Urinoma, Penumpukan Cairan Urine di Luar Saluran Kemih

infokeluargasehat.com – Urinoma, Penumpukan Cairan Urine di Luar Saluran Kemih. Keliru satu komplikasi trauma ginjal yang lumayan generik adalah kebocoran urine, yang membawa dampak suasana medis lain yang disebut urinoma. Simak uraian berkenaan penyebab, gejala, dan pengobatan urinoma berikut ini.

Apa tersebut urinoma?

urinoma adalah sebuah keadaan penumpukan cairan urine yang berlangsung di luar saluran kemih, yang terdiri berasal dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

Kumpulan urine ini umumnya ditemukan terhadap ruang retroperitoneal yaitu tempat di belakang jaringan yang melapisi dinding perut.

suasana ini berjalan implikasi kebocoran urine berasal dari saluran kemih sebagai implikasi segera berasal dari penyumbatan (Obstruksi) saluran kemih, trauma ginjal, dan mekanisme medis. Cairan urine yang bocor ke di dalam ruang retroperitoneal ini sanggup mengakibatkan peradangan lokal terhadap jaringan lemak di kira-kira dinding perut.

Sesudah tersebut, cairan urine yang menumpuk akan membentuk kantung yang dikenal sebagai urinoma.

Tanda dan gejala urinoma

Urinoma, Penumpukan Cairan Urine di Luar Saluran Kemih

secara generik, tanda dan gejala suasana ini didasarkan terhadap penyebab yang mendasarinya. Kalau trauma ginjal adalah penyebabnya, gejala uinoma bisa meliputi:

  • urine berdarah (Hematuria),
  • nyeri punggung bagian bawah,
  • benjolan terhadap bagian kurang lebih ginjal,
  • perut memar dan bengkak,
  • pusing dan kelelahan,
  • dan demam.

Kala tersebut, urinoma yang berjalan implikasi penyumbatan atau obstruksi saluran kemih sanggup menimbulkan gejala-gejala, layaknya:

  • nyeri terhadap bagian samping dan belakang,
  • nyeri menjalar ke bagian lain dan singgah bergelombang,
  • rasa sakit kala buang air kecil,
  • urine keruh dan berbau tak sedap,
  • demam atau terasa dingin, mual dan muntah, dan
  • kesulitan buang air kecil.

kecuali baru meniti inspeksi medis atau operasi terhadap bagian kurang lebih saluran kemih, Kamu wajib mencurigai timbulnya urinoma bila muncul pengaruh samping setelahnya.

Kapan sebaiknya kudu periksa ke dokter?

apabila Kamu merasakan gejala itu dan makin memburuk, sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter untuk beroleh penanganan yang tepat.

Gejala yang Kamu alami bersama dengan orang lain sanggup berbeda satu mirip lain. Oleh karena tersebut, selalu diskusikan bersama dengan dokter untuk memperoleh solusi paling baik.

Penyebab urinoma

pada dasarnya, urinoma merupakan kantung urine yang terbentuk di luar saluran kemih.
Sejumlah faktor sanggup menaikkan risiko kebocoran urine, layaknya trauma ginjal, obstruksi batu saluran kemih, dan pengaruh samping mekanisme medis terhadap saluran kemih.

1. Trauma ginjal

trauma ginjal sanggup berlangsung waktu organ ginjal mengalami cedera implikasi benturan berasal dari luar. Hal ini masih sanggup berjalan walaupun ginjal terlindungi otot punggung dan tulang rusuk Kamu.
Situasi yang juga disebut ruptur ginjal ini terdiri berasal dari dua model, yakni trauma tumpul dan tajam.

Trauma tumpul berlangsung waktu benturan benda bukan merusak kulit, tetapi mempengaruhi ginjal, misalnya kala terjatuh, kecelakaan kendaraan bermotor, dan terpukul benda keras.
Trauma tajam biasanya menembus kulit, masuk ke didalam tubuh, dan merusak organ ginjal dapat disebabkan tembakan peluru, pisau, atau tusukan benda tajam lainnya.

2. Batu saluran kemih

batu saluran kemih adalah kumpulan garam dan mineral lain yang mengeras didalam urine. Umumnya, batu berukuran benar-benar kecil dan bukan terlihat waktu Kamu buang air.
Terhadap umumnya, batu saluran kemih akan terbentuk di ginjal dan mengalir keluar melewati ureter, kandung kemih, dan uretra bila ukurannya kecil.

