3 Tips Urutan skincare pagi untuk remaja dengan skincare emina

Urutan skincare pagi untuk remaja

Urutan skincare pagi untuk remaja biasanya dilakukan setelah mandi. Para remaja bisa melakukan perawatan kulit menggunakan skincare secara rutin. Bagi para remaja, skincare rutin di pagi hari merupakan suatu rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Namun, dalam melakukan skincare rutin sebaiknya sesuai dengan urutan yang dianjurkan. Sebab terdapat beberapa perbedaan antara penggunaan skincare pada pagi hari dan malam hari. Penggunaan skincare di saat pagi hari yakni memiliki tujuan untuk menjaga kulit anda dari radiasi matahari dan juga polusi udara. Terutama bagi anda yang bekerja di luar rumah, menggunakan skincare yang bisa menjaga kesehatan kulit anda adalah hal yang sangat penting. Mengingat sinar matahari dan polusi udara bisa menjadi faktor utama penyebab kerusakan kulit. Selain itu, penggunaan skincare di pagi hari juga bertujuan untuk menghilangkan noda dan kotoran yang menempel selama tidur semalaman.

Urutan skincare pagi dan malam untuk remaja

Urutan skincare pagi dan malam untuk remaja yakni sebagai berikut:

  • Penggunaan sabun pencuci wajah

Memakai facial wash ataupun facial foam merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghapus minyak dan noda yang menempel selama semalaman saat anda sedang tidur. Dengan membersihkan kulit wajah terlebih dulu bisa membuat skincare yang lain lebih mudah menyerap ke kulit anda.

  • Menggunakan toner

Setelah membersihkan wajah menggunakan sabun pencuci wajah, selanjutnya anda bisa menggunakan toner pada kulit wajah anda. Penggunaan toner pada kulit wajah memiliki tujuan untuk menghapus sisa kotoran serta minyak-minyak berlebih yang menempel. Selain itu, dengan menggunakan toner akan menolong anda dalam mengembalikan pH kulit yang hilang saat anda mencuci muka menggunakan sabun. Toner juga memiliki fungsi untuk menyiapkan kulit agar lebih mudah dalam menyerap skincare yang selanjutnya. Bagi anda yang memiliki masalah kulit wajah berjerawat bisa mencari produk toner yang memiliki kandungan yang bisa membantu mengatasi peradangan, mengatasi jerawat yang baru muncul dan membuat jerawat mengempis.

  • Penggunaan essence

Essence merupakan salah satu bagian dari skincare yang memiliki bahan dasar air yang konsentrasi bahan aktifnya cukup tinggi. Jenis skincare yang satu ini bisa menolong anda untuk membuat kulit wajah lebih lembab dan bisa membantu kulit untuk mudah menyerap produk sincare yang selanjutnya. Selain itu, menggunakan essence bisa membuat kulit wajah anda lebih ternutrisi, menenangkan serta bisa mengatasi penuaan pada kulit. Hal tersebut disebabkan essence memiliki kandungan gliserin, hyaluronic acid, juga vitamin c yang cukup tinggi. Anda bisa menggunakan essence sesaat setelah menggunakan toner atau juga bisa sesaat sebelum menggunakan serum pada kulit wajah anda. Anda hanya perlu menuangkan beberapa tetes produk essence pada telapak tangan terlebih dahulu. Kemudian, usapkan pada kulit wajah secara merata disertai dengan menepuk-nepuk kulit wajah dengan perlahan.

  • Menggunakan serum pada wajah

Serum merupakan salah satu produk skincare yang dianjurkan untuk anda gunakan. Serum memiliki tekstur yang cukup ringan akan tetapi memiliki konsentrasi zat aktif yang cukup tinggi. Anda bisa memilih serum sebab kandungan serum yang baik tersebut bisa menyerap lebih cepat ke dalam kulit wajah anda dibandingkan dengan krim wajah ataupun pelembab. Anda hanya perlu menuangkan beberapa tetes ke telapak tangan. Kemudian anda bisa mengaplikasikannya pada kulit wajah sampai bagian leher hingga merata pada seluruh bagian wajah. Anda bisa menepuk-nepuk permukaan wajah dengan perlahan hingga serum menyerap secara sempurna agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa serum harus dioleskan pada permukaan kulit wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar tidak menimbulkan permasalahan baru pada wajah.

