Waspada! Gejala Tipes Pada Anak

gejala tipes pada anak

Keluarga Sehat, apakah ada anggota keluarga yang pernah sakit tipes? bagaimana dengan anak-anak? Apakah semuanya sudah tahu gejala tipes pada anak? Memang tipes merupakan penyakit yang umum pada anak kecil. Umumnya gejala tipes pada anak itu bisa datang secara tiba-tiba, bisa juga bertahap selama beberapa minggu lamanya. Maka karena itu, setiap orangtua harus dibekali dengan pengetahuan cukup tentang tipes, supaya tak terlambat melakukan perawatan.

Adapun sakit tipes atau dikenal juga dengan sebutan demam tifoid, disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Jenis bakteri ini umumnya dapat berkembang di dalam berbagai minuman atau makanan yang diolah kurang matang dan kurang higienis.

Umumnya gejala tipes pada anak dapat muncul sekitar semingguan setelah seorang anak terinfeksi bakteri penyebab tipes itu sendiri. Pada saat terserang tipes, maka anak bisa mengalami gejala yang cukup ringan sampai cukup berat kondisinya.

Gejala Sakit Tipes

Di bawah ini adalah beberapa gejala tipes pada anak yang umum, sehingga bisa segera diputuskan untuk mendapatkan perawatan :

Demam yang lebih dari satu minggu
Anak mual dan muntah
Anak mengeluh sakit perut
Ada gangguan pencernaan, anak bisa sembelit atau diare
Anak mengeluh lemas dan pegal-pegal
Merasa sakit kepala
Terasa nyeri tenggorokan
Jadi kehilangan nafsu makan
Pada lidah muncul lapisan berwarna keputihan

Biasanya jika anak terkena tipes, akan mengalami penurunan berat badan dan pembesaran limpa dan hati. Bahkan juga bisa dehidrasi karena anak kurang minum air. Namun jika gejala ini diobati dengan cepat, maka sebelum satu bulan semua gejala akan hilang. Kemudian saat anak tak mendapatkan pengobatan yang tepat, maka gejala tipes akan menetap sampai lebih dari sebulan. Juga bisa menyebabkan kompilkasi seperti : pendarahan pada lambung dan usus, ada luka pada usus, syok, koma, bronkhitis, meningitis dan juga peritonitis.

Semua komplikasi tersebut sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kematian. Itulah sebabnya perlu perawatan tepat yang segera untuk menyelamatkan nyawa si kecil.

Bagaimana Penanganan Tipes pada Anak yang Tepat

Ketika anak mengalami gejala tipes yang telah disebutkan sebelumnya, maka segera bawa anak ke dokter atau dibawa ke rumah sakit terdekat. Supaya bisa menjalani pemeriksaan dari dokter, lalu mendapatkan penanganan yang tepat sesuai kebutuhannya. Supaya bisa mendiagnosis gejala tipes pada anak dengan tepat, maka akan dilakukan beberapa pemeriksaan fisik dan juga beberapa pemeriksaan tambahan. Misalnya pemeriksaan widal, tes darah dan juga urin, serta tes darah dan kultur feses. Setelah diketahui bahwa gejala tipes pada anak tersebut memang karena tipes, maka akan dilakukan perawatan medis yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.