Tetapi, lebih dari satu batu sanggup jadi besar dan menghalangi genre urine. Hal ini biasanya menimbulkan rasa sakit parah terhadap tulang rusuk, pinggul, punggung, dan perut.

3. Pengaruh samping mekanisme medis

efek samping berasal dari mekanisme medis yang mempengaruhi saluran kemih, misalnya terapi ESWL dan ureteroskopi mampu tingkatkan risiko Kamu mengalami urinoma.
Meskipun begitu, lebih dari satu penyebab urinoma bisa saja bukan diketahui.
Suatu laporan persoalan didalam Cureus membuktikan urinoma impulsif yang berlangsung tanpa trauma atau obstruksi.

Penaksiran urinoma

dokter akan menanyakan gejala dan riwayat kesegaran yang Kamu alami. Inspeksi laboratorium, layaknya tes urine (Urinalisis) juga sanggup dokter laksanakan.
Untuk memastikan adanya urinoma di kurang lebih saluran kemih Kamu, dokter akan laksanakan sejumlah tes pencitraan layaknya di bawah ini.

1. Ultrasonografi (Usg)

Mekanisme ultrasonografi (Usg) sanggup menunjang dokter didalam mendiagnosis urinoma dan suasana yang mendasarinya.
Dokter akan kenakan perangkat bersama dengan gelombang nada untuk memirsa citra organ di dalam.
Meskipun begitu, mekanisme ini tidak cukup menambahkan hasil yang paham.

2. CT scan

selain tersebut, dokter bisa saja akan melaksanakan mekanisme CT scan bersama pertolongan cairan paradoksal untuk meraih hasil penaksiran yang lebih seksama.
Bersama cairan paradoksal, hasil CT scan sanggup membuktikan kebocoran urine di saluran kemih.

3. Pielogram intravena

tes pencitraan bersama dengan pielogram intravena (Ivp) juga melibatkan pemakaian cairan paradoksal untuk mendeteksi gangguan di saluran kemih.
Mirip halnya bersama CT scan, urinoma bisa terdeteksi apabila terhadap hasil tes terlihat rembesan pewarna paradoksal berasal dari saluran kemih ke di dalam ruang retroperitoneal.

Pengobatan urinoma

kebanyakan urinoma kecil bukan memerlukan pengobatan.
Meskipun urine akan diserap ulang oleh tubuh, dokter sanggup beri tambahan resep antibiotik untuk menghambat infeksi.

Pas tersebut, urinoma yang berukuran besar, urinoma yang menimbulkan infeksi, atau urinoma yang berlangsung konsisten-menerus memerlukan perawatan lanjutan.dokter akan laksanakan drainase perkutan yaitu pengurasan cairan urine lewat tusukan jarum terhadap kulit. Terhadap sejumlah situasi, hal ini bisa saja memerlukan bedah terbuka.

Mekanisme lain untuk mengobati penyakit penyebab urinoma kemungkinan juga Kamu perlukan.
Apabila mengalami trauma ginjal, tetapi bukan mengalami rusaknya organ, dokter mampu menangani suasana ini bersama dengan rawat inap sambil mengobati hematuria.tapi, Kamu memerlukan operasi atau embolisasi angiografi terkecuali gejala memburuk, berjalan rusaknya organ, dan kehilangan darah berasal dari ginjal didalam jumlah tak terhitung.

Kala tersebut, Kamu harus meniti mekanisme layaknya ureteroskopi, terapi Eswl, sampai operasi pengangkatan batu ginjal bila berjalan penyumbatan implikasi batu saluran kemih.

Pengobatan di tempat tinggal untuk urinoma

pemulihan untuk urinoma dan suasana yang menyebabkannya tergantung berasal dari taraf keparahan yang Kamu alami.

Pastikan ikuti instruksi dokter sebelum Kamu beraktivitas ulang.
Tidak cuman tersebut, Kamu dapat mempertahankan kebugaran ginjal bersama lakukan perubahan gaya hidup, layaknya mengatur pola makan sehat dan mencukupi keperluan cairan harian.

Imbangi pula bersama dengan kesibukan olahraga, berhenti merokok, dan membatasi minuman beralkohol untuk mempertahankan kebugaran tubuh secara total.kalau punya pertanyaan lebih lanjut, konsultasikan ke dokter untuk memperoleh solusi paling baik disesuaikan bersama persoalan Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.