  • Menggunakan mostuirizer atau pelembab

Anda bisa mengaplikasikan mostuirizer ataupun pelembab untuk membuat kulit wajah anda menjadi lembab dan halus. Bagi anda yang memiliki kulit wajah yang kering bisa memilih pelembab yang berbentuk krim. Sedangkan bagi anda yang memiliki kulit yang normal atau kombinasi bisa memilih krim yang memiliki tekstur lebih tebal. Lalu, bagi anda yang memiliki jenis kulit wajah yang berminyak bisa memilih pelembab yang memiliki tekstur yang berbentuk gel ataupun cair. Anda bisa mengaplikasikan pelembab tersebut pada bagian pipi, kemudian aplikasikan pada bagian wajah hingga ke bagian dahi yakni menggunakan gerakan yang memijat dengan perlahan-lahan. Namun, apabila dengan menggunakan serum ataupun toner sudah membuat kulit wajah anda menjadi lembab, anda boleh melewati penggunaan pelembab. Apalagi bagi anda yang memiliki kulit wajah yang berminyak bisa melewati penggunaan pelembab ini. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan tipe kulit anda agar tidak menyebabkan alergi.

  • Menggunakan sunscreen

Penggunaan skincare yang selanjutnya adalah sunscreen. Sebelum memulai aktivitas di pagi hari, anda bisa menggunakan sunscreen. Terutama bagi anda yang memiliki aktivitas di luar rumah. Paparan sinar matahari sepanjang hari bisa menimbulkan berbagai permasalahan kulit. Selain itu, penggunaan sunscreen juga bisa merawat kulit wajah anda dari penuaan dini karena sering terpapar oleh matahari langsung. Pilihlah sunscreen yang memiliki kandungan SPF 30. Anda hanya perlu mengaplikasikannya pada kulit wajah dengan memijat-mijatnya secara perlahan dan memulai gerakan memutar pada kulit wajah dengan pelan-pelan. Aplikasikan sunscreen 15 menit sebelum bepergian ke luar rumah supaya sunscreen bisa menyerap pada kulit.

  • Penggunaan make up remover pada skincare malam hari

Perawatan kulit menggunakan produk skincare diawali dengan menggunakan make up remover. Make up remover dapat berfungsi untuk membuat wajah bersih dari make up yang telah anda pakai seharian saat melakakuan berbagai aktivitas. Penggunaan make up remover bisa membantu anda merawat kesehatan kulit wajah dan mencegah timbulnya jerawat dari kosmetik yang masih menempel pada kulit wajah. Anda diperbolehkan memilih make up remover yang memiliki bahan dasar minyak yang bisa digunakan untuk menghilangkan make up yang memiliki kandungan minyak. Lalu, bagi anda yang memiliki tipe wajah berminyak berlebihan bisa memilih make up remover yang memiliki bahan dasar air supaya kulit wajah tidak makin berminyak.

  • Menggunakan pembersih wajah pada malam hari

Sebelumnya anda telah menggunakan make up remover untuk membersihkan kulit wajah. Akan tetapi, anda disarankan tetap mencuci wajah anda menggunakan sabun pembersih wajah untuk benar-benar memastikan bahwa tidak ada lagi kotoran, minyak hingga sisa kosmetik yang masih menempel pada kulit wajah anda. Anda bisa memilih micellar water atau cleansing oil sesuai dengan kebutuhan kulit anda untuk membersihkan siswa make up. Lalu, anda bisa mencuci muka dengan sabun pembersih muka dan bilas menggunakan air mengalir.

