuh pendidikan di daerah domisili anda ataupun di luar domisili anda. Anda tidak perlu khawatir mengenai prospek dari lulusan-lulusan jurusan kesehatan memiliki jenjang karir yang luas. Lulusan-lulusan di jurusan kesehatan masyarakat bisa bekerja di berbagai bidang dan instansi karena lulusan ini dibekali dengan multidisiplin. Namun, anda juga perlu mempersiapkan banyak hal jika ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri yang memiliki jurusan kesehatan masyarakat sebab anda akan bersaing dengan banyak orang di luar sana.

Leave A Reply

Your email address will not be published.