5 Vitamin yang Bagus untuk Ibu Hamil Trimester 1 2 3

Vitamin yang Bagus untuk Ibu Hamil
Vitamin yang Bagus untuk Ibu Hamil

Kehamilan menjadi momen paling membahagiakan bagi perempuan. Pada awal kehamilan ibu hamil harus memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin untuk mendukung pertumbuhan janin. Seringkali ibu mengalami kebingungan untuk memilih vitamin yang bagus untuk ibu hamil yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Bunda tak perlu lagi khawatir karena telah banyak beredar vitamin yang khusus dibuat untuk ibu hamil. Bunda harus selalu menjaga kesehatan selama hamil agar sang janin juga senantiasa sehat. Gizi dan vitamin sebenarnya dapat diperoleh dari sayur dan buah-buahan. Namun, seringkali ibu hamil membutuhkan suplemen vitamin untuk mencukupi kebutuhan hariannya. Ibu yang memiliki kondisi kekurangan gizi, komplikasi nutrisi, menjalani diet ekstrem dan dikaruniai janin kembar hendaknya didukung dengan pemenuhan nutrisi dan vitamin.

Vitamin yang Bagus untuk Ibu hamil trimester 1

Vitamin hamil terdiri dari beragam kandungan. Untuk memilih vitamin yang tepat untuk ibu hamil hendaknya harus terlebih dahulu memahami kebutuhan nutrisi sang ibu. Vitamin hamil trimester 1 yang dibutuhkan seringkali berkaitan dengan kesehatan sang ibu dan janin agar tidak mudah keguguran. Karena pada kehamilan awal seringkali ditemui kasus janin yang lemah. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, sang ibu hendaknya memenuhi kebutuhan vitamin sebagai berikut:

  • Kalsium

Vitamin hamil trimester 1 yang pertama yakni kalsium. Kalsium dibutuhkan oleh ibu dan janin karena dapat mencegah sang ibu osteoporosis dan membantu pertumbuhan tulang pada janin.

  • Asam folat

Vitamin hamil trimester 1 yang kedua adalah asam folat. Kandungan asam folat mampu mencegah sang janin lahir dengan tubuh yang tidak normal atau cacat. Kandungan asam folat memiliki pengaruh besar untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang. Kecacatan pada tabung syaraf sering berkembang sejak trimester 1 atau bahkan sebelum sang ibu mengetahui kehamilannya. Asam folat dapat ditemui pada sayur-sayuran yang berdaun hijau, jeruk, lemon, dan kacang-kacangan. Beberapa kasus cacat lahir seperti penyakit jantung bawaan dan bibir sumbing terjadi karena sang janin kekurangan asam folat.

  • Zat besi

Vitamin hamil trimester 1 selanjutnya adalah zat besi. Zat besi memiliki manfaat besar bagi sang ibu. Zat besi mampu membantu sang ibu menghasilkan banyak sel darah merah. Sel darah merah tersebut akan membawa oksigen ke dalam tubuh janin sehingga akan membantu tumbuh kembang secara maksimal.

  1. Yodium

Vitamin hamil trimester 1 yang keempat yakni yodium. Yodium seringkali terlupakan padahal keberadaanya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Yodium mampu mencegah keguguran terutama pada trimester 1. Selain itu juga dapat membantu kelancaran pertumbuhan fisik bayi dan mencegah tuli pada bayi.

  1. Omega 3

Vitamin hamil trimester 1 yang terakhir yakni asam lemak omega 3. Omega 3 mengandung DHA dan EPA yang berasal dari kacang-kacangan dan ikan yang berlemak. Omega 3 sangat membantu menghilangkan resiko kelahiran cacat dan berat badan bayi yang rendah saat lahir.

Vitamin yang Bagus untuk Ibu hamil folamil

Vitamin hamil yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah folamil. Vitamin hamil folamil merupakan suplemen yang memiliki kandungan multivitamin dan mineral yang lengkap dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil dan menyusui. Kandungan utama folamil adalah asam folat yang mendukung pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan sang ibu. Folamil juga mengandung vitamin B kompleks, DHA, dan beta karoten. Sedangkan secara lengkap folamil memiliki kandungan nicotinamide, vitamin B2, Vitamin B1, asam folat, beta karoten, vitamin B6, Kalsium, vitamin B12, vitamin D3, DHA, ARA, biotin, dan vitamin K1. Namun penggunaan folamil harus sesuai dengan konsultasi dokter, terutama bagi ibu yang sedang mengonsumsi obat-obatan, memiliki kondisi kehamilan yang bermasalah,  sang ibu memiliki kondisi kesehatan atau penyakit, dan memiliki alergi. 

Vitamin yang Bagus untuk Ibu hamil muda

Vitamin hamil sangat diperlukan baik sejak trimester 1 hingga trimester 3. Vitamin hamil muda tidak memiliki banyak perbedaan dengan kebutuhan vitamin hamil di usia hamil tua. Vitamin yang dibutuhkan pada usia hamil muda yakni:

  • Vitamin B yang Bagus untuk Ibu Hamil

Vitamin hamil muda yang pertama adalah kebutuhan vitamin B. Kebutuhan vitamin B saat hamil akan sangat meningkat karena vitamin B berperan penting pada pertumbuhan janin. Salah satunya adalah vitamin B9 yang bermanfaat membantu pertumbuhan sel-sel darah merah, pembentukan DNA, dan menjaga imun tubuh. Untuk mendapatkan vitamin B anda dapat mengonsumsi kentang, brokoli, jeruk dan sawi.