  • Gunakan eksfoliasi atau scrub wajah

Penggunaan scrub pada wajah bertujuan agar sel-sel kulit mati di kulit wajah anda bisa terangkat dan dibersihkan. Namun, anda perlu mengetahui bahwa anda tidak boleh melakukan scrub wajah terlalu sering karena bisa merusak kulit wajah anda. Anda dianjurkan hanya melakukan eksfoliasi maksimal dua kali selama seminggu untuk menjaga kulit wajah tetap sehat.

  • Menggunakan toner

Selanjutnya anda bisa menggunakan toner pada kulit wajah. Penggunaan produk toner ini bukan hanya dilakukan saat pagi hari saja. Namun sebelum anda tidur di malam hari juga disarankan untuk menggunakan toner wajah ini. Anda bisa menggunakan toner setelah kulit wajah anda bersih. Anda bisa memilih toner wajah yang memiliki kandungan gliserin, hyaluronic acid serta lactic acid yang bisa membuat kulit wajah anda lembab semalaman saat tidur.

  • Menggunakan serum wajah atau essence

Penggunaan serum wajah ataupun essence di malam hari memiliki kegunaan untuk membuat kulit wajah menjadi halus dan juga lembab. Setelah essence menyerap sempurna ke kulit wajah anda, maka anda bisa menggunakan serum pada kulit wajah.

  • Menggunakan eye cream

Pada malam hari menjelang tidur, anda bisa menggunakan krim mata. Krim tersebu merupakan produk skincare yang penting dilakukan saat malam tiba. Hal tersebut utamanya bagi anda yang memiliki keluhan kerutan di sekitar mata, mata panda hingga kantung mata. Anda bisa memilih krim mata yang memiliki kandungan konsentrat yang tinggi contohnya saja seperti peptida dan juga antioksidan. Cara penggunaannya pun sangat mudah, anda hanya perlu mengaplikasikan kulit di sekitar bawah mata dengan pelan-pelan agar tidak mengenai bagian mata anda.

  • Menggunakan krim malam dan sleeping mask

Penggunaan krim pada malam hari bertujuan untuk menggantikan kegunaan pelembab yang biasa anda gunakan pada perawatan wajah di pagi hari. Krim yang digunakan untuk malam hari biasanya juga di dalamnya terdapat beberapa jenis kandungan yang dibuat khusus untuk menghilangkan noda hitam di wajah, mencegah kerutan hingga membuat kulit menjadi lebih lembab. Lalu, sleeping mask sendiri bisa menjadi pilihan skincare malam karena memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit anda. Penggunaan kedua produk skincare ini bisa membantu wajah menjadi makin lembab selama tidur. Anda hanya perlu mengaplikasikan krim malam pada kulit wajah sampai bagian leher dengan cara memijitnya pelan-pelan. Kemudian anda bisa menggunakan sleeping mask, anda juga tidak perlu membilasnya karena kandungan pada sleeping mask telah masuk ke dalam kulit wajah anda selama semalam.

  • Menggunakan face oil

Penggunaan face oil bisa menjadi penutup dalam rangkaian skincare yang bisa anda gunakan saat malam hari. Face oil ini memiliki fungsi untuk mencegah kulit wajah anda menjadi lengket dan berminyak berlebihan. Anda hanya perlu menuangkannya pada telapak tangan dan menepuk-nepuk pelan-pelan di kulit wajah secara merata. Namun, bagi anda yang memiliki jenis kulit yang memproduksi minyak berlebih tidak dianjurkan untuk menggunakan face oil. Penggunaan face oil pada wajah berminyak bisa menimbulkan jerawat.

Urutan skincare pagi untuk remaja

Urutan skincare pagi untuk remaja yakni sebagai berikut:

  • Menggunakan facial wash

Bagi anda remaja yang hendak melakukan perawatan wajah menggunakan skincare pada pagi hari sebainya memulainya dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Saat bangun tidur di pagi hari anda akan menemui kulit wajah anda lebih berminyak dari biasanya. Sebab saat pagi hari kulit anda masih menyimpan sisa-sisa kotoran dan skincare semalam. Dengan menggunakan sabun cuci wajah akan membuat wajah anda bersih dari sisa-sisa minyak yang terdapat pada kulit wajah. Sabun pencuci wajah juga akan terlihat segar dan siap untuk menggunakan produk skincare yang lain. Anda bisa memilih facial wash yang tepat untuk kulit wajah anda. Produk facial wash yang bisa anda pilih yakni biokos white n clear granular cleansing foam.

  • Menggunakan toner

Mungkin menurut beberapa orang menggunakan toner tidak terlalu penting dalam rangkaian skincare rutin. Namun, perlu anda ketahui bahwa dengan menggunakan toner akan membuat pH pada kulit anda tidak menjadi kering setelah mencuci kulit wajah serta menjaga kelembaban kulit wajah anda. Anda bisa memilih toner dari sariayu yang bisa membuat pH kulit kembali sehingga siap untuk pemakaian produk skincare selanjutnya.

  • Penggunaan serum

Serum merupakan produk yang sering menjadi pilihan utama dalam serangkaian produk skincare. Serum terbukti bisa membantu mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah anda. Bagi anda yang memiliki permasalahan pada kulit yang berjerawat bisa memilih serum yang memiliki kandungan anti jerawat seperti niacinamide, salicylic acid, dan centella asiatica. Anda juga bisa memilih serum yang memiliki kandungan bahan alami layaknya tea tree, tamanu, dan lemon.

  • Menggunakan mostuirizer

Mostuirizer atau yang sering disebut pelembab dianggap bisa menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak apalagi saat digunakan pada pagi hari. Anggapan tersebut tidak benar sebab pelembab memiliki fungsi untuk memberikan nutrisi pada kulit wajah. Dengan demikian kulit wajah menjadi halus, sehat, lembab, dan menaikkan produksi protein keratin di kulit. Anda harus memilih pelembab yang cocok untuk wajah agar tidak menyebabkan kulit wajah berminyak. Pelembab yang tepat justru bisa membuat kulit wajah tidak lenket justru terlihat glowing. Anda bisa memilih pelembab seperti biokos pure balance clarifying lotion untuk membantu anda menyeimbangkan produksi minyak pada kulit wajah.

  • Pemakaian sunscreen

Tahap terakhir dalam skincare di pagi hari yakni penggunaan sunscreen. Penggunaan sunscreen pada remaja memiliki kegunaan untuk menjaga kulit wajah anda dari paparan sinar matahari yang memiliki dampak kurang baik yakni menimbulkan keriput, kulit menjadi terbakar, hingga noda hitam. Penggunaan sunscreen sejak usia remaja akan sangat bermanfaat untuk kedepannya. Pilihlah sunscreen yang memiliki kandungan SPF 30 hingga SPF 50. Anda hanya perlu mengoleskan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari secara langsung. Apabila sunscreen hilang terkena air, jangan lupa untuk menggunakannya kembali.

Urutan skincare emina pagi dan malam untuk remaja

Urutan skincare emina pagi dan malam untuk remaja yakni sebagai berikut:

