Berita Utama

Mata Perih Saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mata perih saat bangun tidur sering dialami oleh siapapun. Orang-orang yang mengalami hal ini selalu merasa tak nyaman. Tentunya, bukan tanpa sebab orang merasakan perih pada mata ketika bangun tidur.

Selain itu, ada pula solusi untuk mengatasi mata yang perih. Artikel ini membahas penyebab dan solusi mata terasa sangat perih saat seseorang bangun dari tidur. Simak informasinya berikut ini.

Penyebab Mata Terasa Perih Saat Seseorang Bangun Tidur

Penyebab mata terasa sangat perih ketika bangun tidur yakni adanya kotoran yang masuk ke mata. Selain itu, seperti dijelaskan dalam alodokter.com, penyebab lainnya adalah:

  • Sindrom mata kering. Sindrom ini menyebabkan mata menjadi perih atau sakit. Sindrom mata kering dialami oleh siapapun baik tua maupun muda. Sindrom ini disebut juga dengan nama dry eye.
  • Alergi. Kotoran atau debu yang masuk ke mata bisa berdampak buruk terhadap mata. Mata mengalami alergi. Alergi tersebut menimbulkan rasa yang sangat nyeri. Selain nyeri, alergi juga membuat mata seseorang terasa sangat gatal.
  • Bulu mata mengenai bola mata. Bulu mata bisa saja mengenai bola mata. Ini terjadi saat bulu mata tumbuh ke dalam mata. Istilah medisnya, trichiasis. Akibatnya, mata akan terasa sangat perih.
  • Peradangan. Peradangan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan mata perih saat bangun tidur. Peradangan terjadi karena adanya infeksi bakteri atau virus. Infeksi tersebut akan membuat mata mengalami gatal dan perih.
  • Tidak rutin menggunakan kacamata. Perilaku tidak rutin menggunakan kacamata bagi mereka yang kurang bagus penglihatan menyebabkan mata perih.
  • Tidak rajin berkonsultasi ke dokter. Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan rajin berkonsultasi ke dokter mata. Dengan begitu, kesehatan mata bisa terjaga.
  • Fotokeratitis. Jika mata terasa sangat sakit atau perih ketika bangun tidur bisa jadi itu karena fotokeratitis. Fotokeratitis adalah kondisi mata terpapar sinar matahari secara berlebihan. Akibatnya terjadi sensasi terbakar pada mata.
  • Kelopak mata meradang. Kelopak mata yang mengalami peradangan bisa membuat mata mengalami perih. Jika saat bangun tidur mata terasa sangat perih bisa jadi itu karena kelopak mata meradang.

Cara Mengatasi Mata Perih Ketika Bangun Tidur

Mata yang terasa perih pada saat bangun tidur bisa diatasi dengan menerapkan perilaku sehat. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Pertama, istirahat yang cukup. Sangat disarankan agar seseorang bisa mengatur waktu istirahat. Istirahat yang cukup bisa membuat mata tidak mengalami perih atau sakit.
  • Selain istirahat yang cukup, hindari mata dari lingkungan berdebu atau kotor. Pasalnya, lingkungan yang berdebu dan tidak steril akan menimbulkan alergi pada mata. Alergi tersebut membuat mata mengalami perih.
  • Jaga jarak baca. Seringkali orang tidak memperhatikan jarak baca. Padahal membaca terlalu dekat dengan bacaan kurang bagus untuk kesehatan mata.
  • Gunakan kacamata secara rutin. Ini khusus untuk orang-orang yang mengalami penurunan penglihatan. Sangat disarankan agar menggunakan kacamata minus secara rutin. Jika tidak mata akan terasa perih.
  • Cara terbaik yang dilakukan adalah hindari efek radiasi cahaya ponsel pada mata. Efek radiasi cahaya ponsel bisa berdampak negatif. Mata menjadi perih. Karena itu, hindari mata dari efek radiasi cahaya ponsel tersebut.
  • Cara mengatasi mata perih saat bangun tidur yang terbaik adalah berobat ke dokter mata. Dengan berobat ke dokter mata, seseorang akan mendapat perawatan yang tepat.

Itulah pembahasan mengenai beberapa penyebab mata perih saat bangun tidur. Selain itu, diulas juga tentang solusi berupa cara-cara mengatasi mata yang perih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button