Berita Utama

7 Cara Menyembuhkan Pilek Secara Cepat dengan Bahan Alami

Selain memilih pengobatan medis, menyembuhkan pilek dengan cepat secara alami juga bisa dijadikan suatu pilihan saat dirumah. Berikut akan dibahas mengenai beberapa jenis pengobatan rumahan dan juga obat-obatan alami yang dinilai cepat mengusir pilek, diantaranya:

1. Menghirup Uap Hangat

Menghirup uap hangat dapat membuat lendir menjadi lebih encer yang pastinya memudahkan hidung dalam bernafas. Lendir atau ingus yang encer akan lebih mudah dikeluarkan sehingga pilek yang kemungkinan menyumbat bisa teratasi dengan cepat.

Cara ini bisa dilakukan dengan menaruh air panas dalam wadah lalu posisikan kepala menunduk tepat diatas permukaan air. Menghindari kejadian yang tidak diinginkan, pastikan jarak antara wajah dan air panas jangan terlalu dekat

2. Mengkonsumsi Jahe dengan Air Hangat

Bahan alami satu ini sudah tidak heran lagi digunakan untuk menyembuhkan pilek yang sangat mengganggu. Aroma  dan rasanya yang pedas mampu melemaskan otot saluran pernapasan yang sudah bengkak akibat pilek yang terus menerus.

Ada banyak cara pengolahan dalam menjadikan jahe sebagai obat alami untuk menyembuhkan pilek, salah satunya yang paling gampang yaitu direbus. Saringan air dari rebusan jahe nantinya bisa langsung diminum dalam kondisi masih hangat.

3. Banyak Minum Air Putih

Membuat tubuh terus terhidrasi akan membantu memudahkan dalam melegakan hidung yang tersumbat dan melembabkan tenggorokan. Cairan yang terus dikeluarkan oleh tubuh akan mendorong lendir –lendir yang ada dalam hidung mudah keluar.

Dalam praktiknya air putih yang diminum bisa ditambahkan 2 sampai 3 gelas per hari dari konsumsi normal. Tidak hanya bagi orang dewasa, hal itu juga dapat digunakan kepada bayi dengan takaran konsumsi yang berbeda.

4. Semprotkan Air Garam dan Baking Soda

Menyembuhkan pilek dengan cepat secara alami berikutnya bisa menggunakan air minum yang dicampur dengan garam dan baking soda. Campuran tersebut dapat melancarkan hidung yang tersumbat sehingga lendir yang mulai cair dapat keluar dengan mudah.

Masukan garam dan juga baking soda dengan takaran masing-masing satu sendok teh ke dalam air yang sudah dimasak. Tunggu beberapa menit sampai suhu air setara dengan suhu ruangan, kemudian semprot ke hidung menggunakan botol semprot.

5. Konsumsi Teh Panas dan Lemon

Campuran antara teh panas dan jeruk lemon mempunyai kandungan vitamin C yang berkhasiat memperkuat imun tubuh. Kandungan yang terdapat pada lemon mampu mengeluarkan dahak dan membantu tubuh terasa lebih segar.

Pembuatan dalam mengatasi  pilek dengan cara mengonsumsi teh panas dan lemon ini tergolong sangat mudah. Yakni, memasukkan perasan air lemon yang segar ke dalam teh yang masih panas dan bisa ditambahkan sedikit madu agar terasa sedikit manis

6. Menambah Bawang Putih Pada Masakan/Sup

Kandungan antivirus dan antibakteri yang terkandung pada bawang putih bermanfaat sebagai cara untuk menyembuhkan pilek. Pasalnya, ketika dalam keadaan pilek imun dalam tubuh sudah jelas menurun, sehingga perlu kembali untuk ditingkatkan.

Bagi mereka yang tidak memiliki alergi cara alami satu ini dapat dicoba untuk menyembuhkan pilek dengan cepat. Cara mengkonsumsinya yaitu Memasukan bawang putih dalam masakan atau juga bisa dimakan secara langsung .

7. Berolahraga

Imun dalam tubuh yang menurut akan  membuat berbagai penyakit dengan mudah masuk yang biasanya  gejala awal ditandai dengan keluarnya cairan pada hidung. Maka semakin lama kita berolahraga, cairan itu akan cepat keluar dan berhenti.

Itulah beberapa tips menyembuhkan pilek dengan cepat secara alami, yang tentunya dengan mudah dapat dilakukan di rumah. Jika beberapa cara diatas sudah dilakukan dan masih tidak ada perubahan maka segeralah periksakan ke dokter terdekat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button