  • Pilih dulu skincare yang tepat untuk kulit anda

Sebelum menggunakan skincare ada baiknya anda memilih skincare sesuai dengan kebutuhan kulit anda. Terdapat 4 jenis kulit yang dimiliki oleh setiap orang. Yang pertama yakni jenis kulit normal. Jenis kulit normal ditandai dengan keseimbangan antara minyak dan air pada kulit wajah. Dengan demikian kulit wajah tidak terlalu kering namun juga tidak terlalu berminyak. Kulit normal ditandai juga dengan kulit yang nampak bercahaya, memiliki pori-pori yang kecil, dan tidak terlalu sensitif. Jenis kulit yang kedua yakni jenis kulit berminyak. Jenis kulit yang satu ini terlihat mengkilap serta licin. Hal tersebut dikarenakan kulit wajah memproduksi sebum yang sangat berlebih. Dengan demikian kulit wajah nampak begitu mengkilap, memiliki pori-pori yang cukup besar, kusam serta komedo dan berjerawat. untuk jenis kulit yang ketiga yakni jenis kulit kering. Jenis kulit yang satu ini memiliki kelenjar sebum yang memproduksi minyak dalam jumlah yang sedikit. Jika tidak dirawat dengan baik, kulit kering akan nampak kering, gatal, bersisik, pecah-pecah sampai meradang. Yang terakhir adalah jenis kulit kombinasi. Jenis kulit yang satu ini merupakan gabungan antara jenis kulit berminyak dan jenis kulit kering. Area hidung, dahi dan dagu merupakan area kulit yang berminyak. Sedangkan di area pipi akan nampak jenis kulit kering. Anda bisa mengantisipasi pemilihan skincare emina dengan cara melakukan uji coba terlebih dahulu dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit yang ada di belakan daun telinga. Jangan langsung mengaplikasikannya pada kulit wajah anda.

  • Lihat review skincare

Saat ini tentu banyak review atau ulasan setiap penggunaan produk skincare emina di google ataupun di youtube. Anda bisa melihat berbagai ulasan tersebut untuk dapat memilih dan memilah mana skincare emina yang aman untuk kulit wajah dan mana yang sebaiknya tidak anda gunakan.

  • Mencoba menggunakan satu produk emina terlebih dulu

Bila anda belum yakin dengan produk emina mana saja yang cocok untuk kulit wajah anda. Anda bisa mencoba untuk menggunakan satu produk emina terlebih dahulu. Hal ini berlaku jika anda memiliki jenis kulit yang sensitif. Anda bisa memilih produk emina yang memiliki jenis konsentrasi bahan aktif yang paling tinggi contohnya saja serum serta night cream.

  • Mengawali penggunaan skincare pagi hari dengan cleanser

Sebelum mencoba menggunakan produk emina lain, anda disarankan untuk menggunakan emina bright stuff face wash. Produk tersebut memiliki manfaat untuk menghilangkan sisa kosmetik, noda dan minyak yang terdapat pada kulit wajah anda. Emina bright stuff face wash dipercaya cocok digunakan untuk berbagai jenis kulit. Sedangkan bagi anda yang memiliki kulit wajah yang berminyak bisa menggunakan emina double bubble face wash.  Anda disarankan untuk menggunakan cleanser tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, penggunaan rutin bisa membuat kulit wajah anda terhindar dari kotoran dan bisa membuat kulit wajah lebih cerah.

  • Menggunakan toner emina

Setelah penggunaan cleanser, anda bisa memakai toner dari emina. Emina bright stuff face toner mempunyai kandungan non alkohol dan membuat pH kulit menjadi lebih seimbang.  Toner yang dimiliki oleh emina memiliki kandungan vitamin B3 yang bisa membuat kulit wajah anda menjadi lebih cerah. Selain itu kandungan non alkoholnya bisa menjadikan kulit wajah anda lebih segar. Toner dari emina ini bisa membuat kulit wajah menjadi lembab sehingga tidak membuat kulit memproduksi minyak secara berlebih dan tidak membuat kulit menjadi kusam. Anda bisa menggunakan toner ini secara rutin agar pori-pori pada kulit wajah menjadi lebih kecil.

  • Menggunakan mostuirizer

Penggunaan moistuirizer atau pelembab membantu wajah anda menjadi lebih lembab. Anda bisa menggunakan emina bright stuff moistuirizing cream. Pelembab ini memiliki kandungan vitamin E dan summer plum. Kandungan tersebut bisa menjaga kulit wajah anda dari sinar matahari. Pelembab dari emina ini juga bisa melengkapi kandungan UVB filter dan UVA. Kandungan pelembab dari emina ini dianggap cukup ringan sehingga anda akan merasa nyaman jika menggunakannya sehari-hari. Emina bright stuff moistuirizing cream dianggap cocok untuk berbagai jenis kulit. Namun, jika kulit wajah anda berjerawat sebaiknya memilih emina Ms. Pimple acne solution moisturizing gel yang bisa menyembuhkan jerawat.

