Waspada Jika Napas Bayi Baru Lahir Berbunyi

waspada napas bayi baru lahir berbunyi

Keluarga sehat, pasti gemas melihat bayi kan? Tapi kadang napas bayi baru lahir berbunyi, apakah itu tidak apa-apa? Memang napas bayi baru lahir berbunyi sesekali adalah normal, namun ada kondisi di mana kita harus waspada sebab bisa jadi pertanda penyakit. Apalagi jika ada gejala lain.

Jangan merasa panik apabila napas bayi yang baru lahir berbunyi atau juga terdengar seperti mendengus. Terjadi karena bayi baru lahir memerlukan waktu beradaptasi untuk bernapas menggunakan hidungnya. Adapun kondisi ini biasanya akan berlangsung selama beberapa minggu saja.

Kapan Waspada Jika Napas Bayi Baru Lahir Berbunyi?

Penyebab napas berbunyi pada bayi kadang disebabkan oleh adanya lendir dalam hidung mereka. Sebab saluran napas bayi itu belum bisa membersihkan sendiri lendir dalam hidung dengan baik, akhirnya aliran udara saat bernapas melalui hidung akhirnya berbunyi keras.

Kemudian saluran napas bayi baru lahir juga masih berukuran sempit. Itulah yang membuat lendir mudah terjebak di jalan napas dan jadi menimbulkan suara ketika ia bernapas setiap hari.

Tapi harus hati-hati, sebab napas berbunyi pada bayi baru lahir kadang menandakan ada kesulitan bernafas. Misalnya saja adalah bronkiolitis. Umumnya kondisi ini dibarengi dengan gejala lain, misalnya bayi tampak sesak dan pucat, terlihat bibirnya kebiruan dan demam.

Penyebab dan Gejala Bronkiolitis

Yang disebut Bronkiolitis adalah kondisi peradangan akibat infeksi virus pada bronkiolus (saluran pernapasan terkecil yang ada di dalam paru-paru). Biasanya bronkiolitis memang sering terjadi pada anak-anak yang usianya di bawah 2 tahun dan bayi yang baru lahir pun bisa mengalami.

Gejala bronkiolitis adalah :

Batuk
Hidung tersumbat
Mengeluarkan banyak lendir (ingus) di hidung
Menaik napas pendek dan cepat lebih dari dua hari
Muncul mengi
Demam
Anak rewel dan sulit tidur
Walau bronkiolitis umumnya ringan, namun bayi dengan kondisi tertentu ternyata bisa mengalami bronkiolitis yang parah juga, contohnya pada bayi yang terlahir prematur atau menderita penyakit jantung bawaan. Bisa juga pada bayi yang memiliki cacat bawaan lahirnya.

Penanganan Bronkiolitis

Jika napas bayi baru lahir berbunyi disebabkan oleh bronkiolitis, maka harus mendapat perawatan medis ya. Kemudian jika bayi tampak sesak, maka dokter akan melakukan penyedotan lendir yang ada di jalan napas bayi. Apabila diperlukan, maka nantinya dokter juga bisa memberikan oksigen kepada bayi juga, selain itu cairan infus supaya memenuhi kebutuhan air tubuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.