  • Vitamin A

Vitamin hamil muda yang kedua yakni vitamin A. Vitamin A memiliki manfaat untuk meningkatkan imun tubuh dan membentuk tulang serta gigi. Anda dapat memenuhi vitamin A untuk tubuh dengan mengonsumsi wortel, daging ayam, singkong, dan pepaya.

  • Vitamin C

Vitamin hamil muda yang selanjutnya yakni vitamin C. Vitamin C memiliki manfaat untuk membantu menyerap zat besi. Vitamin C juga mencegah anemia pada sang ibu dan membantu membentuk persendian bayi.

Vitamin hamil yang bagus 

Vitamin hamil kini memiliki banyak ragam yang beredar di apotek. Vitamin hamil yang bagus tentunya memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang lengkap. Vitamin yang baik tentunya dapat membantu kesehatan ibu hamil dan membantu pertumbuhan janin. Berikut merupakan vitamin yang bagus untuk ibu hamil:

  • Folic acid hearts

Vitamin hamil yang bagus folic acid hearts memiliki kandungan asam folat di tiap tabletnya. Suplemen ini direkomendasikan untuk perempuan hamil dan janin yang ada di dalam kandungan. Ibu hamil yang sering mengalami anemia sangat direkomendasikan mengonsumsi suplemen tersebut.  Selain itu, suplemen ini mampu menjaga kesehatan pembuluh darah, jantung, syaraf, dan pencernaan.

  • Blackmores pregnancy & breast feeding gold

Vitamin hamil yang bagus selanjutnya yakni Blackmores pregnancy & breast feeding gold. Vitamin tersebut sudah sangat terkenal memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Suplemen tersebut mampu mencegah pendarahan saat hamil dan meningkatkan vitamin B6 pada tubuh sang ibu.

  • Folavit

Vitamin hamil yang bagus yang terakhir adalah folavit. Folavit mengandung asam folat yang tinggi sehingga mencegah kecacatan pada sistem syaraf pada janin yang seringkali terjadi pada awal kehamilan.

Vitamin hamil blackmores

Vitamin hamil blackmores merupakan salah satu vitamin hamil yang terkenal dengan kandungan nutrisinya yang baik. Blackmores menjadi merk suplemen yang memiliki kualitas terbaik di dunia. Blackmores dikenal sebagai suplemen yang dapat meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan. Berikut adalah ragam vitamin blackmores dan manfaatnya:

  1. Vitamin hamil blackmores ginkgo action memiliki manfaat untuk menjaga daya ingat pada otak dan meningkatkan oksigen, darah dan memberi nutrisi pada otak.
  2. Vitamin hamil blackmores lutein vision memiliki kandungan antioksidan yang dapat memilihara kesehatan mata dan mencegah rabun dekat.
  3. Vitamin hamil blackmores joint formula advanced memiliki fungsi untuk menghilangkan nyeri sendi. Kandungan glukosamin dan kondroitin yang terdapat dalam suplemen ini sangat membantu kesehatan sendi.
  4. Vitamin hamil blackmores pregnancy dan breastfeeding gold memiliki kandungan nutrisi yang mendukung kesehatan bayi terutama 1000 hari awal kehidupannya.

Vitamin hamil trimester 2

Vitamin hamil promavit dianggap bagus untuk dikonsumsi ibu hamil terutama digunakan sebagai vitamin hamil trimester 2. Promavit memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Vitamin A menjadi kebutuhan vitamin ibu hamil karena dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin A dapat memelihara kesehatan mata dan kulit. Vitamin D juga terkandung dalam promavit. Vitamin D berfungsi untuk memelihara tulang ibu hamil dan membantu perkembangan janin. Sedangkan, asam lemak omega 3 dalam promavit menolong perkembangan otak pada janin sehingga saat lahir bayi memeperoleh otak yang berfungsi dengan optimal.

Vitamin hamil trimester 3

Vitamin hamil prenatal biasanya direkomendasikan sebagai vitamin hamil trimester 3. Vitamin prenatal yang pertama yakni gummy prenatal vitamin. Vitamin tersebut memiliki tekstur yang lembut dan dapat mencegah sembelit dan mual pada ibu hamil. Vitamin yang kedua adalah vitamin prenatal protein shake. Vitamin tersebut sangat membantu kebutuhan protein yang dibutuhkan ibu hamil. Namun, dalam mengonsumsi tetap harus dengan konsultasi dokter. Vitamin prenatal juga tersedia dalam bentuk serbuk. Vitamin yang satu ini berguna untuk mencegah rasa mual yang sering muncul pada ibu hamil.

Pemaparan berbagai vitamin untuk ibu hamil di atas diharapkan mampu menambah referensi bagi ibu-ibu hamil. Sebab banyaknya vitamin yang bagus untuk ibu hamil di luar sana justru membuat banyak ibu kebingungan. Berbagai kebutuhan nutrisi pada ibu hamil harus selalu dipantau terutama oleh dokter yang lebih ahli dalam menangani kesehatan ibu hamil. Hal tersebut untuk mencegah hal-hal buruk yang bisa saja terjadi pada ibu dan janin karena setiap ibu memiliki keadaan yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.