Berita Utama

5 Penyebab Kerutan di Bawah Mata Pada Remaja dan Cara Mengatasinya

Salah satu permasalahan penampilan yang sering dialami oleh sebagian orang yakni adanya kerutan di bawah mata. Hal ini juga bisa dialami oleh para remaja. Sebenarnya, penyebab kerutan di bawah mata pada remaja ini cukup beragam.

Sebagai seorang remaja, tentu hal ini menjadi sebuah permasalahan yang bisa dikatakan cukup besar. Oleh karenanya, banyak yang berupaya mencari informasi terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kerutan tersebut.

Lantas sebenarnya apa saja penyebab dari munculnya sebuah kerutan yang ada di bagian bawah mata ini? Untuk itu, simak uraian selengkapnya beserta dengan cara mengatasinya:

1. Sering Menatap Gadget

Remaja kerap kali menggunakan gadget mereka dalam waktu yang panjang dan tanpa jeda. Memusatkan perhatian pada layar terlalu lama dapat menyebabkan ketegangan dan kelelahan pada otot-otot mata.

Blue light yang dipancarkan oleh layar gadget juga secara perlahan dapat merusak jaringan kolagen pada kulit wajah. Hal ini menyebabkan munculnya kerutan di bawah mata serta kantung mata hitam pada remaja.

Sehingga untuk mengatasinya, bisa batasi penggunaan gadget. Hal ini tentu akan cukup membantu bagi para pengguna agar dapat mengurangi kerutan yang ada di bagian bawah mata.

2. Konsumsi Makanan yang Kurang Sehat

Remaja sering menghabiskan sebagian besar waktu mereka di luar rumah dan kerap membeli makanan ringan saat merasa lapar. Makanan ringan ini umumnya mengandung lemak trans yang dapat menyebabkan kantung mata pada remaja. Konsumsi makanan cepat saji yang rendah gizi juga dapat memperburuk kerutan di bawah mata.

Untuk mengurangi kerutan di bawah mata, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran yang kaya akan Vitamin C dan antioksidan lainnya. Antioksidan berperan penting dalam memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, yang dapat menyebabkan penuaan dini.

3. Stres

Stres tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga bisa dialami oleh anak-anak dan remaja. Stres dapat memicu masalah kesehatan, yang salah satunya terlihat pada kondisi kulit wajah, seperti kerutan di bawah mata.

Selain itu, menangis berlebihan saat stres juga dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata pada remaja. Untuk mengatasinya, bisa melakukan refleksi diri untuk menjaga agar pikiran lebih rileks.

4. Merokok

Baik karena ingin mencoba hal baru atau mengikuti kebiasaan teman, remaja bisa mulai merokok. Selain paparan sinar UV dari matahari, nikotin dalam rokok adalah musuh besar bagi kulit karena dapat merusak berbagai jaringan kulit dan mempercepat proses penuaan.

Terkena asap rokok juga bisa menyebabkan munculnya kerutan di bawah mata pada remaja karena dapat membuat kulit lebih kering dan rentan terhadap keriput. Menghentikan kebiasaan merokok ternyata dapat mencegah munculnya kerutan atau kantung di bawah mata.

5. Produk Makeup dan Skincare yang Tidak Cocok

Untuk mengikuti tren, remaja sering kali mencoba berbagai produk skincare dan makeup yang berbeda, meskipun produk tersebut mungkin tidak cocok dengan jenis dan kondisi kulit mereka. Akibat dari hal ini, kulit bisa menjadi kering, mengalami iritasi, hingga timbul masalah kulit seperti jerawat dan kerutan di bawah mata.

Oleh karenanya, biasakan merawat kulit wajah setiap pagi dan malam dengan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit Anda. Bagi remaja, sangat penting untuk lebih berhati-hati dalam memilih produk yang aman dan cocok digunakan oleh remaja guna menghindari iritasi dan masalah kulit lainnya.

Itulah uraian terkait dengan penyebab dari kerutan di bawah mata pada remaja. Selain itu, dalam penjelasan ini juga telah diberikan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut berdasarkan penyebabnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button