Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Daun kelor merupakan sejenis tumbuhan dari suku Moringacae. Bentuk daunnya kecil-kecil dengan ranting yang banyak. Daun kelor merupakan tumbuhan tropis yang mudah sekali tumbuh bahkan di tanah yang tidak terlalu subur. Sudah banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dari daun kelor ini. Entah itu secara langsung dari daunnya maupun diolah sebagai produk lain. Terlebih di masa banyak virus seperti sekarang, masyarakat berlomba-lomba mengkonsumsi makanan penuh khasiat salah satunya adalah daun kelor ini.

Secara ilmiah, daun kelor mengandung vitamin B, serat, fosfor, selenium, zinc, dan tembaga. Daun kelor juga mengandung banyak antioksidan, seperti polifenol.
Dari sekian banyak manfaat yang dimiliki oleh daun kelor, berikut beberapa manfaat daun kelor yang berhasil kami rangkum :

Mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium dan antioksidan yang terdapat dalam daun kelor memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan juga menjaga tekanan darah sehingga bisa mencegah penyakit hipertensi.

Obat Peradangan Akibat Luka

Jika mengalami cedera ataupun infeksi pads tubuh, otomatis tubuh akan memberikan respons alami berupa peradangan. Jika anda mengkonsumsi daun kelor, maka bisa mengurangi peradangan tersebut. Cara mengkonsumsinya bisa dibuat ramuan minum atau dikonsumsi sebagai sayur lauk pauk.

Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Salah satu penelitian membuktikan bahwa daun kelor dapat meningkatkan efektivitas kinerja hormon insulin dan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Konsumsi secara rutin untuk menambah asupan gizi pada tubuh anda.

Menutrisi dan Memelihara Fungsi Otak

Manfaat lain yang tak kalah luar biasanya dari daun kelor adalah mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat untuk memberikan asupan pada otak . Tentu saja jika otak mendapatkan asupan gizi yang maksimal maka akan terhindar dari beberapa penyakit seperti alzheimer. Mengkonsumsi daun kelor secara rutin bagi anak-anak juga bermanfaat untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya .

Menghambat Pertumbuhan dan Penyebaran Sel Kanker

Manfaat yang tak kalah luar biasa dari daun kelor adalah berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker payudara, usus, dan kanker lainnya. Kandungan antioksidannya disinyalir mampu melawan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Kandungan antioksidan terdapat pada daun dan kulit batangnya.

Asi Booster

Bagi ibu menyusui, ASI yang deras merupakan sebuah anugerah yang besar. Jika anda ingin ASI yang deras maka konsumsi lah pucuk daun kelor sebagai ASI booster anda. Buatlah sayur bening menggunakan pucuk daun kelor untuk dikonsumsi sehari-hari.

Selain manfaat di atas tentu masih banyak lagi manfaat lain dari daun kelor. Bahkan berdasarkan hasil penelitian laboratorium, daun kelor diketahui dapat membunuh beberapa jenis kuman seperti Salmonella typhi, escherichia coli, dan staphylococcus aureus yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.
Selain itu, daun kelor juga memiliki rasa yang enak. Tidak jauh berbeda dengan daun bayam atau daun katuk, daun kelor memiliki rasa yang enak terlebih jika diolah menjadi sayur bening.

Pohon kelor juga tidaklah rewel, bisa tumbuh di lahan yang bahkan kering. Pohonnya kuat dan sangat cepat bertumbuhnya. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat dan menambah pengetahuan baru tentang manfaat dan khasiat dari daun kelor.

Pada dasarnya, jika kita mengkonsumsi makanan yang sehat maka tubuh akan kuat serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Maka dari itu, konsumsilah makanan bergizi seperti daun kelor ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *