Yang Harus Diketahui Dari Tes Mata Silinder

Keluarga Sehat, begitu banyak orang yang tidak paham bahwa tes mata silinder itu penting. Utamanya jika keluhan yang diakibatkan mata silinder dianggap wajar. Sebenarnya upaya penanganan sejak dini mampu membuat kondisi mata silinder jadi lebih terpantau.

Mata silinder atau astigmatisme kondisi saat lengkung lensa mata tidak terbentuk sempurna. Jadi orang dengan mata silinder biasanya memiliki kornea melengkung lebih tajam ke satu arah dibandingkan dengan yang lain. Kemudian biasanya orang yang mengalami mata silinder cenderung mengalami rabun dekat atau rabun jauh.

Berbagai Jenis Tes Mata Silinder

Adapun mata silinder bisa saja terjadi saat lahir atau bisa juga muncul setelah menderita penyakit tertentu. Ada juga yang muncul setelah operasi, atau karena cedera mata. Namun dalam kondisi tertentu, ternyata astigmatisme juga bisa terjadi karena suatu kondisi langka yang disebut keratokonus, yaitu kondisi di mana kornea menipis dan menyerupai kerucut. Tetapi pastinya kondisi ini tidak akan terjadi akibat duduk terlalu dekat saat menonton TV, atau membaca di lampu remang.

Ini adalah tes mata silinder yang bisa dilakukan di dokter :

Tes ketajaman penglihatan

Biasanya dokter akan meminta pasien membaca huruf pada papan dengan jarak agak jauh. Adapun tes ini dilakukan supaya bisa mengetahui seberapa tajam penglihatan pasien.

Tes pembiasan

Tes yang satu ini dengan menempatkan beberapa lensa berbeda di depan mata menggunakan phoropter. Jadi lensa ini berguna mengukur bagaimana kemampuan mata memfokuskan cahaya. Kemudian dokter biasanya menggunakan retinoskop, gunanya untuk melihat bagaimana reaksi mata pasien fokus pada cahaya.

Tes pengukuran kelengkungan kornea

Adapun tes ini merupakan salah satu tes mata silinder menggunakan keratometer. Jadi alat ini berfungsi untuk mengukur pantulan cahaya pada permukaan kornea, setelah itu ditentukan apakah mata termasuk mata silinder atau bukan.

Biasanya setelah melakukan tes mata silinder, kemudian dokter akan memberikan perawatan lanjutan, Membuat resep kaca mata atau lensa khusus bagi penderita mata silinder. Tak hanya itu, kemudian dokter juga bisa saja merekomendasikan operasi. Disesuaikan dengan kondisi mata silinder yang diderita pasien tadi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.