  • Menggunakan sunscreen

Bagi anda yang melakukan aktivitas di dalam atau di luar rumah tetap harus menggunakan sunscreen. Terutama bagi anda yang bekerja di bawah sinar matahari secara langsung. Anda bisa memilih emina sun protection yang memiliki kandungan SPF 30 dan PA+++ yang bisa merawat kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Sunscreen dari emina ini cukup praktis untuk anda bawa kemana saja. Kandungan formulanya yang cukup ringan juga mudah terserap ke kulit anda. Sehingga bisa digunakan secara rutin setiap hari.

  • Mengawali skincare malam hari dengan menggunakan cleanser

Tak jauh berbeda dengan pemakaian skincare pada pagi hari, anda bisa menggunakan cleanser untuk mengawali skincare rutin. Pada malam hari anda bisa memilih emina micellar water serta emina bright stuff face wash untuk membersihkan sisa kosmetik pada kulit wajah anda. Produk cleanser emina bisa mengangkat berbagai sisa kotoran dan minyak pada kulit wajah anda.

  • Menggunakan scrub

Untuk tahapan setelah membersihkan kulit wajah dengan teknik double cleansing, anda bisa melakukan eksfoliasi pada kulit dengan memakai emina apricot jam face scrub. Eksfoliasi memiliki tujuan untuk membersihkan sel-sel kulit mati pada kulit wajah yang sering menjadi penyebab kulit menjadi kusam. Gunakan produk ini maksimal dua kali dalam seminggu, jangan terlalu sering. Anda bisa mengombinasikannya dengan minyak zaitun agar lebih efektif lagi dalam menghilangkan sel kulit mati dan membuat kulit wajah lebih segar.

  • Menggunakan toner

Anda bisa menggunakan produk emina sebanyak dua kali yakni saat pagi hari dan malam. Penggunaan toner ini bisa menjaga kulit tetap lembab. Kandungan vitamin B3 nya bisa membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. Kandungan pH balance nya bisa membuat kulit lebih sehat dan lebih seimbang.

  • Menggunakan face mask

Face mask dari emina bisa membantu membuat kulit lebih ternutrisi dan lebih lembab. Emina bright stuff essence sheet mask adalah masker satu kali pakai. Masker dari emina ini membuat kulit lebih cerah karena kandungan vitamin B3 yang bisa membuat kulit lebih halus. Masker yangpertama bernama emina masqurade face mask rice yang memiliki kandungan rice extract yang bisa membantu membuat kulit wajah lebih cerah dan lebih lembab. Yang kedua, emina masqurade face aloevera yang memiliki kandungan aloevera yang bisa membantu menjaga kesegaran pada kulit wajah. Yang ketiga, emina masqurade face pomegranate yang memiliki kandungan ekstrak pomegranate yang terkenal dengan kandungan antioksidannya serta berguna untuk menjaga kulit agar tetap terlihat cerah. Yang keempat adalah emina masqurade face mask tea tree oil yang memiliki kegunaan untuk mengatur produksi minyak pada kulit wajah sehingga mencegah kulit wajah menjadi berjerawat. yang terakhir adalah emina masqurade face sunflower seed oil yang memiliki kandungan ekstrak biji bunga matahari yang bisa membuat kulit wajah lebih kencang dan mencegah kulit agar tidak kusam.

Urutan skincare pagi untuk remaja bisa anda simak dari pemaparan-pemaparan di atas. Anda bisa menerapkan skincare rutin untuk kulit remaja dengan tetap memperhatikan kandungan-kandungan yang tertera dalam produk skincare aman untuk kulit wajah remaja. Anda juga bisa mengonsultasikannya dengan dokter atau dengan ahli kecantikan yang bisa memberikan saran yang tepat untuk produk skincare yang cocok untuk anda gunakan. Sebab terdapat berbagai jenis kulit yang harus mendapat produk skincare yang tepat jika ingin kulit wajahnya tidak rusak.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.